WhatsApp-Button
Tingkatkan Brand Produk dengan Belajar Strategi Marketing dari NBA

Tingkatkan Brand Produk dengan Belajar Strategi Marketing dari NBA

  2019-06-13 16:36:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 86 kali

Kemampuan yang ditunjukan oleh Asosiasi Bola Basket Nasional bisa tumbuh menjadi kekuatan global seperti saat ini tidak hanya semata-mata karena banyaknya orang menyukai olahraga ini. Namun, lebih tepatnya karena cerdasnya strategi marketing yang serius dilakukan oleh NBA .

NBA saat ini telah mendominasi secara global dan sebenarnya tidak ada alasan Anda juga mampu seperti mereka. Semua itu bisa terwujud dengan strategi yang tepat. Berikut beberapa tips atau strategi marketing untuk mengkatkan brand Anda yang bisa dipelajari dari NBA :

  1. Kembangkan Garis Eksistensi untuk Brand Anda

NBA sudah menciptakan ekstensi lain seperti NWBA (National Woman Basketball Association) serta penciptaan ekstensi seperti NBA-China yang telah membuat NBA mulai  menghasilkan hampir $ 550 juta pendapatan per musim  dari Cina.

Mungkin bisnis Anda tidak mempunyai sumber daya manusia untuk memulai seperti NBA. Namun melakukan hal sederhana dari berbagai media sosial dan halaman website untuk mengenalkan brand Anda di pasaran bisa dikatakan adalah langkah awal yang benar.

Mungkin Anda tidak bisa mendirikan banyak toko di negara lain, namun dengan adanya pemasaran digital saat ini bisa membuat beragam toko di berbagai media sosial. Tentu saja Anda harus menggunakan target marketing agar bisa mencapai pasar yang diinginkan.

  1. Menjadi Mesin Pembuat Konten

Tips yang kedua untuk meningkatkan brand dengan belajar dari strategi marketing NBA adalah membuat konten. Jika Anda ingin tahu seberapa besar keseriusan NBA dalam menangani marketing konten bisa dilihat pada NBA.com  atau  situs web tim NBA mana pun. 

Video, artikel dan postingan website yang stabil sudah terbukti bisa menjadi pendorong utama dalam mendapatkan pengunjung, menciptakan keterlibatan serta mendapatkan langganan.

Satu kata yang dapat menjelaskan mengapa NBA tampaknya selalu dapat membuat konten yang menarik adalah, "Kepribadian". Apabila konten tidak memiliki ciri khas tentu saja akan sulit untuk ada di pasar. Menanamkan Kesenangan ke dalam permainan di luar lapangan telah membuat menonton pertandingan itu sendiri lebih menarik bagi para penggemar.

Sehingga Anda juga harus bisa serius untuk membuat konten serta berkomitmen baik itu dalam bentuk teks dan video dan memiliki anggaran yang pas dalam pembuatan konten. Paling penting harus inovatif dan konsisten dalam pembuatan konten yang memiliki kepribadian di dalamnya.

  1. Membangun Visibilitas eksternal

NBA bisa menciptakan brand yang selalu diingat dan tidak mudah dilupakan karena brand mereka terlihat dimana-mana. Anda bisa lihat sendiri brand NBA ada mulai dari Jersey, papan iklan dan juga media sosial. NBA berhasil mencuri pengguna facebook dengan konten interaktifnya.

Brand Anda juga mampu membangun visibilitas eksternal dengan fokus pada visibilitas, konten serta terlibat dalam media sosial. Banyak bran masih memiliki hak eksklusif untuk memposting di halaman media sosial mereka, tetapi sudah mulai beralih sedikit untuk mendorong pengiriman dari pelanggan / Pengikut mungkin melihat peningkatan minat pada bran Anda.

Selain itu membuat konten yang disponsori juga bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan brand pada platform online yang bisa membuat brand dikenal oleh ribuan orang.

  1. Temukan Cara untuk Tetap Menjadi Pusat Perhatian

Kita lihat beberapa dekade terakhir dimana NBA telah membuat keajaiban pemasaran dimana mereka mendominasi sorotan yang terus meningkat. Strategi yang dilakukannya yaitu mengasosiasikan eret merek dengan hal yang sedang populer, sehingga brand Anda bisa selalu menjadi perbincangan setiap harinya.

Jika brand yang dimiliki belum cukup besar untuk melibatkan dukungan para selebriti, Anda bisa saja memulai dengan topik terhangat terlebih dahulu sehingga orang-orang akan membicarakan brand Anda.

Asosiasi merek Anda dengan olahraga, hiburan, dll dalam konten di tempat Anda dan konten di luar situs adalah cara utama untuk mendapatkan nama Anda dalam percakapan yang dering diperbincangkan.

  1. Membangun Brand Atas Kesadaran

Untuk menegaskan brand Anda di pasar yang begitu terfragmentasi memang merupakan sebuah tantangan terbesar bisnis abad ke-21 ini. Brand yang Anda miliki harus mencerminkan keragaman yang positif dan Anda bisa memulai dari hal yang kecil. Contoh brand Anda memiliki informasi yang terkait dalam melayani anak-anak autis dalam menunjukkan kesadaran mereka atau menuntun dalam memilih warna dan desain dengan hati-hati karena desain yang beragam memiliki efek yang beragam pada mereka. Kesadaran tidak pernah relevan bagi bisnis seperti halnya dalam masyarakat kita yang semakin sensitif.

Nah, itulah beberapa strategi marketing yang bisa kita pelajari dari NBA untuk bisa masuk ke kancah global.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia