WhatsApp-Button
Cara Artificial Intelligence Mengubah Wajah Digital Marketing

Cara Artificial Intelligence Mengubah Wajah Digital Marketing

  2019-07-05 16:58:34     Ulti Desi Arni     Dibaca 28 kali

Digital marketing atau pemasaran digital saat ini sudah menjadi tren masyarakat, dan digital marketing ini terus berjalan dan mengalami kemajuan seiring dengan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Hadirnya AI memberikan ragam manfaat dan kemudahan untuk digital marketing.

AI bisa merubah wajah dan konsep digital marketing menjadi lebih baik. Cara kerja AI ini menggunakan beberapa fakta kemungkinan bahwa melalui analisa berbagai data pengguna bisa dikumpulkan dan diimplementasikan oleh AI ini. Sehingga AI bisa mengubah pemasaran digital dalam bisnis dan usaha untuk memperoleh keuntungan.

Berikut cara AI atau Kecerdasan Buatan mengubah Digital Marketing menjadi bisnis yang lebih menguntungkan :

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Melalui AI bisa membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan cara mengumpulkan data dan preferensi pelanggan berdasarkan riwayat penelusuran sebelumnya. Selain itu menyajikan layanan dan produk sesuai dengan preferensi pengguna tersebut sehingga mempersonalisasikan pengalaman pengguna dengan kata lain lebih mengoptimalkan pada pengalaman pengguna.

Salah satu penggunaan teknologi ini yaitu pada platform seperti Youtube dan Netflix, dimana kamu mendapati umpan atau rekomendasi dari program atau video yang disarankan berbeda dari apa yang disarankan kepada anggota keluarga kamu yang lain. Saran atau rekomendasi itu didapatkan berdasarkan hal yang sering kamu tonton sebelumnya atau yang memiliki kaitan dengan yang sering kamu buka.

Selain itu situs belanja online mengadopsi augmented reality sudah jauh sebelumnya di mana kamu bisa  mencoba kacamata, pakaian atau sepatu sebelum melakukan pembelian. Sehingga dengan hal ini mampu meyakinkan pelanggan untuk membeli sebuah produk dan peluang produk tersebut dikembalikan akan terminimalisir.

Teknologi lainnya yaitu pencarian suara, dimana AI bisa membantu hidup kita lebih mudah serta bisa meningkatkan aksesibilitas situs web ke semua orang termasuk yang mengalami gangguan visual. Perangkat seperti Alexa dan rumah Google merespons semua pertanyaan dengan cara yang paling manusiawi yang menunjukkan jangkauan kecerdasan buatan.

Iklan Terfokus

Dengan bantuan dari AI atau kecerdasan buatan, Iklan digital mampu menghasilkan konversi yang lebih besar. Caranya dengan menganalisa minat, demografi dan minat pengguna sebelumnya. Sehingga saran iklan setiap yang muncul berbeda untuk setiap pengguna karena preferensi mereka yang berbeda pula. Iklan tersebut akan fokus pada kelompok orang yang tertarik yang akan membantu dalam konversi yang lebih baik.

Jika kamu pernah belanja online, lalu coba kamu perhatikan produk yang kamu cari di situs online tersebut tetapi tidak kamu beli, namun terus bermunculan di Feed kamu baik melalui iklan google setiap kamu melakukan penelusuran di situs manapun sehingga itu bisa memikat kamu yang akhirnya membuat kamu membeli produk tersebut. Nah, itulah kekuatan dari peran AI dalam periklanan digital yang terfokus mendapatkan target.

Dukungan Pelanggan Real-time melalui AI Chat-Box:

Permasalahan dalam dunia digital marketing biasanya terkait komunikasi dan pelayanan. Sebagian besar pelanggan merasa tidak nyaman jika berbicara langsung dengan seorang eksekutif di telepon. Selain itu setiap pelanggan tentu saja memiliki masalah dan berusaha menelepon nomor layanan pengaduan, hal tersebut terkadang harus mengalami antrian yang panjang sehingga menjadi masalah baru terkait pelayanan.

Namun, hadirnya kecerdasan buatan memberikan solusi kepada pelaku bisnis digital yaitu menghadirkan kotak obralan AI yang otomatis menjawab setiap keluhan pelanggan mengenai pertanyaan umum yang diajukan.

Solusi yang diberikan AI tersebut layaknya seperti balasan manusia dan secara realtime.

Perusahaan besar seperti Facebook dan Amazon sudah menggunakan kotak obrolan AI dakan membantu pelanggan mereka untuk menghubungi atau layanan pengaduan mereka. Ini tidak hanya membantu pelanggan yang menyelesaikan masalahnya dengan obrolan, tetapi juga orang-orang dengan masalah teknis panggilan yang sebenarnya karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk terhubung ke layanan pelanggan atau custumer care.

Berkat integrasi AI dengan bisnis kita tentu saja akan membantu bisnis kita tumbuh menjadi lebih besar. Selain itu AI akan terus berkembang setiap harinya, dan kita tidak pernah tau apa yang bisa dilakukan AI di masa depan.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia