Manfaat Teknologi Aplikasi HR Untuk Membantu Manajemen Perusahaan

Manfaat Teknologi Aplikasi HR Untuk Membantu Manajemen Perusahaan

  2019-03-06 16:57:10     Ulti Desi Arni     Dibaca 19 kali

Seorang Human Resource (HR) perusahaan tentu saja memiliki banyak tugas dan pekerjaan yang beragam yang harus diselesaikan dalam waktu yang sangat relatif singkat.  Seorang HR perusahaan memiliki peran penting dalam memanajemen perusahaan, karena pekerjaan seorang HR mencakup mulai dari merekrut karyawan, menghitung gaji dan proses penggajian, cuti, penilaian kinerja karyawan dan tugas yang berkaitan dengan manajemen perusahaan lainnya.

Pekerjaan seorang HRD baik administrasi dan manajemen perusahaan merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan karena membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Apabila karyawan perusahaan masih dalam jumlah sedikit mungkin tidak terlalu merepotkan, namun akan berbeda ceritanya jika jumlah karyawan yang banyak.

Sebenarnya banyak HR perusahaan yang mengalami permasalahan dalam manajemen HR perusahaan, terutama perusahaan yang masih menggunakan cara manual tanpa adanya bantuan teknologi. Banyaknya tanggung jawab dan beban seorang HR tentu saja harus membutuhkan bantuan yang bisa membantu dalam memanajemen perusahaan.

Teknologi kini hadir dalam memberikan kemudahan untuk pekerjaan HR perusahaan, dimana dengan bantuan teknologi tentu saja akan meningkatkan efesiensi kerja, keakuratan data serta bisa meningkatkan disiplin para karyawan. Salah satu teknologi yang bisa digunakan dalam memanajemen perusahaan untuk membantu HRD yaitu Aplikasi HRM perusahaan.

Adapun manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan menggunakan teknologi ini adalah :

  1. Data karyawan akan terintegrasi dengan data master

Dengan menggunakan Aplikasi HRM ini maka semua data yang terkait dengan karyawan akan terintegrasi untuk kebutuhan setiap dokumen, selain itu juga untuk kebutuhan user sesuai tingkatan. Tentu saja dalam aplikasi ini semua data karyawan akan dibedakan, apakah karyawan tetap atau kontrak.

Dalam aplikasi HRM akan mencatat semua data pribadi karyawan yang lengkap di dalamnya mulai dari informasi kontak, jabatan, nomor rekening, tunjangan dan informasi lainnya sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pihak yang berwenang seperti pimpinan bisa langsung melihatnya. Selain itu dalam aplikasi ini juga akan menampilkan pencapaian hasil kerja atau kinerja karyawan dan tingkat kehadiran karyawan. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan ketika membutuhkan sebuah laporan tidak perlu repot lagi dalam mengisi data karyawan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Manajemen Karyawan dan Perusahaan di Pekanbaru

  1. Pencatatan transaksi karyawan terintegrasi

Selama waktu satu bulan bekerja tentu saja ada karyawan yang berinteraksi dan melakukan transaksi baik itu pengambilan cuti, izin atau perjalanan dinas termasuk juga catatan jobdesk atau daily aktivitas di kantor. Pencatatan transaksi seperti itu sangatlah penting, dan tentu saja sangat menghabiskan waktu jika dicatat secara manual. Namun hal itu akan menjadi cerita yang berbeda jika menggunakan Aplikasi HRM perusahaan, semua transaksi tersebut bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Karena data yang saling terintegrasi akan sehingga karyawan bisa mencatat setiap transaksi yang dilakukannya dan HRD hanya cukup meng-approve transaksi tersebut. selain itu, dalam membuat laporan bulanan akan jauh lebih mudah dan cepat dengan bantuan aplikasi ini.

  1. Penilaian disiplin karyawan lebih akurat

Berbicara mengenai disiplinnya seorang karyawan tentu saja ada kaitannya dengan produktifitas dan kinerja dari seorang karyawan tersebut. Baik itu waktu hadir, pulangnya dan melakukan pekerjaan apakah sesuai deadline atau tidak akan juga menjadi penilaian apakah karyawan tersebut disiplin atau tidak. Tugas seorang HR perusahaan adalah memonitoring dalam hal tersebut, dan seorang HR haruslah mencatat semua hal tersebut dengan rapi dan benar. Berkat bantuan dari Aplikasi HRM Perusahaan ini tentu saja hal tersebut menjadi mudah, karena ada absensi karyawan yang sudah terintegrasi dengan data master begitu juga dengan progres pekerjaan yang dilakukan karyawan bisa dipantau hanya dengan sebuah aplikasi yaitu HRM perusahaan. Selain itu dengan adanya aplikasi ini tentu saja akan dapat meningkatkan disiplin karyawan perusahaan karena bisa dipantau secara langsung.

  1. Menghitung gaji dan cuti karyawan lebih mudah

Menghitung gaji karyawan bisa dikatakan hal yang sangat penting dan juga sensitif. Dalam melakukan perhitungan gaji akan membutuhkan waktu yang sangat lama jika masih dilakukan secara manual, terlebih lagi jika jumlah karyawan perusahaan itu sangat banyak. Dengan menggunakan aplikasi HRM perusahaan akan membantu HR perusahaan dalam menghitung gaji lebih cepat dan akurat tentunya.

Selain itu, dengan adanya bantuan dari aplikasi HRM perusahaan ini akan membantu karyawan dalam mengatur waktu cuti dan HR bisa segera mengambil tindakan jika ada karyawan yang mengajukan cuti.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam menggunakan Aplikasi HRM Perusahaan. Aplikasi HRM itu bisa didapatkan dari Garuda Cyber Indonesia. Saat ini sudah banyak perusahaan yang bermitra dan memberikan kepercayaan kepada Garuda Cyber dengan menggunakan Aplikasi HRM dari Garuda Cyber. Kini saatnya perusahaan Anda beralih dari cara manual dan memanfaatkan Aplikasi HRM perusahaan dari Garuda Cyber untuk memanajemen perusahaan Anda.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia