Era ’Internet of Things’ Sebagai Motivasi Programmer

Salah satu yang menyebabkan kita akrab dengan teknologi adalah karena perkembangannya. Perkembangan yang terus terjadi bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau pun menyempurnakan yang sudah ada. dapat dilihat bahwasanya perkembangan yang terjadi saat ini menyebabkan banyak hal dapat dilakukan secara online. Seperti yang sudah sangat populer digunakan adalah berkomunikasi, mencari informasi dan bahkan berbelanja sudah bisa dilakukan secara online.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini tidak hanya membuat kita dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda tempat. Namun kita juga dapat berkomunikasi dengan alat-alat elektronik seperti televisi, kulkas bahkan pintu, lampu yang sudah dilengkapi melalui aplikasi pada smartphone. Teknologi tersebut dinamakan Internet of Things (IoT).

Pada dasarnya semua perangkat yang memiliki tombol ON/OFF adalah target dari teknologi ini. Namun sekarang dengan menanamkan mikrokontroller yang telah diprogram kedalam perangkat dan memanfaatkan internet dapat dijadikan target dari IoT. Hal ini lah yang menyebabkan dalam beberapa tahun kedepan semua peralatan akan terhubung dengan internet.

sebagai contoh, implementasi IoT untuk mengontrol pintu dari jarak jauh. Dengan menambahkan alat-alat yang mendukung IoT seperti penambahan chip yang sudah di program dan terhubung dengan internet dan dengan perangkat seperti smartphone. Maka kita dapat mengontrol pintu dari jarak jauh. Hal ini jelas akan membantu disaat kita lupa mengunci pintu ketika sedang berpergian.

Bayangkan ketika semua peralatan dapat dijadikan target IoT, maka juga banyak pekerjaan yang akan digantikan dengan adanya IoT. Seperti pengiriman robot astronot ke luar angkasa sebagai perantara peneliti. Maka dengan hal tersebut robot astronot dapat menggantikan astronot manusia untuk langsung meneliti luar angkasa.

Lantas dengan adanya IoT, maka pekerjaan yang dapat digantikan oleh robot. Namun jika semua pekerjaan dapat digantikan dengan robot. Lalu pekerjaan apa yang menjadi target orang-orang selanjutnya?

Pekerjaan yang akan berkembang pesat adalah menjadi seorang programmer yang menciptakan robot tersebut. Untuk menghadapi era IoT, maka ilmu yang paling dibutuhkan adalah ilmu pemrogramman. Karena dengan teknologi yang berkembang maka dibutuhkan juga ahli IT yang berkualitas. Karena programming akan menjadi kemampuan yang dibutuhkan untuk perkembangan teknologi di masa depan.

 

Penulis : Harbi Shani

#Garudacyber09

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...