WhatsApp-Button
Penyebab Bisnis Online Kamu Tidak Laku

Penyebab Bisnis Online Kamu Tidak Laku

  2019-07-19 17:07:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 131 kali

Berbicara mengenai bisnis online tentu saja sebagian besar pelaku bisnis online merasakan dan bahkan mengalami fase dimana bisnis onlinennya tak kunjung laku. Ketika sebagai pelaku bisnis ingin memulai sebuah bisnis online atau berjualan secara online serta ingin bergelut dan menjadi pengusaha di bidang online tentu saja bukanlah hal yang instan. Ada banyak hal yang harus kita pelajari dan termasuk di dalamnya bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut.

Nah, disini kita contohkan bahwa kita adalah seorang pengusaha yang hendak menjual sebuah produk dimana produk tersebut sudah ada suppliernya dan masih baru di pasaran, berhubung kita tangan pertama tentu saja kita akan melakukan proses “Product Development” yaitu sebuah proses pengembangan suatu produk baru dan dikenalkan ke pasar hingga ada customer yang percaya bahwa produk tersebut masih baru dan mereka akhirnya bisa menjadi pelanggan.

Dibutuhkan sebuah branding yang tepat sasaran, butuh marketing serta butuh penjelasan dan fungsi dari produk ini karena produk ini merupakan produk yang baru di mata masyarakat. Semua segmentasi dan tujuan dari pembuatan produk haruslah jelas jika tidak tentu saja akan mengalami kendala dalam memasarkannya. Sehingga memang menjadi tugas kitalah yang memasarkan produk yang kita pilih agar brand itu dikenal oleh masyarakat.

Untuk terwujudnya itu semua tidak lepas dari siapa yang menjadi target market dari produk yang kita jual, tentu saja jika tidak ada tujuan ataupun target khusus akan tidak mudah bisa diterima oleh konsumen.

Yang menjadi faktor keberhasilan dalam penjualan sebuah produk diantaranya kita paham kebutuhan konsumen, harga yang kita tawarkan kompetitif dan sesuai target pasar, promosi yang pas mengenai target serta layanan yang prima terhadap konsumen.

Setelah kita tahu apa yang harus dilakukan terhadap produk ini, barulah kita menjual kepada konsumen. Tentu saja saat melakukan penjualan kepada konsumen kita harus tau bagaimana caranya agar bisa diterima. Kita harus berusaha semaksimal mungkin menonjolkan produk kita ini.

Nah, untuk para pelaku bisnis yang merasa produknya tidak laku harus menelaah, apa penyebab produk yang kita jual tidak laku di pasar online? Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan produk-produk kita tak kunjung laku :

  1. Produk yang kita jual tidak dibutuhkan oleh pasar

Ketika kita memutuskan berjualan online, namun produk yang kita jual tidak laku cobalah untuk melakukan analisa lagi ke belakang. Apakah saat kita memilih produk tersebut tidak melakukan riset pasar dan untuk siapa target pasar kita? Bisa jadi salah satu inilah penyebab produk yang kita jual tidak laku, sehingga solusinya adalah lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum menjual suatu produk

  1. Lemahnya pemasaran kita

Apabila produk yang kita jual setelah analisa ternyata dibutuhkan market atau pasar, namun bisa saja permasalahan lainnya lemahnya strategi pemasaran yang kita gunakan. Artinya kemampuan kamu sebagai penjual masih dianggap belum bagus dan tidak sampai kepada calon konsumen dengan baik. Sehingga apapun produk yang kamu jual, jika promosi kamu belum tentu saja tak kunjung laku.

Solusinya, cobalah mencari strategi pemasaran yang tepat untuk produk kamu. Berusahalah komunikasi dengan meyakinkan konsumen dengan baik. Karena komunikasi adalah kunci yang sangat penting dalam sebuah bisnis apapun.

  1. Penyediaan stock tidak stabil

Apabila point 1 dan 2 kamu rasa sudah terpenuhi dengan baik, seharusnya tidak ada kendala dalam bisnis online kamu dan seharusnya bisnis online kamu terjual dan bisa menghasilkan. Meskipun demikian tentu saja hal tersebut tetap bukanlah yang mudah. Bisa saja penyebab lainnya kenapa jualan bisnis online kamu tak kunjung karena stock dari penyedia barang tidak stabil.

Kita contohkan secara sederhana, ketika konsumen menginginkan sebuah produk yang dirasa menarik hati mereka namun ketika hendak membeli ternyata stock yang ada sudah habis dan menanyakan lagi produk kedua namun hasilnya juga sama. Nah, tentu saja ini menjadi masalah untuk kita. Bisa saja konsumen enggan menanyakan kembali untuk produk yang lainnya.

  1. Layanan yang prima

Dalam bisnis apapun jenis itu pelayanan adalah yang paling penting dan merupakan poin penentu. Dengan pelayanan yang baik, melayani dengan ramah bahkan memberikan solusi untuk konsumen tentu saja menjadi penilaian tersendiri dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Maksudnya disini, ketika ada calon konsumen yang hendak menanyakan perihal suatu produk yang kita jual kita berusaha menjawabnya semaksimal mungkin, kita berusaha meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. Jika kita sudah melayani dengan baik dan ramah, dan memberikan solusi untuk masalah mereka tentu saja kita akan mendapatkan pembeli produk kita.

Lebih bagusnya lagi, jika konsumen merasa puas dengan produk yang kita jual dan ketika barang sudah mereka terima mereka akan memberikan testimoni yang nantinya akan menguntungkan untuk kita.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa sudah lelah berbisnis online, sudah lama melakukan promosi di berbagai media sosial namun produk yang kita jual tak kunjung laku. Semoga artikel ini bermanfaat bisa membantu anda sebagai pelaku bisnis online untuk menghasilkan penjualan yang maksimal.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia