WhatsApp-Button
Mitos Teknologi yang Dipercayai Namun Sebenarnya Keliru

Mitos Teknologi yang Dipercayai Namun Sebenarnya Keliru

  2019-06-05 00:00:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 66 kali

Hadirnya teknologi di zaman yang berkembang saat ini kerap digunakan untuk membantu dan mempermudah dalam beberapa aspek kehidupan. Teknologi bisa dikatakan sebuah temuan yang mampu membantu setiap aspek pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Hingga saat ini terbilang sudah banyak teknologi yang muncul memberikan kemudahan pada manusia. Contoh sederhana saja yang sering digunakan dan sering kita temui yaitu smartphone, kamera, komputer, elektronik rumah tangga dan banyak yang lainnya.

Banyaknya teknologi yang lahir ternyata tidak terlepas dari fakta-fakta menarik hingga mitos-mitos tentang teknologi tersebut. Misalnya informasi yang beredar seputar cara penggunaan teknologi yang salah hingga bisa merugikan, bahkan mitos tentang bahaya menggunakan sebuah teknologi.

Untuk sebagian orang yang percaya tentang mitos tersebut mungkin sedikit mengganggu, meskipun tidak sedikit pula orang yang mengabaikan setiap mitos yang beredar tersebut. Banyak sebenarnya mitos seputar teknologi yang beredar, berikut akan kita bahas beberapa mitos teknologi yang orang banyak mempercayainya namun sebenarnya itu adalah keliru.

  1. File di perangkatmu akan terhapus oleh Sinar-X di Bandara

Sinar-X yang ada di bandara saat pemeriksaan akan memperlihatkan semua barang yang ada di dalam tas kita atau koper. Namun, sebagian dari orang berpikir bahwa laptop ataupun smartphone yang terkena Sinar-X tersebut akan merusak file di dalamnya dikarenakan terpapar radiasi. Perlu dijelaskan bahwa sebenarnya info tersebut tidak benar, karena pada dasarnya Sinar-X adalah salah satu jenis energi elektromagnetik, sedangkan smartphone atau laptop adalah elektronik canggih. Sinar-X tidak memiliki muatan magnetis sehingga Hard drive atau memory card yang ada pada smartphone atau laptop tidak akan terpengaruh oleh Sinar-X. Selain itu pada perangkat smartphone atau laptop juga tidak memiliki bagian yang sensitif terhadap Sinar-X

  1. Mengecas ponsel semalaman akan merusak baterai

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengecas ponsel semalam akan berdampak buruk terhadap baterai ponsel tersebut alias bisa merusak baterai ponsel. Namun, saat ini hal tersebut adalah keliru. Karena banyak smartphone yang hadir akhir-akhir ini merupakan teknologi canggih yang mampu mencegah pengisian baterai berlebihan. Pengisian baterai akan berhenti dengan sendirinya jika sudah penuh.

  1. Semakin besar megapiksel kamera maka hasil gambar lebih baik

Banyak orang beranggapan saat membeli ponsel yaitu menilai dari besarnya megapiksel kamera yang dimiliki ponsel tersebut. Hal itu dikarenakan adanya mitos yang beredar bahwa semakin besar megapiksel sebuah kamera maka kualitas gambar yang dihasilkan juga lebih baik. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Memang dengan besarnya megapiksel yang ada pada kamera akan memudahkan cahaya masuk ke sensor kamera untuk menghasilkan warna yang lebih banyak. Namun jika ruang sensor kamera terbatas dengan megapiksel lebih besar akan berefek sebaliknya. Meskipun demikian banyak para produsen tetap menggunakan cara memasarkan produk smartphonenya berdasarkan tingginya megapiksel kamera yang dimiliki ponsel canggih mereka.

  1. Komputer Mac tidak akan terkena virus

Mitos mengenai komputer mac tidak akan terkena virus mulai beredar ketika pasar komputer konsumen dalam masa perkembangan dan pengguna komputer dengan sistem operasi windows lebih banyak jika dibandingkan dengan Mac. Sehingga tentu saja para hacker atau peretas menargetkan windows dengan pengguna yang banyak dibandingkan Mac. Nah, hal itulah yang membuat mitos bahwa komputer Mac sangat aman dari serangan virus.

  1. Matikan komputer Malam hari agar kinerja komputer lebih baik

Mungkin mitos yang satu ini tidak asing lagi dan bahkan sering kita dengarkan. Sebenarnya untuk mitos ini lebih berlaku pada zaman dimana orang baru mengenal komputer dan komputer tersebut menggunakan piranti lama. Jika komputer panas digunakan secara terus menerus akan berefek pada media penyimpanan dan merusak hard dive komputer tersebut. Namun, hal ini hanya berlaku untuk perangkat komputer zaman dahulu. Saat ini komputer modern tidaklah seperti itu, karena perangkatnya jauh bisa lebih dihandalkan. Bahkan jika kamu memang menggunakan komputer lebih sering dalam sehari lebih baik komputer dibiarkan hidup atau dalam mode sleep.

Nah, itulah beberapa mitos yang banyak beredar di tengah masyarakat yang membuat sebagian orang percaya dan merasa takut dengan mitos tersebut padahal tidak semua mitos tersebut adalah benar melainkan banyak yang keliru. Sebagai pengguna teknologi, jadilah pengguna yang cerdas dan jangan terlalu percaya dengan mitos yang ada.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia