WhatsApp-Button
Ini Dia Cloud Computing Pertama yang berbasis BlockChain

Ini Dia Cloud Computing Pertama yang berbasis BlockChain

  2018-02-01 15:42:39     aknovia     Dibaca 477 kali

Cloud Computing AELF, merupakan cloud computing pertama yang menawarkan sistem cloud computing berbasis blockchain, yang membuat impian tentang cloud computing berbasis blockchain yang selama ini diimpikan  akhirnya terwujud dan diperkirakan akan menjadi salah satu penyedia cloud computing berbasis blockchain pertama yang akan meraih kesuksesan. Perkembangan teknologi informasi memang menjadi semakin pesat sejak blockchain diberdayakan untuk membangun berbagai aplikasi-aplikasi.

Nah mari kita bahas dulu tentang apa itu blockchain dan cloud computing itu sendiri, karena mungkin masih ada beberapa diantara kita yang masih belum tau arti dari blockchain ataupun cloudcomputing.

Cloud computing yang dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan komputasi awan, secara umum dapat diartikan sebagai gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan yang mana pengembangannya berbasis internet dan berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui beberapa komputer yang saling terkoneksi ke jaringan dalam waktu yang bersamaan, tetapi tidak semua yang terhubung ke internet itu menggunakan cloud computing loh. Teknologi komputer yang berbasis cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat dari server yang mana server ini digunakan untuk mengolah data dan aplikasi pengguna, Teknologi ini memudahkan pengguna untuk menjalankan program dan mengakses dan berbagi data umum maupun pribadi melalui komputer dengan akses internet.

BlockChain kalau di artikan perkata berasal dari dua kata yang mempunyai makna tersendiri, yang pertama yaitu Chain yang berarti rantai dan maknanya adalah pencatatan berantai yang unik dan merupakan alur dari seluruh tahapan yang konsisten dari sebuah item/transaksi. Yang kedua yaitu Block yang berarti kotak khusus yang mempunya makna sebuah tempat/batasan/area khusus untuk menampung seluruh perubahan item/transaksi yang terjadi selama chain process tadi, dan dihubungkan serta diamankan dengan menggunakan kriptografi, Sehingga blockchain ini resisten terhadap modifikasi data.

Teknologi Blockchain mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan mata uang digital, misalnya bitcoin. Perkembangan teknologi blockchain di Indonesia sendiri mulai berkembang pesat sejak tahun 2015. Blockchain ini telah diperkirakan akan menggantikan teknologi usang yang saat ini kita gunakan.

Cloud computing AELF merupakan sistem operasi online yang bisa diakses dari seluruh dunia oleh setiap orang yang ingin mengaksesnya. Masih mempunyai kesamaan dengan sistem operasi yang biasanya kita di instal di dektop ataupun gadget. Sistem ini nantinya tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar di gadget, karena semua akan tersimpan online di blockchain.

Project AELF ini dianggap unik karena selain menyediakan sistem operasi, ia juga mengeluarkan token/koin, yang nantinya akan digunakan untuk membayar biaya sumber daya OS yang digunakan dalam jaringan. Termasuk penyebaran kontrak cerdas, pengoperasian dan peningkatan sistem. Project ini juga memungkinkan publik yang menyimpan token untuk memberikan suara pada keputusan utama. Misalnya dalam memilih node pertambangan, memperkenalkan fitur baru ke sistem, dan keputusan lainnya. Selain itu AELF juga menawarkan solusi yang cermat, dimana cloud computing saat ini menjadi target besar di pasar internet. Desentralisasi cloud computing network yang diusulkan dalam proyek AELF ini katanya telah mengundang banyak investor kelas atas.

 

Penulis : Nilna Bilrahamah
#garudacyber11januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia