Cara Sukses Menggunakan Media Sosial Untuk Berjualan   

Cara Sukses Menggunakan Media Sosial Untuk Berjualan  

  2019-03-12 16:52:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 18 kali

Saat ini media sosial seakan melekat dan menjadi kebutuhan setiap orang. Setiap yang menggunakan gadget mungkin tidak asing lagi dengan media sosial. Setiap saatnya beragam media sosial yang bermunculan dengan keunggulan masing-masing. Karena banyaknya para pengguna Sosial media dan manfaat yang ditawarkan sosial media ternyata juga mampu menjadi alat dalam mempromosikan produk atau mendatangkan pengunjung ke toko online Anda.

Bisnis online saat ini juga sangat banyak bermunculan, hampir setiap hari terlahir para pesaing dalam bisnis online. Ditambah lagi banyak media sosial yang bisa mendukung dari proses bisnis online ini. Meskipun demikian, bisnis online tidak selalu berhasil bahkan ada yang beberapa bulan memulai malah memilih untuk mundur perlahan karena sepinya pembeli.

Faktor yang mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis online juga tergantung dari cara yang tepat dalam menggunakan media sosial ini untuk berjualan.

Berikut beberapa tips agar penggunaan media sosial lebih efektif untuk mendukung jualan Anda.

  1. Bangun kolam list

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu menarik orang-orang yang ada di sosial media ke media yang bisa dikendalikan. Misalnya anda mengumpulkan list berdasarkan no hp untuk WA dan email

Tujuannya untuk mengantisipasi apabila algoritma sosial media berubah dan tidak menguntungkan lagi bagi jualan Anda. Sehingga anda akan suatu saat tidak terlalu bergantung lagi dengan media sosial tersebut atau cara lainnya anda bisa memiliki banyak saluran alternatif pada media sosial untuk promosi.

  1. Postingan menarik

Dalam media sosial tentu saja postingan Anda tidak akan bisa bertahan lama karena akan tertimpa oleh postingan baru orang lain. Setiap harinya akan banyak sekali postingan yang muncul di beranda kita. Nah, sebagai pelaku bisnis online yang memanfaatkan media sosial tentu saja Anda memiliki tantangan yakni membuat postingan yang bisa memikat perhatian orang yang melihatnya. Dengan begitu bisnis Anda akan mampu bersaing dengan ribuan postingan orang lain.

  1. Keajaiban viral

Kata-kata viral mungkin tidak asing lagi kita dengar, bisa dikatakan viral bisa terjadi karena kebetulan meskipun demikian tetap saja ada rumusnya. Apabila kita sudah memiliki rumus dan formulanya makan akan sangat mudah bagi kita membuat postingan viral dengan adanya postingan viral tersebut tentu saja akan lebih menjangkau banyak orang.

  1. Personal branding

Dalam berbisnis tentu saja personal branding sangat diperlukan. Melalui sosial media bisa memperlihatkan siapa diri Anda ke publik, begitu juga dengan sosial media bisa menunjukan bisnis Anda agar banyak dikenal. Sehingganya dengan media sosial bisa membantu Anda untuk lebih mudah melakukan personal branding.

Untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya Anda menggunakan strategi personal branding. Diharapkan dengan personal branding ini bisa membuat produk anda lebih banyak dikenal oleh masyarakat dan tidak terlalu bergantung pada popularitas brand atau merk produk yang Anda jual.

  1. Storytelling

Banyak orang yang sangat menyukai sebuah cerita dan bahkan ada yang merasa kecewa dengan cerita yang berakhir terlalu cepat. Begitu juga dalam jual beli. Calon pembeli lebih suka ketika pelaku bisnis menawarkan produknya melalui cerita dibandingkan penawaran secara hardselling.

Ada saatnya memang kita menjualkan produk secara terang-terangan alias to the point pada intinya, tapi cara ini jangan terus-terusan dilakukan. Metode promosi yang sama akan membuat orang gampang bosan dan jenuh dengan apa yang kita promosikan.

Itulah beberapa cara sukses yang bisa dilakukan dalam berjualan online dengan memanfaatkan media sosial. Semoga bermanfaat.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia