WhatsApp-Button
Cara Jitu Jualan Online Melalui Instagram

Cara Jitu Jualan Online Melalui Instagram

  2019-02-20 16:31:48     Ulti Desi Arni     Dibaca 17 kali

Perkembangan teknologi yang kian pesat memudahkan setiap aktivitas manusia dari segala aspek, bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan teknologi untuk memperoleh keuntungan. Tak heran, jika saat ini para pelaku bisnis gencar mempromosikan produk atau jasanya melalui media sosial dengan membuka toko online atau online shop.

Tak hanya membuka toko dengan beberapa cabang di sejumlah kota besar, belakangan online shop juga menjadi strategi marketing yang sangat diminati para pelaku usaha dan dianggap efektif dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa.

Terlebih lagi, hadirnya online shop semakin memudahkan konsumen yang menginginkan cara praktis dalam berbelanja. Sebab itu, banyak pelaku usaha memanfaatkan media digital, salah satunya media sosial untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Salah satu media sosial yang tengah diminati sebagai strategi marketing produk atau jasa adalah Instagram. Instagram dianggap menjadi wadah yang efektif untuk menjajakan dan menawarkan produk, mengingat penggunanya saat ini terus mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Selain itu, Instagram mudah diakses dan fitur yang dihadirkan memudahkan para pelaku usaha untuk menawarkan dan mempromosikan produknya. Sebab itu, kian banyak yang memanfaatkan media sosial ini dalam strategi marketing produknya. Artinya, persaingan berjualan online di Instagram cukup ketat. Semakin banyak online shop yang hadir di Instagram, semakin banyak pula kompetitor atau pesaing.

Untuk itu, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dalam berjualan online di Instagram agar dapat menarik konsumen dan dagangan pun menjadi laris manis. Berikut Garuda Cyber jelaskan cara jitu dalam berjualan online di Instagram:

  1. Feed Instagram

Dari mata turun ke hati, menjadi ungkapan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menarik konsumen melalui online shop di Instagram. Untuk itu, tidak ada salahnya mengelola tampilan pada akun Instagram online shop kamu. Salah satunya dengan mempercantik kreasi foto atau feed Instagram kamu.

Unggah foto-foto yang dapat menarik konsumen dan tentunya berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan. Kemudian, sertakan caption atau keterangan foto yang informatif dan mudah dipahami. Agar online shop kamu mudah ditemukan, bubuhi hashtags (#) di akhir caption.

  1. Endorse

Saat ini endorse selebgram menjadi trik yang sangat diminati sebagai strategi marketing untuk online shop di Instagram. Promosi produk dengan membayar jasa endorse saat ini dinilai efektif untuk mempromosikan produk. Terlebih lagi, jasa endorse yang digunakan merupakan selebgram dengan popularitas dan memiliki banyak followers.

Untuk menggunakan jasa endorse memang dibutuhkan biaya yang biasanya tidak sedikit, namun cara ini dianggap ampuh dan terbukti mampu menggaet konsumen dan meningkatkan penjualan pada online shop.

  1. Kontes Berhadiah

Menggelar kompetisi atau kontes dan memberi tantangan pada Instagrammers juga menjadi strategi marketing yang dapat menarik konsumen. Agar kontes dapat menarik minat pengguna Instagram, sertakan hadiah untuk pemenang kontes yang diadakan online shop kamu. Misalnya, berhadiah produk online shop kamu atau voucher belanja. Selain untuk memperkenalkan serta mempromosikan online shop kamu, cara ini juga menjadi upaya branding awareness.

  1. Testimoni Konsumen

Biasanya, calon konsumen melakukan pertimbangan dengan melihat ulasan dari konsumen yang sudah membeli dan menggunakan produk dari online shop. Sebab itu, menampilkan testimoni dari konsumen yang puas dengan produk online shop kamu akan menjadi nilai tampah untuk online shop kamu. Sehingga, sangat penting untuk memprioritaskan kepuasan konsumen agar online shop kamu dapat bertahan di tengah persaingan online shop Instagram.

  1. Promo Menarik dan Kemudahan Konsumen

Trik jitu selanjutnya untuk sukses berjualan online di Instagram adalah dengan memberikan promo menarik saat momen-momen tertentu. Cara ini seringkali digunakan para pemilik toko online shop di Instagram untuk menarik konsumen.

Salah satunya saat momen akhir tahun, tahun baru, perayaan hari nasional atau perayaan keagamaan. Berikan penawaran menarik, misalnya dengan memberi diskon atau buy 1 get 1 free.

Selain itu, berikan pula kemudahan untuk konsumen agar menjadi pelanggan yang selalu berbelanja di online shop kamu. Misalnya, memberlakukan bebas ongkos kirim atau free ongkir untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu. Dengan adanya promo menarik dan kemudahan yang diberikan untuk konsumen akan menarik Instagrammers agar mempertimbangkan online shop kamu.

Menggunakan Instagram untuk berjualan online memang tidak dapat memberikan kepastian akan segera meraup keuntungan. Di awal, online shop memang sepi pembeli. Namun, dengan inovasi dan kreativitas serta ketekunan, kamu akan dapat meraih untung bahkan lebih dari target dari online shop kamu.

Selain itu, manfaatkan fitur yang disediakan Instagram semaksimal mungkin untuk menarik pembeli dan meraup keuntungan.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia