Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Banyak sekali istilah-istilah yang ada pada komputer seperti software, hardware dan brainware. Ketiga kata ini saling memiliki hubungan yang tidak bisa terpisahkan. Mungkin dari sebagian kita sudah paham dan jelas perbedaan software, hardware dan brainware ini. Namun untuk yang masih belum tahu perbedaan berikut akan kita bahas perbedaan dari hardware, software dan brainware secara umum.

Hardware

Dari katanya kita bisa artikan bahwa hardware adalah benda keras ada terlihat. Hardware ini merupakan komponen-komponen fisik dari komputer atau wujudnya bisa kita sentuh. Hardware ini secara keseluruhan tidak hanya printer, mouse atau monitor saja namun seluruh komponen yang ada di dalam komputer yang tertutupi oleh casing komputer seperti motherboard, CPU, kipas dan lain sebagainya.

Secara umum hardware itu terdiri dari 4 komponen utama

  1. Input

Komponen input adalah perangkat yang memiliki fungsi sebagai inputan atau yang menginputkan data atau informasi ke dalam sistem komputer. Perangkat input komputer biasanya berupa mouse, keyboard , joystik dan alat input lainnya.

  1. Output

Sedangkan perangkat output adalah alat yang bisa menampilkan data atau informasi hasil inputan. Contoh dari perangkat output adalah monitor, speaker dan printer.

  1. Proses

Perangkat proses merupakan perangkat yang memproses informasi yang diinput dan menampilkan informasi kembali informasi tersebut sebagai output. Perangkat proses yaitu motherboard, RAM, ROM, CPU dan sound card.

  1. Strorage

Storage adalah alat yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data atau informasi yang telah kita inputkan ke dalam sistem komputer. Ibarat kata saat kita melakukan penyimpanan data ke dalam komputer dan suatu saat kita ingin membuka data tersebut kembali tentu saja kita membutuhkan alat untuk menyimpannya yaitu storage. Storage ini bisa berupa flashdisk, harddisk, disket dan alat penyimpanan lainnya.

Software

Software merupakan perangkat lunak yang berbentuk suatu program yang memberikan instruksi computer untuk mengoperasikan suatu perintah atau tugas-tugas yang telah diperintahkan melalui perangkat keras seperti keyboard atau mouse. Komputer tanpa software maka hanya sebuah benda yang tidak ada gunanya. Pada dasarnya software itu terbagi 2, yaitu :

  1. software system
  2. software aplikasi

Brainware

Berbeda dengan hardware dan software kata brainware mungkin sedikit awam kita dengar dan bisa dikatakan jarang sekali kita mendengar kata brainware. Kata brainware ini digunakan pada istilah komputer ditujukan untuk pengguna atau orang yang mengoperasikan komputer. Meskipun komputer sangat bagus dan canggih baik itu dari segi hardware maupun hardware tanpa adanya barainware tentu saja komputer tersebut tidak beroperasi dan fungsi dari hardware dan software pun tidak berjalan secara baik.

Untuk brainware itu sendiri memiliki beberapa golongan yaitu :

  1. Analis

Tugas seorang analis ini adalah orang yang memiliki tanggung jawab dalam merencanakan, menentukan serta merekomendasikan software yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan bisnisnya. Seorang analis tentu saja harus memiliki analisa yang tinggi terhadap software dan hardware, selain itu juga harus memiliki keahlian dasar teknikal, manajerial dan interpersonal.

  1. Programmer

Programmer adalah seseorang yang ahli dalam bahasa pemrograman, sehingga seorang programmer bisa membangun software atau program komputer yang dibutuhkan.

  1. Administrator

Administrator merupakan orang yang mempunyai tanggung jawab dalam mengatur dan mengendalikan program komputer serta jaringan komputer.

  1. Operator

Operator adalah orang yang mengoperasikan komputer atau biasa disebut juga sebagai user. Operator hanya bisa menjalankan aplikasi komputer yang diperbolehkan oleh administrator.

  1. Teknisi

Teknisi adalah orang yang bertanggung jawab memelihara komponen hardware serta memperbaiki jika ada kerusakan hardware dalam sistem komputer.

Itulah perbedaan dari software, hardware dan brainware. Perlu diingat bahwa ketiga kata atau istilah ini tentulah memiliki hubungan dan kaitan yang sangat erat alias saling ketergantungan.

 

#GarudaCyber23Mei

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...