WhatsApp-Button
Konsep dan Cara Kerja SEO

Konsep dan Cara Kerja SEO

  2019-05-22 15:42:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 76 kali

Saat ini perkembangan internet sudah semakin luas sehingga fungsinya pun semakin beragam dan salah satu fungsi dari internet yaitu bisa digunakan untuk berbisnis secara online. Saat ini banyak pelaku bisnis berlomba-lomba dalam menunjukkan eksistensi bisnis yang dimilikinya melalui sebuah web agar bisa dikenal oleh banyak khalayak.

Bisa kita lihat saat ini persaingan bisnis di dunia maya atau internet sangat panas, dan kehadiran search engine menjadi salah satu solusi bagi pelaku bisnis yang menggunakan website agar mudah ditemukan. Tidak hanya cukup muncul saat pencarian saja, persaingan bisnis berlanjut  karena listing web di search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemenangan yaitu bagaimana caranya agar saat melakukan pencarian SEO website berada pada halaman pertama.

Karena sebagai pencari informasi dengan banyak list halaman yang ada saat kita memasukan sebuah keyword tentu saja kita hanya memprioritaskan pada yang pertama kali kita lihat. Sehingga hal tersebut juga menjadi prioritas pelaku bisnis agar situs website bisnisnya bisa berada pada halaman pertama sehingga itu akan memaksimalkan kemungkinan traffic pengunjung meningkat pula.

Apabila situs website kita memiliki SEO yang bagus sebenarnya ada dampak positif terhadap website kita seperti :

  1. Rangking dan Traffic

Karena peringkat yang baik maka besarnya kemungkinan traffic pengunjung dari search engine.

  1. Brand Awareness

SEO mampu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu produk, perusahaan atau web berdasarkan kategori tertentu. Meskipun pada tingkat penjualan awalnya tidak berefek, namun dengan brand awareness bisa dijadikan tolak ukur eksistensi bisnis di mata publik. Publik akan bisa mengenal lebih baik mengenai produk, perusahaan atau web yang kita miliki. Hingga akhirnya akan menemukan selling point yang tepat untuk meningkatkan jumlah penjualan serta daya jual produk atau jasa yang dimiliki meskipun membutuhkan waktu dan proses.

  1. Visibilitas dan Otoritas

Apabila kamu menggunakan praktek SEO yang baik dan sehat maka SEO akan memungkinkan web kamu memiliki visibilitas dan otoritas di search engine dan juga pada dunia internet untuk jangka waktu yang lebih panjang. Berbeda jika anda menggunakan cara butuk seperti keyword stuffing, cloaking, spamming dan praktik-praktik blackhat SEO lainnya justru akan merusak website kita.

  1. Revenue atau ROI Tinggi

Hasil investasi atau ROI tentu saja akan jauh lebih besar jika menggunakan kampanye SEO dengan baik dan efesien bila dibandingkan dengan marketing konvensional. Pada dasarnya kita tidak membutuhkan dana apapun untuk SEO ini, namun beda hal jika menggunakan jasa SEO

Memahami prinsip dan cara kerja search engine bisa dikatakan adalah awal yang baik untuk bisa menguasai SEO lebih jauh. Saat orang lain melakukan pencarian di google maka hasilnya akan dapat keluar sesuai dengan keyword yang diinginkan. Maka, menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara google bisa menemukan halaman website tersebut dan bagaimana pula cara google mengurutkan list untuk hasil pencarian tersebut?

Kita bisa mengumpamakan google sebagai buku besar yang mempunyai index lengkap, mudah digunakan serta mudah dicari. Ketika kita hendak melakukan pencarian maka google akan mengecek index yang dimilikinya kemudian hasil yang relevan dan cocok akan disusun sesuai dengan apa yang dicari.

Setidaknya ada tiga konsep yang memungkinkan google bisa melakukan hal tersebut :

  1. Crawling (Perayapan)

Crawling atau perayapan ini merupakan proses google boot atau bot spider yang mencari halaman-halaman baru atau halaman yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks  google.  Untuk mengambil miliaran halaman web tersebut menggunakan beberapa set komputer dengan memasukan program googlebot di dalamnya. Menggunakan algoritma yang dirancang untuk googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dalam menentukan situs atau halaman web mana yang akan dirayapi.

Proses ini dimulai dari list URL halaman web yang diperoleh dari proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap yang didaftarkan oleh webmaster. Saat google boot mengunjungi setiap halaman website, dia akan menemukan link-link baru untuk dijadikan rujukan dan ditambahkan ke halaman index untuk dilakukan proses crawling selanjutnya. Sedangkan perubahan yang ada pada halaman website dan link-link yang mati atau rusak menjadi referensi untuk mengupadate indeks dengan hasil tertentu.

Untuk meningkatkan performa dan proses Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus, karena setiap saatnya halaman web terus berkembang sehingga bertambah jugalah halaman web yang harus di crawling.

Letak mesin-mesin yang mendistribusikan googlebot tersebut tersebar di beberapa titik server. Dengan tujuan proses crawling sebuah website cepat dilakukan melalui server yang dekat dengan website tersebut.

  1. Indexing

Setiap halaman yang sudah di cowling atau perayapan kemudian Googlebot memproses halaman tersebut untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca serta lokasi yang ditemukan  e dalam index besar. Google memproses seluruh konten yang ditemukannya pada halaman web selain teks dan kata baik itu berupa tag script, namun googlebot tidak membaca dan memproses halaman dinamis dan tipe file rich content seperti flash atau frame.

  1. Serving/Delevering

Ketika seseorang user melakukan pencarian dan memasukan keyword maka mesin search engine akan mencari konten ke dalam index google dan menampilkan hasil pencarian. Hasil yang ditampilkan tersebut tentu saja hasil yang relevan menurut google setelah melakukan dua tahapan diatas. Semakin besar nomor urutan list maka semakin kecil relevansinya. Meskipun relevansi ini tidak hanya berdasarkan keyword tapi juga ada faktor lainnya yang salah satunya yaitu PageRank. Dimana Page Rank ini memiliki kaitan dengan SERP yang mengalami perubahan setiap harinya bahkan setiap jam. Selain itu juga ada faktor lain seperti struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.

 

#GarudaCyber23Mei


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia