WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Terintegrasi dalam Smart Kampus

Jual Sistem Perpustakaan Terintegrasi dalam Smart Kampus

  2019-07-08 17:06:50     Ulti Desi Arni     Dibaca 26 kali

Perpustakaan merupakan salah satu bagian dari tempat pendidikan yang memiliki peranan yang sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar ataupun masyarakat umum yang datang berkunjung. Pada perpustakaan tersimpan segudang ilmu yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Namun, tidak selamanya perpustakaan harus berupa tempat atau ruangan dalam bentuk rak-rak.  Beragam buku-buku, sumber informasi ilmiah, serta literatur dari segala jenis media perpustakaan, bisa disebarluaskan menggunakan sistem tertentu. Sebagai seorang pelajar sudah selayaknya bisa memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi kini terus saja berkembang dengan sangat cepat, sehingga dibutuhkan jugalah sumber daya manusia yang mampu menguasai tentang semua hal, tidak hanya pada bidang tertentu tetapi di segala bidang.

Dalam pengelolaan perpustakaan ini jika masih cara manual beragam masalah tentu saja seringkali timbul, misalnya dengan meningkatnya atau penambahan koleksi bahan atau buku pustaka maka diperlukan proses pendataan yang efektif serta efisien terutama dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan bahan pustaka/buku yang ada, katalog buku yang baik yang akan memudahkan dalam hal pencarian buku yang diperlukan.

Permasalahan lainnya jumlah petugas pelayanan perpustakaan yang terbatas dan juga tenaga-tenaga yang profesional dan berkualitas maupun pengembangan sistem pelayanan dan pengolahan data, serta pemanfaatan sumber daya komputer masih belum optimal, yaitu masih dimanfaatkan hanya untuk pembuatan identitas buku (label buku) sehingga pemanfaatan sumber daya komputer yang ada belum maksimal.

Dalam memaksimalkan penggunaan teknologi, perpustakaan bisa hadir dalam bentuk digital dan dipermudah dengan adanya sistem informasi perpustakaan online.

Perpustakaan digital ini bisa diartikan sebagai sebuah perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan memanfaatkan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Jadi sistem perpustakaan adalah sebuah perpustakaan yang sudah terintegrasi dengan internet dan dapat di akses kapan saja dan dimana saja.

Sistem informasi perpustakaan digunakan untuk mengakses buku, jurnal dan e-book secara online. Selain itu sistem informasi perpustakaan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online. Sistem ini mengelola seluruh data perpustakaan, seperti data buku, anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian buku. Sistem informasi perpustakaan juga dilengkapi dengan sistem pencarian. Sehingga pencarian terhadap buku tertentu dapat dengan mudah dilakukan.

Selain itu dengan adanya sistem perpustakaan bisa mengelola setiap perpustakaan yang ada di unit/ fakultas-fakultas yang ada pada kampus. Jika kampus tersebut memiliki banyak perpustakaan masing-masing fakultas, dan jika mahasiswa yang ada di fakultas berbeda bisa melakukan transaksi peminjaman mengenai suatu buku yang ada di fakultas lainnya. Selain itu, sistem yang ada pada perpustakaan online ini, anggota perpustakaan bisa melakukan booking secara online untuk buku tersebut. Tujuannya menghindari kehabisan stock saat anggota datang mengunjungi perpustakaan tersebut untuk meminjam buku.

Sistem perpustakaan ini juga bisa mengakumulasi perhitungan denda secara otomatis jika ada keterlambatan dalam pengembalian buku yang dipinjam.

Berikut beberapa kelebihan dari Sistem Informasi Perpustakaan :

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien

Aktivitas perpustakaan seperti pengelolaan data administrasi dan aset perpustakaan bisa berjalan lebih mudah, efektif dan efisien. Seperti pengelolaan data buku, peminjaman buku, dan pengembalian buku.

  1. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat)

Pada sistem perpustakaan ini dilengkapi dengan OPAC(Online Public Acces Catalog) sehingga proses pencarian buku, data anggota atau koleksi lainnya menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

  1. Mendukung Penggunaan Barcode

Sistem perpustakaan ini didukung dengan teknologi barcode scanner, sehingga hanya dengan meletakan kode buku ke arah scanner proses input data buku atau koleksi perpustakaan menjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Terintegrasi

Sistem perpustakaan ini terintegrasi dengan semua sistem informasi perpustakaan yang ada di lingkungan perguruan tinggi dan juga terintegrasi dengan sistem yang ada pada smart campus.

  1. Laporan Lengkap

Sistem mampu menyajikan pelaporan data yang lengkap dan sesuai kebutuhan. Sehingga kapanpun pimpinan membutuhkan laporan, bisa dengan cepat diproses.

Sistem perpustakaan online ini bisa didapatkan dari Garuda Cyber Indonesia. Dimana Garuda Cyber Indoenesia adalah perusahaan IT / IT Development sekaligus konsultan IT yang berpusat di Pekanbaru. Saat ini sudah banyak kampus yang bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia dalam mempercayai sistemnya menggunakan Smart Campus dari Garuda Cyber Indonesia.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia