WhatsApp-Button
Tempat Magang/PKL SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual DKV di Pekanbaru

Tempat Magang/PKL SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual DKV di Pekanbaru

  2019-05-28 15:35:07     Ulti Desi Arni     Dibaca 837 kali

Magang yang juga dikenal sebagai Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program yang diwajibkan diikuti oleh setiap siswa sekolah menengah atau SMK. Biasanya, siswa SMK diharuskan mengikuti program magang atau PKL ketika sudah berada di kelas 2 atau di beberapa sekolah menurunkan siswanya magang di kelas 3.

Magang atau PKL sendiri menjadi program wajib bagi siswa sebagai syarat awal selain mengikuti Ujian Nasional. Tujuan magang atau PKL untuk memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mempraktekkan langsung ilmu sesuai jurusannya di dunia kerja, baik itu perusahaan atau instansi pemerintah. Namun secara garis besar, magang atau PKL yang harus diikuti agar siswa SMK mendapat gambaran di dunia kerja sesuai jurusannya.

Selain itu, magang atau PKL ditujukan agar setiap siswa SMK menjadi lulusan yang terlatih dengan keterampilan sesuai jurusannya. Melalui magang atau PKL, siswa SMK akan lebih kreatif dan mendapat pengalaman sebagai bekal ketika berada di dunia kerja.

Umumnya, siswa akan ditempatkan magang di perusahaan atau instansi pemerintah yang dipilihkan oleh sekolah sehingga sesuai dengan jurusannya. Namun, tak jarang beberapa sekolah membebaskan siswanya untuk mencari dan menentukan tempat magang sendiri.

Bebas dalam memilih tempat magang, sayangnya justru menjadi problem bagi siswa. Tak sedikit siswa yang terpaksa magang atau PKL di tempat tidak sesuai dengan jurusannya. Hal ini disebabkan sulitnya bagi siswa SMK menemukan tempat magang atau PKL yang sesuai dengan jurusannya. Alhasil, siswa tidak bisa mempraktekkan ilmunya sesuai jurusan.

Masalah ini sulitnya menemukan tempat magang atau PKL yang sesuai jurusan sering dihadapi siswa SMK, termasuk siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Tak hanya sulit menemukan tempat magang atau PKL, siswa juga sering tidak diberi kesempatan untuk mempratikkan ilmunya karena dibimbing oleh instruktur yang tidak memahami pekerjaan sesuai jurusan siswa magang tersebut.

Sehingga, siswa magang jurusan Desain Komunikasi Visual kerap diberdayakan untuk mengerjakan hal-hal yang sepele dan tidak sesuai dengan jurusannya, seperti memfotokopi dokumen atau membeli keperluan perusahaan.

Padahal, siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual ketika magang atau PKL seharusnya mempraktikkan ilmunya yakni terkait bagaimana menggunakan kreativitas, teknik serta media yang memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan. Selain itu, siswa magang jurusan Desain Komunikasi Visual seharusnya dibimbing untuk menggunakan teknologi digital dalam memadukan seni agar tersampainya pesan untuk tujuan tertentu.

Tapi, kenyataan seringkali siswa magang jurusan Desain Komunikasi Visual malah dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan jurusan yang selama ini dipelajari di sekolah.

Nah, sekarang siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual tidak perlu khawatir lagi akan kesulitan mencari dan menentukan tempat magang yang sesuai jurusan. Di Pekanbaru, kamu bisa magang di Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang sejak tahun 2013 bergerak di bidang IT Software Development yang sangat mendukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat magang bagi siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual.

Hingga saat ini, Garuda Cyber Indonesia telah mendukung program magang atau PKL baik di tingkat SMK maupun universitas. Garuda Cyber Indonesia membuka peluang bagi siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual untuk dapat mempraktekkan ilmunya di dunia kerja. Siswa jurusan Desain Komunikasi Visual yang magang di Garuda Cyber Indonesia akan dilatih untuk bekerja di dunia kerja sesuai jurusannya di bawah bimbingan instruktur muda yang berpengalaman di bidang Desain Komunikasi Visual.

Bagaimana? Tertarik magang atau PKL di Garuda Cyber Indonesia? Caranya mudah saja, kamu hanya diharuskan untuk memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Syarat yang harus dipersiapkan untuk magang di Garuda Cyber Indonesia, kamu harus mempersiapkan surat rekomendasi dari sekolah hingga Curriculum Vitae untuk kemudian dikirim melalui email [email protected].

Di Garuda Cyber Indonesia kamu akan mendapat pengalaman magang yang mengasah kemampuan sesuai jurusan kamu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi kantor Garuda Cyber Indonesia di Jalan HR. Soebrantas No. 188 Panam, Kota Pekanbaru.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia