WhatsApp-Button
SIAKAD Solusi Terbaik Kampus

SIAKAD Solusi Terbaik Kampus

  2019-07-30 16:45:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 53 kali

Sistem Informasi Akademik Kampus atau yang sering disingkat SIAKAD memiliki fungsi utama dalam mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan kepentingan civitas akademik ataupun kepentingan pihak ketiga seperti pemerintah dan publik.

Kita bisa membayangkan berapa banyak data dan kebutuhan informasi yang dimiliki kampus baik itu untuk kebutuhan internal maupun eksternal akademik kampus. Data-data kampus tersebut seperti data dosen, data mahasiswa, data mata kuliah, data kurikulum, data skripsi, jadwal kuliah dan data manajemen kampus lainnya yang ada kaitannya dengan akademik.

Bisa kita bayangkan begitu rumitnya mengelola semua data ini sehingga SIAKAD ini bisa menjadi solusi yang membantu civitas kampus dalam mengelola data akademik. Sistem informasi akademik yang dibuat tentu saja harus mengikuti perkembangan peraturan dan kebijakan pemerintah dalam pendidikan tinggi karena SIAKAD ini merupakan sistem pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu fungsi SIAKAD yang disesuaikan dengan peraturan Dikti yaitu harus Sistem Informasi Akademik yang bisa tersinkron dengan Forlap PDDikti karena per semesternya kampus diminta melaporkan data ke Dikti secara berkala. Sehingga, jika kampus tidak memiliki SIAKAD tentu saja akan kesulitan dalam proses pelaporan tersebut.

Bisa kita bayangkan apa yang terjadi jika kampus tidak memiliki SIAKAD dan hanya menggunakan cara manual dalam mengelola data akademiknya .

  1. Boros sumber daya manusia
  2. Sulit dalam melakukan kontrol dosen dan mahasiswa
  3. Kesulitan dalam penjadwalan
  4. Kesulitan dalam mengelola data dosen, mahasiswa dan karyawan

Dengan adanya SIAKAD yang terintegrasi maka perguruan tinggi bisa dengan mudah melakukan pelaporan bahkan hanya dengan satu klik data tersinkron otomatis. Keunggulan SIAKAD ini tidak hanya itu saja, banyak keunggulan lainnya yaitu :

  1. Mudah dan Sangat Praktis

Sistem informasi Akademik kampus dari Smart Campus merupakan sistem yang digunakan dalam mengelola kampus dan sudah terbukti handal serta bisa diimplementasikan di perguruan tinggi dengan instan. SIAKAD dari Smart Campus ini sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi sehingga bisa dikatakan adalah pilihan yang tepat untuk setiap perguruan tinggi.

  1. Menghemat Biaya Operasional

Menggunakan SIAKAD atau Smart Campus tentu saja banyak sekali biaya operasional yang dapat dihemat oleh kampus. Terutama dalam penggunaan kertas dan tenaga operasional yang banyak. Karena, dalam proses pencatatan dan pelaporan tidak cukup hanya dengan satu atau dua orang saja. Jika membangun sebuah Sistem tentu saja membutuhkan server dan tenaga ahli di bidangnya, namun dengan Smart Campus maka hal itu tidak dibutuhkan lagi.

  1. Terintegrasi Feeder Dikti

SIAKAD atau Smart Campus ini sudah terintegrasi langsung dengan Feeder Dikti sehingga ketika proses pelaporan ke Feeder PDDikti kampus tidak akan kewalahan, sehingga kampus bisa lebih maksimal memberikan pelayanan pada civitas kampus lainnya.

  1. Online 24 Jam

Menggunakan SIAKAD dari Smart Campus tentu saja bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Karena sistem informasi akademik yang tersedia bersifat online, jadi proses penginputan nilai oleh dosen atau penginputan KRS oleh mahasiswa dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai rentang waktu yang ditentukan pihak kampus.

  1. Pembayaran Integrasi dengan Bank

Smart Campus sudah terintegrasi dengan Bank, sehingga akses ke sistem bisa di block sesuai pembayaran uang kuliah yang dilakukan mahasiswa. Apabila mahasiswa belum melakukan pembayaran, maka dia tidak bisa melakukan pengecekan nilai, pengisian krs dan hal lainnya yang berkaitan dengan akademik.

  1. Keamanan Data

Dengan SIAKAD atau Smart Campus tentu saja data akan aman dan bebas dari serangan yang tidak bertanggung jawab. Data yang ada dalam sistem akan di backup secara berkala.

Itulah keunggulan dari SIAKAD atau Smart Campus sehingga bisa menjadi solusi terbaik untuk setiap Perguruan Tinggi dalam mengelola data akademik kampusnya.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia