WhatsApp-Button
Skill yang Harus dimiliki Admin HR

Skill yang Harus dimiliki Admin HR

  2019-07-26 16:43:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 107 kali

Setiap perusahaan tentu saja memiliki admin yang memang berkutat pada Human Resource Perusahaan yaitu HRD. Tugas HRD ini pada dasarnya mengurusi dan mengelola Sumber Daya Manusia yang ada pada perusahaan. Dalam HRD ini memiliki beberapa bidang kerja atau bagian yang salah satunya yaitu admin HRD.

Secara teknis tanggung jawab dan tugas admin HRD dan HRD ini tidaklah jauh berbeda, namun sebenarnya tugas seorang admin HR lebih dominan dalam mendukung pekerjaan utama jika dibandingkan seorang HR. Admin HR ini memiliki tugas yang lebih fokus pada urusan administrasi karyawan dan perusahaan, seperti mencatat absen karyawan, pencatatan cuti, pinjaman karyawan dan hal lainnya.

Agar bisa menjalankan semua pekerjaan tersebut tentu saja seorang admin HRD harus memiliki skill atau keahlian. Skill yang dimiliki tentunya akan menunjang pekerjaan seorang admin HR agar bisa beraktivitas dengan baik pada sebuah perusahaan.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh admin HR perusahaan :

  1. Teliti, detail, dan fokus

Seorang admin HR haruslah orang yang teliti, detail dan fokus dalam bekerja. Tidak boleh ada kesalahan saat melakukan pekerjaan seperti input data karyawan, surat izin, menyiapkan surat dinas dan lainnya.

Meskipun seorang admin HR harus memiliki sifat ini bukan berarti pekerjaan seorang admin HR mengerikan, sebagai seorang admin HR yang baik tentu saja harus mengevaluasi pekerjaannya sendiri setiap harinya agar tidak melewatkan pekerjaan apapun.

  1. Multitasking

Tidak cukup hanya teliti, detail dan fokus saja, seoarang admin HR juga harus mampu multitasking. Beragam pekerjaan dan urusan berbeda-beda yang ada hubungannya dengan karyawan yang harus dikerjakan oleh admin HR. Sebagai pengingat pekerjaan tersebut disarankan sekali untuk mencatat setiap pekerjaan yang dikerjakan dan me-list setiap pekerjaan yang sudah selesai dan belum dikerjakan. Tujuannya, agar admin ini nantinya tidak panik ketika ada pekerjaan yang hampir deadline.

  1. Bernegosiasi

Tugas lainnya dari admin HR yaitu melakukan koordinasi dan bersosialisasi, sehingga seorang admin HR haruslah pintar dalam bernegosiasi. Seorang admin HR akan berhubungan dengan banyak pihak dan mendiskusikan banyak hal pula untuk kepentingan pihak-pihak terkait.

  1. Pintar Organisasi

Admin HR juga harus memiliki skill dalam berorganisasi, karena organisasi perusahaan tersebut berhubungan dengan bagaimana mengelola karyawan, bagaimana mengatasi karyawan dan bagaimana menyusun strategi kerja dan budaya pada perusahaan. Sehingga, admin HR haruslah kreatif dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan disiplin.

  1. Kerjasama Tim

Untuk kemampuan dasar yang haris dimiliki seorang admin HR adalah mampu bekerja sama dengan tim. Seoarang admin HR akan berhubungan dengan macam-macam divisi terkait pekerjaan mengenai absensi karyawan, kontrak kerja serta surat menyurat. Selain itu, admin HR haruslah mampu bekerja saja dengan karyawan perusahaan agar setiap pekerjaan pada perusahaan akan bekerja dengan tepat sesuai deadline yang ditentukan.

  1. Bertanggung Jawab

Sebenarnya sifat bertanggung jawab ini tidak hanya untuk admin HR saja namun juga harus dimiliki oleh semua karyawan perusahaan, karena kemampuan yang bertanggung jawab ini akan menunjukan seberapa profesionalnya orang tersebut. Jika admin HR bisa bertanggung jawab dengan semua tugasnya tentu saja akan membantu perusahaan mengatasi karyawan dalam segi administrasi.

  1. Profesional

Kriteria ini adalah yang paling penting dimiliki oleh seorang admin HR. Admin HR harus mampu menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan sesuai porsinya. Apapun permasalahan yang ada di lingkungan kantor tidak akan berpengaruh terhadap pekerjaannya. Sehingga penting admin HR memiliki sikap profesional untuk siapapun yang ada pada di dalam perusahaan.

Admin HR bisa dikatakan pion penting dalam perusahaan, sehingga keterampilan atau skill di atas sangat harus dimiliki oleh seorang admin HR. Seorang admin HR tidak hanya mengurus administrasi namun juga membantu semua pekerjaan HRD.

Saat ini, hadir teknologi yang mampu membantu admin HR dan HRD dalam melakukan pekerjaan mereka yaitu Aplikasi HRD Perusahaan dari Garuda Cyber Indonesia. Aplikasi ini memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin harus semakin berkembang, sehingga setiap pekerjaan seorang admin HR dan HRD bisa bekerja lebih cepat dan efesien.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia