WhatsApp-Button
Penyebab Smartphone Mudah Error

Penyebab Smartphone Mudah Error

  2019-07-03 13:51:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 22 kali

Siapa yang tidak tahu dengan smartphone di era serba digital saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tuapun menggunakan perangkat satu ini, seakan smartphone menjadi alat yang wajib dimiliki. Pasalnya dengan smartphone ini banyak kemudahan yang kita rasakan, bisa dikatakan smartphone mempermudah kehidupan.

Smartphone hadir dengan beragam speksifikasi dan fitur yang ditawarkannya. Pengguna smartphone ini tentu saja beragam, dan smartphone yang digunakanpun sesuai kebutuhan. Meskipun demikian, smartphone kerap juga mengalami masalah. Penggunanya yang beragam tentu saja keluhan yang ada juga beragam, tapi keluhan yang sering kita dengar yaitu smartphone yang mudah mengalami error.

Biasanya kita mengaitkan penyebab smartphone error dengan memory ataupun ram yang dimilikinya. Namun, ada beberapa hal yang sepele dan tanpa kita sadari padahal itu juga bisa menyebabkan smartphone error.

Berikut beberapa penyebab smartphone error yang sering terjadi dan tanpa kita sadari :

  1. Membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan

Seringkali kita lali dengan hal satu ini dimana kita membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa menutupnya. Ternyata dengan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan bisa membuat smartphone menjadi error. Hal itu terjadi karena smartphone harus bekerja lebih dari yang seharusnya. Ibarat manusia, otak kamu dipaksa untuk mengerjakan banyak hal dalam satu waktu sehingga kamu bisa menjadi stress begitu juga dengan smartphone.

Seharusnya kamu hanya membuka satu aplikasi dalam satu waktu agar membuat smartphone kamu tetap normal. Terlebih lagi jika memori atau ram smartphone yang kamu miliki minim atau kecil tentu saja kamu tidak bisa memaksanya untuk bekerja lebih keras sehingga dia menjadi error.

  1. Tidak menghapus cache

Hal sepele kedua yang sering kita lupakan yaitu menghapus cache atau sampah. Cache atau sampai ini bisa membuat memori eksternal kamu penuh jika tidak dihapus secara berkala. Smartphone kamu akan mudah error serta berat digunakan jika cache atau sampah ini menumpuk karena tidak pernah dibersihkan.

Cache ini muncul dari aplikasi internet atau aplikasi tertentu lainnya. Kamu bisa menjaga smartphone kamu terhindar dari error jika menghapus cache secara berkala dan tidak membiarkan sampah-sampah itu menumpuk dalam memori kamu. Selain itu ada space ruang yang mampu membuat smartphone bekerja lebih baik dan semestinya.

  1. Terlalu banyak foto

Apabila smartphone kamu memiliki terlalu banyak foto tentu saja akan berpengaruh pada memori kamu. Hal ini kerap kali terjadi pada kaum wanita karena hobby mereka berfoto dimanapun mereka berada. Apabila foto terlalu banyak menumpuk pada smartphone dan tidak segera dipindahkan tentu saja akan memudahkan smartphone kamu menjadi error karena memorinya penuh dengan foto.

  1. Tidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan

Hal ini sering dilakukan banyak orang, tidak kaum perempuan saja. Kerap kali kita membuka sebuah aplikasi tapi tidak menutupnya ketika sudah tidak kita gunakan lagi sehingga aplikasi tetap terus berjalan.

Hal ini tidak bisa disepelekan, karena smartphone akan tidak berfungsi dengan baik jika tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan. Terlebih untuk kamu yang memiliki memori dan ram dengan kapasitas kecil, ini akan membuat smartphone kamu error.

  1. Kualitas baterai menurun

Selain permasalahan pada memori, baterai juga menjadi salah satu faktor penyebab smartphone error. Terlebih lagi jika smartphone kamu memiliki kapasitas baterai yang memang kecil. Sehingga kamu tidak bisa dengan sembarangan menginstal aplikasi yang menyebabkan semakin berat dan berfungsi lambat jika digunakan.

Untuk mengatasi permasalahan baterai kamu ini usahakan tidak menggunakannya ketika mengisi daya atau baterai smartphone kamu dan tidak membiarkan baterai dalam keadaan mati baru hendak diisi dayanya.

Nah, itulah hal sepele yang sering kita abaikan yang menjadi penyebab smartphone kita error. Jadi, kamu jangan pernah menyepelekan hal kecil, jika kamu bisa menjaga smartphone kamu dengan baik tentu saja smartphone itu akan lebih awet.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia