WhatsApp-Button
Meningkatkan Jumlah Mahasiswa dengan Digital Branding Kampus

Meningkatkan Jumlah Mahasiswa dengan Digital Branding Kampus

  2019-06-04 00:00:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 202 kali

Saat ini bisa sama-sama kita lihat bahwa jumlah perguruan tinggi semakin hari semakin meningkat, dan tentu saja itu akan menjadi persaingan yang sangat ketat untuk setiap perguruan tinggi dalam menemukan calon peserta didik atau mahasiswa setiap tahunnya.

Tingginya tingkat persaingan dalam memikat calon mahasiswa tentu saja perguruan tinggi atau kampus akan melakukan cara apapun untuk mendapatkan mahasiswa baru. Setiap kampus atau perguruan tinggi akan memamerkan semua keunggulan dan potensi yang dimiliki kampus, sehingganya dengan hal itu kampus bisa memiliki “Branding” yang bagus sehingga bisa tetap eksis dalam menghadapi saingan tersebut.

Apabila kurangnya promosi yang dilakukan kampus, tentu saja berdampak kepada jumlah mahasiswa yang mendaftar kepada kampus tersebut. Setelah itu juga akan berdampak terhadap pendapatan kampus dan biaya operasional kampus.

Tidak permasalahan terkenal atau tidaknya sebuah kampus saja yang membuat kampus menjadi sepi, penyebab lainnya karena di Indonesia minat anak didik untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi masih sangat kurang. Hal itu disebabkan karena anak didik kurang memperoleh informasi mengenai kampus. Selain kurangnya minat juga disebabkan oleh faktor adanya kampus favorit, sehingga anak didik yang lulus dari jenjang SMA/SMK/Sederajat memprioritaskan kampus unggulan ketimbang kampus swasta dan perguruan tinggi lainnya. Sehingga memang sudah sewajarnya perguruan tinggi harus memiliki strategi yang tepat dalam mendapatkan calon mahasiswa agar tidak sepi.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut tentu saja branding kampus, sehingga dengan adanya branding ini tidak hanya menambahkan jumlah mahasiswa namun sekaligus memangkas jumlah anak didik yang tidak berminat kuliah. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam strategi branding kampus, baik itu promosi menggunakan browsur maupun memasang spanduk bahkan bisa datang ke sekolah-sekolah. Meskipun begitu, tetap saja cara ini masih kurang efektif dan membutuhkan banyak waktu serta biaya.

Sementara itu kita ketahui bahwa perkembangan zaman menuntut kita untuk bisa lebih cepat melakukan semua aktivitas. Informasi yang akurat, cepat dan tepat itulah yang dibutuhkan setiap kampus saat ini. Untuk itu peran teknologi sangat membantu sekali dalam melakukan branding kampus. Seperti yang kita lihat, bahwa saat ini tidak ada remaja yang terlepas dari yang namanya internet. Sehingga para anak didik saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya ketimbang dunia nyata. Dengan adanya internet banyak hal yang bisa mereka lakukan, sehingga sangat tepat sekali kampus memanfaatkan teknologi dalam marketingnya yaitu menggunakan Digital Marketing Kampus.

Digital marketing kampus ini merupakan sebuah teknologi yang digunakan dalam melakukan promosi kampus. Tujuan dari digital marketing kampus ini akan meningkatkan branding kampus sehingga kampus akan banyak dikenal di lingkungan luar. Salah satu penyedia jasa digital marketing kampus ini adalah Garuda Cyber Indonesia, dimana GCI membantu kampus yang bermitra dalam mempromosikan kampusnya sehingga jumlah mahasiswa kampus akan meningkat.

Menggunakan jasa digital marketing kampus dari GCI ini bayak sekali manfaat dan kelebihan yang akan di dapatkan oleh kampus sebagai berikut :

  1. Informasi tersebar dengan luas dan cepat.

Dengan menggunakan jasa digital marketing kampus GCI, tentu saja informasi mengenai kampus akan tersebar lebih luas. Tidak hanya di dalam daerah bahkan mendunia.

  1. Menghemat biaya promosi

Biaya untuk promosi dan waktu yang dibutuhkan tentu saja akan lebih hemat. Karena dengan adanya digital marketing kampus, akan menghemat dalam pencetakan browsur, spanduk dan lainnya. Selain itu untuk menyebarkan informasi tidak perlu menunggu percetakan selesai karena informasi akan tersebar cepat secara online

  1. Memberikan Kemudahan

Calon pendaftar yang tengah mencari informasi mengenai kampus tentu saja akan sangat terbantu dengan digital marketing kampus ini.

  1. Menuju Era Internet Of Thing

Dunia akan memasuki era baru yaitu Internet of Things (IoT) pada tahun 2020 menurut Lembaga riset teknologi Gartner. Dimana semua hal akan saling terintegrasi dengan internet pada era ini mulai jam tangan, lemari es, ponsel, mobil dan banyak lainnya. Nah, tentu saja akan jika kampus menerapkan digital marketing kampus ini tengah berjalan menuju IoT.

Sudah banyak kampus yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan mahasiswa,  kini sudah saatnya kampus anda bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia untuk meningkatkan  jumlah mahasiswa agar tidak sepi  peminat.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia