WhatsApp-Button
Tempat Magang/PKL SMK Jurusan TKJ di Pekanbaru

Tempat Magang/PKL SMK Jurusan TKJ di Pekanbaru

  2019-05-28 15:38:49     Ulti Desi Arni     Dibaca 634 kali

Dalam jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, terdapat proses yang memberikan kesempatan bagi siswanya untuk bekerja di suatu perusahan atau industri sesuai dengan jurusan yang ditekuni.

Masa bekerja dalam di tengah pendidikan sekolah kejuruan tersebut disebut tahap magang yang kini juga dikenal sebagai Praktek Kerja Lapangan yang disingkat PKL. Magang atau PKL adalah pelatihan kerja bagi siswa SMK sesuai jurusan yang dipejari di sekolah. Para siswa SMK akan ditempatkan di perusahaan tertentu, organisasi atau instansi pemerintahan agar dapat menerapkan dan mempraktikkan ilmu yang selama ini telah diserap di bangku pendidikan SMK.

Pada tingkat SMK, magang menjadi syarat utama dalam proses pendidikan dan wajib diikui oleh siswa di tingkat kelas 2, namun di beberapa sekolah ada pula yang menurunkan siswanya magang di kelas 3.

Selama magang atau PKL siswa SMK akan dipandu, dilatih di lembaga atau perusahaan tertentu dengan turun langsung melakukan pekerjaan sesuai kejuruannya di SMK serta dibimbing dan diawasi instruktur atau seseorang yang berpengalaman agar siswa dapat menguasai keahlian dan keterampilan sesuai jurusannya.

Sebagai syarat utama untuk meraih kelulusan selain mengikuti ujian nasional, setiap siswa SMK, termasuk siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau disingkat TKJ diwajibkan untuk mengikuti program magang yang dilaksanakan sekolah melalui kerjasama dengan perusahaan, organisasi, atau instansi pemerintahan.

Namun, tidak sedikit pula sekolah kejuruan yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk menentukan lokasi magang atau PKL sendiri. Sehingga, seringkali siswa asal-asalan memilih tempat magang bahkan tak sesuai dengan jurusannya. Hal ini diakibatkan keterbatasan waktu dalam menentukan tempat magang.

Akibatnya, banyak siswa melaksanakan magang atau PKL di tempat yang tak sesuai sehingga terkesan dipaksakan. Masalah ini sering dialami siswa SMK jurusan TKJ. Tak jarang siswa jurusan TKJ magang atau PKL ditempat tidak sesuai jurusannya sehingga ilmu yang diserap di sekolah tidak dapat dipraktikkan di tempat magang atau PKL tersebut.

Namun kini untuk siswa SMK jurusan TKJ di Pekanbaru tidak perlu khawatir, karena sudah ada tempat magang atau PKL yang tepat untuk mempraktikkan ilmunya, yakni di Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia hadir sebagai perusahaan yang turut memberikan solusi bagi siswa SMK jurusan TKJ yang seringkali kesulitan dalam menemukan tempat magang yang tepat.

Sesuai jurusannya TKJ yang mempelajari teknologi informasi dan komunikasi, baik itu algoritme, perakitan komputer dan jaringannya, pemrograman komputer hingga pengoperasian perangkat lunak serta internet, Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development sejak 2013 sehingga sangat cocok dan menjadi pilihan tepat sebagai tempat magang.

Garuda Cyber Indonesia turut andil dalam memberikan keterampilan dan keahlian di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan memberikan kesempatan magang atau PKL bagi siswa SMK jurusan TKJ.

Hingga kini, Garuda Cyber Indonesia telah memberikan pengalaman kerja di dunia industri melalui program Magang atau Kerja Praktik yang juga dikenal dengan PKL. Di bawah bimbingan instruktur muda berpengalaman, di Garuda Cyber Indonesia kamu akan dilatih untuk mendapatkan keahlian di jurusan TKJ.

Garuda Cyber Indonesia menerapkan waktu magang atau PKL selama dua sampai enam bulan masa pelatihan kerja, atau sesuai kebutuhan dan kesepakatan pihak sekolah masing-masing. Seperti karyawan di dunia kerja pada umumnya, di Garuda Cyber Indonesia kamu akan dilatih dalam jam kerja karyawan Garuda Cyber Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman kerja sesuai jurusan TKJ melalui magang atau PKL di Garuda Cyber Indonesia, kamu dapat mengirimkan surat permohonan magang melalui email [email protected] atau mengantarkan langsung surat permohonan magang atau PKL ke kantor Garuda Cyber Indonesia di Pekanbaru Jalan HR. Soebrantas No. 188 Panam.

Kemudian, Garuda Cyber Indonesia akan memberikan balasan dari Surat permohonan magang atau PKL tersebut untuk menginformasikan kamu diterima atau tidak magang atau PKL di Garuda Cyber Indonesia. Saat ini, Garuda Cyber Indonesia telah turut menyukseskan program magang atau PKL sekolah kejuruan di Pekanbaru, terutama untuk siswa jurusan TKJ.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia