WhatsApp-Button
Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

  2019-05-23 15:40:05     Ulti Desi Arni     Dibaca 79 kali

Mungkin sebagian dari kita tidak asing lagi dengan kata internet maupun intranet. Sekilas dua kata ini terlihat sama namun tahukah kamu kedua kata ini memiliki pengertian dan kegunaan yang berbeda. Untuk kata internet sendiri itu menggunakan kata “inter” yang memiliki arti yakni antar atau diantara sedangkan intranet menggunakan kata “intra” yang artinya di dalam. Sehingga tentu saja dari dua kata ini sudah sedikit terlihat perbedaan internet dan internet tersebut.

Namun apa definisi dari internet dan intranet itu? apa perbedaannya? Berikut kita ulas.

Pengertian Internet

Internet ini merupakan sistem global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer di dunia dan jaringan komputer tersebut mempunyai serta menggunakan TCP/IP (Internet protocol) yang valid. Untuk internet itu sendiri terdiri dari beberapa macam jaringan seperti jaringan publik, jaringan private, jaringan bisnis, jaringan akademik serta jaringan pemerintah. Internet itu sendiri dapat dihubungkan dengan teknologi optical, wireless ataupun teknologi elektronik.

Setiap orang bisa mengakses dan mengunggah semua informasi yang beredar di internet karena bersifat bebas. Namun setiap aturan pemerintah setia negara tentu saja memiliki batasan dalam penggunaan internet.

Pengertian Intranet

Berbeda dengan internet yang bisa diakses oleh siapa saja, intranet hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja. Pada dasarnya komputer dalam jaringan intranet juga memiliki IP unik yang setiap IP tersebut sudah terdaftar sehingga jika ada IP asing yang berusaha mengakses maka komputer tersebut akan ditolak aksesnya.

Informasi yang menggunakan jaringan intranet kita contohkan sistem informasi atau data sebuah perusahaan. Data dan sistem informasi tersebut hanya bisa diakses oleh karyawan perusahaan yang bersangkutan saja.

Jika kita bandingkan kecepatan akses, intranet tentu saja memiliki kecepatan yang lebih bila dibandingkan dengan internet karena data tersimpan secara lokal dalam server perusahaan, dan tidak tersebar luas seperti internet.

Bisa dikatakan intranet adalah jaringan yang aman digunakan oleh perusahaan untuk berbagi file dan folder karena hanya dibatasi dalam perusahaan tersebut.

Perbedaan Internet dan Intranet

Berdasarkan definisi di atas mungkin kita sudah tahu apa perbedaan dari internet dan intranet. Namun, berikut beberapa perbedaan yang paling utama dan mendasar dari internet dan intranet :

  1. Seperti yang kita bahas diatas bahwa internet menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia dan bisa diakses dengan bebas. Sedangkan intranet bersifat lokal yang menghubungkan beberapa komputer seperti yang kita contohkan komputer dalam sebuah perusahaan.
  2. Intranet adalah bagian dari internet namun internet bukan bagian dari intranet.
  3. Internet bisa diakses oleh siapa saja dengan bebas, sedangkan intranet hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu yang sudah terdaftar dalam jaringan intranet tersebut karena untuk bisa mengakses pengguna harus melakukan login terlebih dahulu.
  4. Karena aksesibilitasnya yang luas sehingga internet bisa dikatakan sangat rapun karena banyak yang mengaksesnya dengan bebas. Tidak menutup kemungkinan informasi yang kita kirim melalui internet akan bocor ke pihak lain berbeda dengan intranet. Intranet keamanan jaringannya lebih kuat karena aksesnya yang terbatas.
  5. Jumlah user yang mengakses intranet terbatas oleh perusahaan, sedangkan internet bebas tanpa batas.
  6. Pada jaringan internet kontennya terdiri dari beragam jenis yang berasal dari sumber berbeda. Konten yang ada pada jaringan internetpun tersedia untuk siapa saja yang menginginkan, dan siapa saja juga boleh menshare konten yang dibuatnya. Sedangkan intranet, konten yang ada di dalamnya hanya konten yang sepesifik dan untuk kepentingan perusahaan.
  7. Intranet adalah jaringan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu sedangkan internet tidak dimiliki oleh siapapun, sehingga jaringan internet dikenal dengan jaringan publik sedangkan intranet adalah jaringan private.
  8. Untuk jaringan intranet hanya bisa menggunakan teknologi LAN atau WAN sedangkan internet bisa menggunakan berbagai macam jaringan seperti optic, wireless atau lainnya.

Dapat kita simpulkan bahwa internet bisa di akses oleh siapa saja dari seluruh dunia, sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah terdaftar dan memiliki hak akses yang telah diverifikasi oleh host server.

 

#GarudaCyber23Mei


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia