Manfaat Komunikasi Daring dalam Perdagangan

Manfaat Komunikasi Daring dalam Perdagangan

  2019-03-05 16:56:03     Ulti Desi Arni     Dibaca 17 kali

Hadirnya teknologi telah banyak mengubah cara kerja manusia, yang sebelumnya manual dapat dilakukan secara cepat dan efisien dengan bantuan teknologi. Tak hanya teknologi, kecepatan internet juga sudah memudahkan setiap kegiatan manusia.

Teknologi dan internet juga terbukti telah mempengaruhi cara berkomunikasi manusia yang sangat membutuhkan interaksi sosial. Dahulu, seseorang harus menggunakan jasa Pak Pos untuk sekedar berkirim kabar untuk keluarga yang jauh. Namun, kini cukup menggunakan jaringan internet setiap orang dapat terhubung dan berkomunikasi meski berada dalam jarak jauh dan waktu yang berbeda.

Adanya internet memudahkan setiap orang untuk berkirim dan berbagi informasi, terlebih lagi internet dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Komunikasi yang membutuhkan jaringan internet atau dikenal komunikasi dalam jaringan (daring) ini kini telah populer dan dipilih sebagai sarana dalam berkomunikasi. Bahkan, dengan adanya komunikasi daring setiap orang dapat terhubung dan bertatap muka layaknya komunikasi secara langsung. 

Tapi tahukah kamu? Komunikasi daring ternyata tak hanya memudahkan dalam interaksi sosial namun juga memberikan manfaat dalam perdagangan atau dunia bisnis.

Dalam perdagangan, komunikasi daring menjadi bentuk komunikasi baru yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi dagang meski dalam jarak yang sangat jauh. Selain itu, komunikasi daring tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertatap muka terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Jadi, pembeli tidak perlu lagi mendatangi toko jika ingin membeli produk yang diinginkan.

Selain itu, lantas apa saja manfaat lainnya dari komunikasi daring dalam perdagangan?

Jika dilihat dari pengertiannya, komunikasi daring merupakan kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan yang menggunakan jaringan internet. Komunikasi daring mencakup kegiatan menulis, membaca dan komunikasi lainnya.

Komunikasi daring dilakukan biasanya

Saat ini, komunikasi daring menjadi pilihan para pelaku usaha untuk tetap terhubung dengan konsumennya. Dengan adanya hubungan komunikasi yang terbangun, maka para pelaku usaha dapat mengetahui keinginan konsumen dengan mudah.

Komunikasi daring seakan menghilangkan batas antara pembeli dan penjual. Bagaimana tidak? Ketika pembeli tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan penjual di bisnis daring, pembeli cukup mengetik pesan atau melakukan panggilan telepon kepada penjual sesuai aturan yang diterapkan penjual.

Jika pesanan sudah diterima penjual, pembeli hanya perlu melakukan pengiriman biaya yang harus dibayarkan dengan cara transfer ke rekening penjual dan kemudian barang yang diinginkan pembeli akan sampai sesuai dengan waktu yang telah disepakati dalam komunikasi daring.

Tak hanya itu, komunikasi daring dalam perdagangan dapat membuat penjual tetap terhubung dengan konsumen melalui komunitas atau grup yang dibentuk. Dengan adanya berbagai aplikasi yang mendukung komunikasi daring saat ini sangat mudah bagi penjual untuk membentuk grup chatting dengan konsumen.

Adanya grup dalam komunikasi daring akan memudahkan penjual untuk mempertahankan konsumennya agar selalu membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ia pasarkan. Bahkan, komunikasi daring juga memudahkan penjual menawarkan produk barunya kepada konsumen melalui grup yang sudah dibentuk. Jadi, konsumen akan dengan mudah pula mengetahui produk terbaru dan tidak menutup kemungkinan juga konsumen selalu menantikan update dari produk kamu.

Bagi pembeli, komunikasi daring memudahkan dalam melakukan pemesanan dan memperoleh produk yang diinginkan tanpa harus mendatangi toko 

Di Indonesia sendiri, komunikasi daring telah banyak digunakan untuk menunjang perkembangan suatu bisnis atau perdagangan, mulai dari bisnis online, transportasi online, hingga startup. Komunikasi daring dianggap efektif untuk memperluas pasar dan memudahkan masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan 

Manfaat komunikasi daring dalam perdagangan juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan pedagang terhubung dengan konsumen. Selain itu, saat ini telah banyak pula bermunculan platform-platform atau media sosial yang memberikan fitur-fitur untuk mendukung proses jual beli dalam perdagangan.

Kemudian, komunikasi daring dalam perdagangan juga dapat membantu pedagang dalam menekan angka pengeluaran dan meningkatkan keuntungan. Sebab, komunikasi daring dilakukan secara gratis yang hanya membutuhkan jaringan internet untuk menghubungkan antara pedagang dan pembelinya.

Bagaimana? Kamu tertarik menerapkan komunikasi daring dengan segala manfaatnya dalam perdagangan?

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia