WhatsApp-Button
Cara Memblokir No Hp untuk Menghindari Panggilan Iseng

Cara Memblokir No Hp untuk Menghindari Panggilan Iseng

  2019-02-19 17:03:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 40 kali

Kehadiran teknologi memang sudah banyak memberikan dampak pada kehidupan manusia. Bahkan tak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap kegiatan yang dilakukan manusia dilakukan dengan bantuan dan dimudahkan oleh teknologi.

Salah satunya dalam berkomunikasi, teknologi memungkinkan setiap orang saling berbicara dalam jarak yang jauh. Sayangnya, hadirnya teknologi juga disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menguntungkan dirinya sendiri.

Kasus penyalahgunaan teknologi yang seringkali terjadi adalah penipuan dengan modus undian berhadiah yang dilakukan melalui telepon. Tak jarang pula, beberapa orang menggunakan telepon untuk melakukan panggilan iseng yang tentunya sangat mengganggu. Pasalnya, si penelepon seringkali memberikan kabar mengejutkan misalnya mengaku sebagai kerabat yang tengah mengalami kecelakaan.

Telepon ini tentu sangat mengganggu, terlebih lagi jika kerabat tersebut sedang tidak diketahui keberadaannya dan sulit dihubungi. Belum lagi, jika telepon tersebut bermaksud menipu hingga menimbulkan kerugian materil.

Kejadian ini harus dihindari, salah satunya dengan melakukan blokir nomor hp yang mengganggu agar berhenti menghubungi nomor kamu. Untuk itu, Garuda Cyber memberikan tips cara memblokir nomor hp untuk menghindari telepon iseng.

  1. Blokir Lewat Menu Kontak

Untuk hp android, sebenarnya blokir nomor hp dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi. Salah satunya memblokir melalui menu kontak. Caranya, terlebih dahulu kamu harus menyimpan nomor iseng yang sering mengganggu di kontak kamu. Kemudian, buka kontak tersebut dan pilih opsi details. Selanjutnya, pilih opsi block number untuk memblokir nomor hp iseng. Namun, cara memblokir nomor hp bisa berbeda di beberapa ponsel. Misalnya, kamu dapat melakukan pemblokiran nomor hp langsung di halaman kontak nomor iseng itu.

  1. Blokir Riwayat Panggilan

Blokir nomor hp juga bisa dilakukan melalui riwayat panggilan. Jadi, kamu tidak perlu menyimpan nomor hp iseng tersebut. Caranya, kamu hanya perlu mengklik nomor yang ingin kamu blokir di menu panggilan. Selanjutnya pilih opsi block number. Kemudian, nomor si penelepon iseng akan terblokir secara otomatis sehingga tidak bisa menghubungi atau mengirimi kamu pesan mengganggu lagi.

  1. Blokir Lewat Pesan

Tak hanya melalui menu panggilan, blokir nomor hp juga dapat dilakukan melalui menu pesan/messages. Pertama, kamu harus membuka menu pesan dan membuka pesan dari nomor iseng. Lalu, di pojok kanan atas kamu akan menemukan opsi block number. Setelah kamu klik block number, maka nomor iseng tersebut akan terblokir. Untuk diketahui, setiap ponsel memiliki pengaturan berbeda. Jadi, sebelum melakukan pemblokiran dengan cara ini sebaiknya periksa dahulu pengaturan pada ponsel kamu.

  1. Aplikasi Calls Blacklist

Cara keempat untuk memblokir nomor hp yang iseng adalah dengan bantuan aplikasi Calls Blacklist. Jangan khawatir, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 2,77 MB. Sehingga tidak akan memakan banyak ruang di ponsel kamu.

Caranya, setelah kamu mendownload dan memasang aplikasi Calls Blacklist, aplikasi tersebut aka meminta izin kamu untuk mengalihkan peraturan mesin telepon menggunakan aplikasi ini. Kemudian, kamu hanya perlu menyetujuinya dengan klik OK. Selanjutnya kamu bisa memblokir nomor hp iseng dengan meng-klik simbol + yang ada di pojok kanan bawah. Setelah itu, kamu pilih dari mana kamu akan mengambil nomor iseng itu.

Misalnya melalui opsi from calls log jika nomor hp iseng itu belum kamu simpan. Lalu, pilih dan centang nomor yang akan kamu blokir. Setelah itu, secara otomatis nomor hp iseng itu akan terblokir. Blokir nomor hp juga bisa dibatalkan dengan cara meng-klik lama pada nomor dan klik delete.

  1. Aplikasi Call Control #1 Call Blocker

Blokir nomor hp yang iseng selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Call Control dari Call Control LLC. Namun, aplikasi Call Control ini memiliki ukuran yang lebih besar dari aplikasi sebelumnya, yakni mencapai 11 MB.

Seperti aplikasi sebelumnya, kamu harus klik allow atau izinkan setelah kamu mendownload dan memasang aplikasi Call Control ini. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti prosedur  maka nomor hp iseng akan terblokir. Menariknya, aplikasi Call Control ini dapat menemukan identitas dari si penelepon asing yang terus mengganggu kamu.

Melakukan pemblokiran nomor hp iseng yang mengganggu sangat penting dilakukan untuk menghindari kejahatan. Selain itu, jika kamu merasa sudah sangat tidak nyaman tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari pihak berwajib.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia