Pengertian Edmodo Dan Cara Membuat Akun Edmodo

Pengertian Edmodo Dan Cara Membuat Akun Edmodo

  2019-03-13 17:07:38     Ulti Desi Arni     Dibaca 22 kali

Tak dapat di pungkiri, perkembangan teknologi yang diikuti dengan hadirnya internet telah banyak memberikan berbagai dampak baik bagi manusia. Tak hanya memudahkan pekerjaan dan setiap kegiatan manusia, teknologi dan internet juga membantu dalam sistem pembelajaran saat ini.

Berbagai aplikasi, website, hingga media sosial diciptakan dan dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar dan mengajar agar lebih efektif. Salah satu platform yang diciptakan untuk memudahkan guru dalam mengajar dan memberikan kemudahan bagi siswa dan mahasiswa untuk tetap mendapatkan ilmu dari guru atau dosen adalah Edmodo.

Hingga kini, Edmodo menjadi jejaring sosial yang terbukti efektif untuk membantu guru dan siswa dalam memberikan serta menerima ilmu. Selain itu, jejaring sosial ini tak hanya menghubungkan antara guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa, namun orang tua dapat dengan mengawasi serta mengetahui perkembangan anak-anaknya, layaknya di sekolah sungguhan.

Lalu apa itu Edmodo?

Edmodo adalah platform berbasis jejaring sosial yang dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’hara  untuk mendukung proses belajar mengajar antara guru dan siswa maupun dosen dan mahasiswa bahkan dengan orang tua atau wali murid. Sejak dikembangkan pada akhir tahun 2008, Edmodo menjadi program e-learning atau media belajar dan mengajar online dengan sistem pembelajaran yang mudah, menyenangkan serta efisien.

Pada 2011, Edmodo menjadi jejaring sosial yang berkembang sangat pesat, dengan sekitar 1 juta penggunanya. Bahkan dalam beberapa bulan selanjutnya, Edmodo sudah memiliki 7 pengguna dari berbagai negara.

Selain sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar, Edmodo memberikan cara yang mudah untuk membuat kelas virtual dengan adanya kelas-kelas seperti di sekolah pada umumnya dan aman bagi penggunanya.

Seperti media sosial Facebook, Edmodo didesain dengan tampilan menarik yang dilengkapi fitur-fitur sehingga memudahkan guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa dalam berkirim tugas dan mengirim tugasnya. Bahkan, guru atau dosen dapat melakukan diskusi dengan tenaga pendidik lainnya dalam Edmodo ini. Setiap siswa dapat berdiskusi dan berinteraksi dengan mudah serta aman di Edmodo.

Dengan demikian, Edmodo hadir sebagai media komunikasi yang efektif untuk guru dan siswa hingga orang tua dalam proses belajar dan mengajar.

Lantas, bagaimana membuat akun Edmodo?

Edmodo dapat diakses oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen hingga orang tua, sehingga cara membuat akunnya pun berbeda. Sebelumnya kamu harus masuk dulu ke website resmi Edmodo di edmodo.com. Kemudian kamu akan diberikan tiga pilihan sebelum membuat akun, yakni, I’m a Teacher/Saya guru, I’m a Student/Saya siswa atau mahasiswa, dan I’m a Parent/Saya orang tua.

Jika Anda seorang guru, cukup memilih atau meng-klik I’m a Teacher/Saya guru untuk membuat akun sebagai guru atau dosen. Kemudian, Anda akan menemukan dengan formulir atau kolom-kolom yang harus diisi sesuai identitas pribadi Anda.

Setelah mengisi dan melengkapi setiap kolom dengan identitas tersebut dan memastikan seluruhnya sudah benar dan valid, selanjutnya Anda harus memilih dan meng-klik tulisan ‘Sign Up’ untuk melengkapi proses pendaftaran sebagai guru atau dosen.

Lalu, Edmodo akan mengirim konfirmasi pendaftaran melalui Email yang sudah diberikan pada formulir pendaftaran sebelumnya. Serta dilengkapi dengan panduan selanjutnya untuk akun Edmodo Anda sebagai guru atau dosen.

Untuk pendaftaran atau membuat akun sebagai siswa atau mahasiswa, caranya sedikit berbeda. Setelah masuk ke edmodo.com, klik pilihan I’m a Student/Saya murid. Selain mengisi data pada formulir yang disediakan, Anda harus melengkapi pengisian formulir dengan kode grup pada kolom Group Code di formulir pendaftaran tersebut.

Namun, kode grup dengan 6 digit tersebut hanya bisa diisi setelah siswa atau mahasiswa mendapatkannya dari guru atau dosen. Kemudian, Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi username hingga password. Terakhir, klik tombol ‘Sign Up’ agar pendaftaran untuk akun siswa atau mahasiswa dapat diproses.

Selain cara pendaftaran untuk membuat setiap akun yang mudah, Edmodo dilengkapi berbagai fitur layaknya fasilitas di sekolah umumnya. Diantaranya Polling, Gradebook, File and Links, Quiz, Library, Assignment, Award Badge, hingga Parent Code, yang dapat mendukung proses belajar dan mengajar antara guru dan siswa dan membangun interaksi antara guru dan orang tua sebagai wali murid.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia