Perbedaan Shopee dan OLX

Perbedaan Shopee dan OLX

  2019-03-15 17:15:01     Ulti Desi Arni     Dibaca 17 kali

Di tengah perkembangan zaman, cara praktis menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menghemat waktu, tenaga bahkan biaya dalam melakukan segala aktivitas. Dalam hal ini, teknologi yang sudah dilengkapi dengan internet sangat berperan dalam mewujudkan cara cepat, efektif dan efisien tersebut.

Tak heran jika saat ini, hampir semua pekerjaan dan aktivitas dapat diselesaikan serta dilakukan dengan hanya duduk tanpa beraktivitas di luar rumah. Salah satu kegiatan yang saat ini tidak lagi mengharuskan seseorang untuk keluar rumah adalah aktivitas berbelanja.

Sebelumnya, seseorang harus mendatangi toko, menghabiskan waktu dengan biaya yang cukup menguras dompet untuk membeli barang yang diinginkan. Namun kini tidak lagi, sebab hanya dengan satu klik barang atau produk yang diinginkan akan sampai ke tangan Anda tanpa harus menyita waktu untuk sekedar melihat dan mencoba, bahkan hingga mendatangi beberapa toko untuk menemukan produk yang sesuai keinginan Anda.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen yang mendambakan cara praktis, kini di Indonesia telah banyak bermunculan situs e-commerce atau toko jual beli secara online. Berbagai situs e-commerce tersebut hadir dengan menawarkan beragam kemudahan dan layanan hingga harga yang terjangkau kepada konsumen.

Dari banyaknya situs e-commerce atau toko jual beli online, di antaranya adalah Shopee dan OLX. Kedua hadir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia. Lantas, apa saja perbedaan Shopee dan OLX. 

Shopee

Sejak diperkenalkan pada 2015 di Singapura dan berkembang hingga ke tanah air, Shopee menjadi satu dari sejumlah situs e-commerce terbesar di Indonesia. Hadir dalam bentuk web dan aplikasi mobile, Shopee menawarkan kemudahan dalam bertransaksi jual beli secara online.

Shopee merupakan e-commerce yang menjembatani pembeli dan penjual dalam bertransaksi di pasar online yang dapat di lakukan di perangkat mobile. Menyediakan lebih dari kategori, Shopee menawarkan berbagai produk untuk wanita dan pria dari merek dan harga bervariasi.

Selain itu, konsumen juga tidak perlu khawatir akan terjadinya kecurangan dalam transaksi jual beli, karena Shopee memberikan jaminan dengan menyediakan garansi Shopee. Saat ini, Shopee mendukung sistem pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, Indomaret dan Shopee pay.

Jika ingin menjadi user Shopee, Anda bisa mendaftar via email, linking melalui akun Facebook dan nomor telepon. Tampilan pada aplikasi Shopee cukup sederhana, menarik dan mudah dipahami untuk pemula, sehingga tidak perlu kebingungan saat pertama kali belanja di Shopee.

OLX

OLX merupakan situs jual beli online yang hadir dengan nama tokobagus.com sebelumnya. Kemudian, pada 20 Mei 2014, Tokobagus.com berganti nama dan berkembang sebagai OLX Indonesia. OLX merupakan situs jual beli online untuk produk baru, bahkan barang bekas yang masih layak dan dalam kondisi bagus serta layak untuk dijual dan dibeli.

OLX menyediakan berbagai barang mulai dari fashion hingga produk elektronik dan otomotif berkualitas. Bahkan, OLX juga menyediakan jasa dan lowongan kerja. Tak hanya tersedia dalam bentuk web, OLX juga dapat diakses untuk mobile atau dalam bentuk aplikasi perangkat, seperti Android.

Sebagai situs untuk membantu pelaku usaha memasarkan produk dan jasa, OLX memberikan layanan gratis dalam pemasangan iklan. Selain itu, memasang iklan di OLX bisa dilakukan secara gratis atau tanpa dibebani biaya, kecuali untuk layanan promosi tambahan untuk setiap iklan yang dipasang. Namun, biaya untuk promosi iklan tidak diharuskan hanya dianjurkan.

Untuk transaksi pembayaran, sayangnya risiko terjadinya kecurangan atau penipuan belum dapat diminimalisir seutuhnya di OLX. Sebab, layanan yang diberikan OLX tersedia secara gratis untuk umum.

Sehingga, sangat disarankan bagi penggunanya agar berhati-hati dan memilih toko yang terpercaya. Untuk lebih aman, sebaiknya hubungi tim support OLX Indonesia jika menemukan cara pembayaran atau transaksi yang mencurigakan agar terhindar dari kecurangan dan penipuan.

Kendati demikian, baik Shopee dan OLX sebenarnya bukanlah hanya harga terjangkau dan murah yang menjadi faktor pertimbangan dalam berbelanja, selain itu keamanan dalam berbelanja dan bertransaksi juga harus diperhatikan agar terhindar dari risiko penipuan dan kecurangan.

Sebab itu, sebaiknya cermatlah dalam memilih situs jual beli online dan tidak hanya tergiur oleh harga. Pilihlah situs jual beli online terpercaya dan memberikan jaminan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

 

Penulis : Vl01-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia