WhatsApp-Button
Tren yang  Membantu pemasaran Digital di 2019

Tren yang  Membantu pemasaran Digital di 2019

  2019-06-19 16:48:32     Ulti Desi Arni     Dibaca 89 kali

Pada saat ini Brand perlu melakukan upaya ekstra agar tetap relevan. Adanya media sosial, email, iklan spanduk, konten video dan lebih banyak lagi yang tengah booming dalam pasar online. Sebagian besar dunia aktif secara online dan mencari berbagai sumber untuk melakukan pembelian yang terlebih dahulu telah mendapatkan informasi. Oleh karena itu, merek juga memanfaatkan semua format digital yang tersedia dan menyusun strategi untuk mendapatkan dan tetap berada di depan kurva.

Tahun 2019 ini juga terbukti menjadi tahun yang serba cepat dimana banyak perubahan dalam skenario pasar online. Hampir setiap harinya aplikasi dan fitur baru dirilis sehingga para pelaku bisnis yang menggunakannya bisa menjelajahi fitur-fitur tersebut dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Sehingga tentu saja sangat bagus untuk dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran oleh para pelaku bisnis.

Berbicara mengenai strategi, pada tahun 2019 ini diperkirakan ada beberapa hal yang akan meningkat, yaitu :

  1. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau AI sudah diperkenalkan kepada dunia dengan berbagai bentuk, baik dalam bentuk fil dan cerita fiksi dan sekali lebih hebatnya melalui aplikasi real time. Peralatan mandiri dalam berbentuk robot memang sudah ada dalam beberapa tahun terakhir, namun AI dalam pemasaran digital diprediksi akan melonjak pada tahun 2019 ini.

AI dimanfaatkan dalam membantu mempercepat proses pemasaran konten dan bisa diterima serta cukup baik untuk dijual. Akhir-akhir ini sudah ada berita yang menggunakan AI untuk mengkonpilasi dan merilis konten dengan tujuan konten tersebut bisa tersebar secepat mungkin. AI juga akan melihat lebih banyak aplikasi di masa depan, seperti pengecekan konten, manajemen kesalahan, perumusan algoritma, analisis kompetitif, dan sebagainya.

  1. Bot yang Bisa Berbicara

Mungkin sebagian kita sudah banyak menemukan chatbot, setidaknya ada pada beberapa platform online. Dengan adanya chatbot ini bisa membantu keluhan pelanggan, terlebih pada media sosial. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa orang-orang menyukai tanggapan cepat dan dengan lalu lintas besar-besaran dan begitu banyak berbagi data, sehingga respons otomatis dapat benar-benar mempercepat proses.

Chatbot diharapkan lebih relevan di tahun 2019 - menemukan jalan lebih ke situs web, situs belanja, forum diskusi online, pembawa pesan langsung di media sosial, dan sebagainya.

Apa gunanya chatbot?

  • Manajemen FAQ
  • Bantuan untuk berbelanja secara personal
  • Panduan untuk penelusuran web
  • Manajemen pengaduan
  • Layanan kontak
  • Membangun hubungan pelanggan
  1. Berbagi Media

Saat ini alat digital yang paling banyak digunakan adalah media sosial dan situs web, namun penelitian menunjukkan bahwa brand harus bergerak menuju pemasaran “omnichannel” agar memiliki dampak. Strategi ini akan melibatkan brand yang menggunakan strategi tunggal tetapi dieksekusi melalui semua saluran digital yang berlaku untuk mereka.

Misalnya, jika Merek X harus meluncurkan kampanye peluncuran online, akan lebih bijaksana jika mereka melakukannya di berbagai saluran seperti media sosial, email, video, podcast, obrolan langsung, webinar, semua bentuk iklan offline (di korelasinya dengan kampanye online), AI dan chatbots, Cerita di Facebook dan Instagram, aplikasi di smartphone, dan sebagainya.

  1. Iklan yang diprogram

Sudah hadir beberapa media sosial yang menyediakan beberapa fitur dimana penggunanya bisa mengontrol iklan mereka. Melaui media sosial ini para pelaku bisnis bisa menjadwalkan postingan dengan audiens yang ditargetkan sebelumnya dan menetapkan anggaran dan jadwal waktu. Semua ini telah bekerja dengan sangat baik untuk merek yang tidak mungkin menangani semua ini secara manual.

Sekarang, iklan terprogram bekerja di bawah prinsip yang sama, tetapi dengan wawasan yang lebih luas. Dengan iklan terprogram, brand bisa mengotomatiskan proses pembelian dan penjualan iklan, yang membantu merampingkan dan mengkonsolidasikan kampanye digital. Pada 2019, pemasar diharapkan untuk lebih mengandalkan saluran iklan otomatis untuk menghemat waktu dan juga meningkatkan visibilitas yang menguntungkan.

  1. Pemasaran dengan Video

Pada tahun 2017 pemasaran melalui video mengalami lonjakan besar dan semakin populer. Bisa kita pahami begitu besar daya tarik dengan video, namun yang terpenting seberapa baik marketing bisa memanfaatkan kesempatan ini. Pada tahun 2018, banyak brand mengalihdayakan konten video mereka ke pelanggan, pembuat pihak ketiga, pengaruh media sosial , dan blogger.

Pada tahun 2019, lebih banyak brand akan bergerak ke arah menggunakan pemasaran konten asli dan nyata melalui video, bukan hanya video yang tampak profesional dengan daya tarik Hollywood. 

  1. Konten yang Dipersonalisasi

Berkat adanya teknologi serta algoritma baru semakin memudahkan para brand dalam memahami mengenai audienst mereka, seperti apa yang mereka suka, kemana mereka pergi, apa yang mereka cari dan apa yang kemungkinan mereka beli. Berkat ini pelaku bisnis bisa fokus pada pemasaran yang dipersonalisasi untuk menarik perhatian audiens dan mengarahkan mereka ke arah pembelian.

Dengan pemasaran digital yang dipersonalisasi bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan loyalitas brand, serta meningkatkan pendapatan.

Apa yang diharapkan lebih personal pada tahun 2019?

  • Komunikasi melalui media sosial
  • Rekomendasi untuk produk dan layanan
  • Email Pemasaran
  • Kontak dan dukungan pelanggan
  • Iklan dan rekomendasi dalam aplikasi
  • Diskon, penawaran, dan konten promosi
  • Pesan video
  1. SEO Hyper Advanced

Beberapa tahun terakhir istilah SEO sudah mendapatkan momentum besar sehingga menimbulkan kesadaran pada brand untuk memanfaatkan konten yang harus dioptimalkan pada mesin pencari. Mesin pencari merupakan titik awal yang umum pada siklus pembelian, bisa dikatakan untuk sebagian besar pelanggan mesin pencari adalah tempat mereka mulai yang pada akhirnya akan menghantarkan mereka pada produk yang dicari sesuai kebutuhan mereka.

Untuk hasil pencarian pada google sudah sangat maju karena algoritmanya sudah disesuaikan jika dibandingkan sebelumnya. Ketika pengguna mencari sesuatu maka banyak faktor yang menjadi pertimbangan seperti pencarian sebelumnya, situs web paling banyak dikunjungi, preferensi pribadi, lokasi, usia dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, SEO pada 2019 akan menjadi sangat penting bagi pemasar digital. Bisnis kecil akan lebih fokus pada strategi SEO lokal, sementara bisnis yang lebih besar dengan lebih banyak sumber daya akan berinvestasi secara luas dalam strategi SEO global. Apa pun itu, SEO adalah bagian integral dari persamaan pemasaran digital, dan tahun mendatang akan menjadi bukti akan hal itu.

Nah, itulah beberapa Tren yang  Membantu pemasaran Digital di 2019 atau digital marketing yang akan menjadi tren pada tahun 2019.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia