WhatsApp-Button
Perubahan Struktur Tubuh Manusia Akibat Adaptasi Teknologi Modern

Perubahan Struktur Tubuh Manusia Akibat Adaptasi Teknologi Modern

  2019-07-02 16:45:56     Ulti Desi Arni     Dibaca 107 kali

Tanpa kita sadari dalam penggunaan teknologi telah membuat tubuh manusia ikut beradaptasi dengannya. Walaupun perubahan pada tubuh kita tersebut tidak terlihat drastis, namun ada konsekuensi dari kegiatan yang serba modern tersebut.

Laporan BBC yang dilansir dari Liputan 6 menemukan bahwa adanya perubahan pada struktur tubuh manusia karena adaptasi dengan teknologi dan kehidupan yang serba modern ini. berikut beberapa perubahan pada struktur tubuh manusia yang dikarenakan adanya teknologi modern :

  1. Gigi Bengkok

Kini makanan yang diproses cenderung membuat gigi manusia lebih bengkok. Jika dahulu manusia harus mengkonsumsi makanan yang keras dan kenyal, namun kini banyak produk makanan yang sudah diproses sehingga lebih lunak.

“Mungkin permasalahan kita lebih mungkin menderita masalah gigi. Gigi berjejal, gigi bengkok, dan masalah lainnya.” kata Dr. Noreen von Cramon-Taubadel dari The State University of New York, Buffalo, Amerika Serikat.

Dengan mengunyah akan membantu gigi tumbuh, namun yang jadi masalah pada makanan modern saat ini tidak mengharuskan gigi kita untuk bekerja sebelum dinikmati.

  1. Tengkorak Tubuh Lebih Tajam

Seorang ilmuwan menemukan bahwa tengkorak manusia tumbuh menjadi lebih tajam hingga 30 milimeter karena menggunakan ponsel. Dibandingkan dengan 100 tahun lalu bentuk tengkorak yang menonjol seperti ini merupakan hal yang sangat langka.

Ilmuwan kesehatan di University of The Sunshine Coast, Australia, David Shahar mengakui sudah 20 tahun menjadi dokter hanya menemukan kasus ini dalam satu dekade terakhir, semakin diteliti bahwa dia menemukan pasienya memiliki pertumbuhan tengkorak lebih tajam.

Dimana Bentuk ini dikenal sebagai "external occipital protuberance" yang ditemukan pada bagian bawah tengkorak tepat di atas leher. Untuk merasakannya bisa menggunakan jari di belakang kepala.

Shahar memprediksi hal ini terjadi karena posisi kepala menunduk ketika melihat ponsel sehingga leher kita ikut menjulur dan mengangkat kepala ke depan. Karena rata-rata kepala memiliki berat 4,5 kilogram sehingga beban tersebut menimbulkan masalah.

  1. Siku Menyusut

Karena gaya hidup kita yang kurang bergerak ternyata para ilmuwan menemukan bahwa kerangka tubuh menjadi lebih menyempit. Saat ini manusia sangat jarang sekali bergerak, padahal tulang bisa tetap tumbuh dan menjadi kuat jika digunakan.

Para ilmuwan di University of Potsdam, Jerman, menemukan konsekuensi gaya hidup sedentary. Dimana karena kurang bergerak tersebut membuat siku kita menyusut dengan cepat.

Subjek penelitian dilakukan pada Anak-anak di Jerman ternyata memiliki siku yang lebih kecil ketika mereka berjalan lebih sedikit dalam seminggu.

“Selain itu, setiap tahunnya, tulang anak-anak menjadi lebih rapuh” ungkap Christiane Scheffler, antropologis yang melakukan penelitian. Kemungkinan lainnya yang menyebabkan hal itu bisa terjadi adalah perubahan genetik, gizi buruk dan juga kurangnya aktivitas fisik.

  1. Jari yang Sensitif

Pada sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa dibandingkan sebelumnya jari-jari manusia menjadi lebih sensitif. Tentu saja hal ini diakibatkan karena adaptasi tubuh manusia pada penggunaan teknologi.

Otak akan secara permanen beradaptasi ketika kita menggunakan laptop, ponsel dan teknologi lainnya tentu saja jari kita turut berinteraksi dalam menggunakan benda tersebut.

Studi di University of Zurich, Swiss melakukan penelitian terhadap 37 orang pada aktivitas otak yang kecanduan ponsel. 26 diantara mereka mempunyai gadget berlayar sentuh, dan sisanya hanya menggunakan ponsel ketikan lawas.

Dari study tersebut menunjukkan bahwa menggunakan layar sentuh lebih banyak aktivitas otak saat ujung jari mereka disentuh dibandingkan yang tidak. Sehingga ini menunjukkan bahwa pengaruh gadget layar sentuh atau teknologi modern membuat jari manusia jauh lebih sensitif.

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada struktur tubuh manusia yang disebabkan adaptasi kehidupan modern, tentu saja hal tersebut diiringi dengan hadirnya teknologi modern yang memberikan banyak kemudahan.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia