WhatsApp-Button
Facebook Kenalkan Banyak Cara untuk Membantu Pencipta Memonetisasi Konten

Facebook Kenalkan Banyak Cara untuk Membantu Pencipta Memonetisasi Konten

  2019-07-10 17:01:02     Ulti Desi Arni     Dibaca 21 kali

Hadirnya ragam media sosial saat ini ternyata juga memiliki dampak yang baik untuk mereka yang suka membuat konten tertentu, salah satunya mereka bisa mendapatkan penghasilan melalui konten yang mereka buat tersebut atau monetisasi konten.

Biasanya orang hanya mengenal monetisasi melalui melalui youtube, namun para pembuat konten juga bisa berpenghasilan dengan media online lainnya salah satunya yaitu Facebook. Para pencipta yang memonetisasi konten inipun mungkin sudah tidak asing lagi saat ini, setiap harinya akan muncul para pembuat konten yang mencoba mencari keberuntungan melalui konten yang mereka buat.

Bahkan ada para pembuat konten hanya mengantung hidupnya dengan membuat konten tanpa mencari pekerjaan lain. Mungkin bermula dari hobby yang akhirnya memiliki peluang berpenghasilan.

Facebook kini memberikan kabar baik untuk para pembuat konten tersebut dimana Facebook meluncurkan alat baru yang memungkinkan para pencipta memonetisasi konten mereka tersebut dengan berbagai cara. Tidak hanya peluang pendapatan iklan baru saja, Facebook memberikan lebih banyak peluang atau cara kepada pembuat konten agar bisa mendapatkan uang langsung dari pengguna lain.

Tentu saja ini merupakan berita yang membahagiakan untuk konten maker atau para monetisasi konten. Dilansir dari SEJ, berikut beberapa cara yang diumumkan oleh Facebook untuk para pencipta memonetisasi konten.

Peluang Penghasilan Iklan Baru

Untuk penempatan iklan, Facebook memberikan lebih banyak pilihan kepada pencipta atau pembuat konten. Sekarang pembuat konten bisa memilih apakah hanya ingin menampilkan iklan pra putar atau gambar dalam video dibandingkan dengan iklan paruh putar yang mengganggu konten.

Sebelumnya pada Facebook tidak menyediakan pilihan ini sehingga pembuat konten tidak bisa memilih di bagian mana iklan dimasukkan ke dalam video. Facebook akan secara otomatis memilih jeda iklan yang paling ideal berdasarkan penampil dan jenis konten.

Dengan cara yang baru ini tentu saja bisa membantu para pembuat konten dalam mendapatkan penghasilannya.

Penghasilan Pendapatan dari Pengguna

Facebook memperluas langganan penggemar dengan kemampuan dimana si pembuat konten dapat menawarkan grup khusus pelanggan. Sehingga hal ini tentu saja akan memungkinkan para pendukung bisa berinteraksi satu sama lain, antara pencipta di ruang pribadi.

Selain itu pembuat konten streaming video game sekarang dapat memperoleh penghasilan dari inisiatif baru bernama Facebook Stars, yang persis seperti 'bit' di Twitch.

Cara kerjanya, para pengguna bisa membeli bintang virtual dan mengirimkannya ke pencipta selama siaran langsung. Streamer kemudian akan mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah bintang yang mereka terima.

Apa yang didapat pengguna dari itu? Selain kepuasan mendukung pencipta independen, mereka juga mendapatkan dorongan kecil pengaruh ketika nama mereka ditampilkan dengan jelas selama aliran.

Untuk saat ini Facebook Stars sedang diuji dengan sejumlah kecil pembuat konten

Fitur Baru di Creator Studio

Terakhir Facebook meluncurkan beberapa pembaruan untuk Creator Studio. Berikut beberapa pembaruan tersebut :

  • Ikhtisar Monetisasi:Lihat dan kelola semua produk monetisasi di satu tempat.
  • Integrasi Instagram dan IGTV:Wawasan, manajemen konten, dan alat penerbitan untuk pos feed Instagram dan IGTV dibawa ke Creator Studio.
  • Wawasan Pemirsa dan Retensi: Wawasanbaru untuk membantu pembuat video lebih memahami demografi, perilaku menonton, minat pemirsa, serta berapa lama orang menonton video mereka.

Nah, itulah beberapa cara terbaru dari Facebook dan dengan ragam kemudahan yang diberikan Facebook untuk para pembuat konten agar bisa memiliki penghasilan atau memonetitasi konten.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia