WhatsApp-Button
Tips Ampuh Mengembangkan Bisnis Online Shop

Tips Ampuh Mengembangkan Bisnis Online Shop

  2019-02-13 17:02:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 63 kali

Di era serba digital ini dimana banyak teknologi dan media sosial yang bermunculan, bisnis online kini sudah tidak bisa diremehkan lagi keberadaannya. Banyak orang yang memilih dan mencoba peruntungan dengan bisnis online ini, pasalnya bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal besar serta tempat dan waktu kerja bisa fleksibel.

Meskipun bisnis ini termasuk kategori yang cukup mudah dilakukan, bukan berarti pelaku bisnis bisa dengan mudah meraup keuntungan. Alih-alih mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan kerja minimal, namun sebagian dari pelaku bisnis justru gagal dan mengalami banyak kerugian

Terlebih lagi para pelaku bisnis pemulai, ia harus memiliki strategi dan perencanaan yang matang agar bisnisnya bisa bersaing dengan pelaku bisnis yang berpengalaman dan bisa berjalan baik serta berkembang.

Sebelum kita membahas bagaimana cara ampuh untuk mengembangkan bisnis online, akan lebih baik terlebih dahulu kita mengetahui apa yang menyebabkan bisnis online bisa mengalami kegagalan.

1. Rumit dan Tidak Teratur

Dalam mempromosikan produk haruslah membuat situs yang digunakan sebagai media semenarik dan seunik mungkin agar pengguna tidak cepat merasa bosan dalam mengunjungi toko kamu. Meskipun demikian bukan berarti dalam situs kamu harus memiliki banyak konten yang membuat situs kamu malah terlihat penuh dan tidak teratur. Hal ini akan membuat para pengunjung situs toko kamu merasa bingung dan memilih untuk keluar.

Kamu harus mengusahakan sebisa mungkin membuat konten yang simple namun tetap memiliki kesan menarik dan unik. Hindari memasukan iklan yang terlalu banyak, gambar, video atau audio secara bersamaan. Untuk menghindari hal itu kamu bisa melakukan postingan ke situs bisnis online kamu secara berkala dan menghapus konten yang tidak perlu.

2. Terlalu Umum

Dalam membuat situs toko online atau toko online melalui media sosial kamu harus bisa membuatnya seunik mungkin namun tetap harus disesuaikan dengan produk yang ingin dipasarkan.

Misalnya, kamu ingin membuat situs untuk online shop dimana produk yang ingin kamu jual adalah gamis syar'i. Maka buatlah situs itu menjadi tampilan yang terlihat lebih manis dan diminati target pasar kamu.

3. Fokus Pada Produk

Saat ini masih banyak toko online atau situs yang digunakan untuk memasarkan produk hanya lebih berfokus pada profil perusahaan dibandingkan dengan produk yang ingin dipasarkan. Nah, seharusnya  dalam melakukan marketing produk lebih baik memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang dijual, pasalnya banyak pengunjung merasa bosan dan jenuh dengan profil perusahaan.

Nah, itu adalah beberapa penyebab dari bisnis online gagal dan bangkrut. Agar kita tidak mengalami hal yang sama tentu saja kita harus mencari solusi. Berikut tips-tips yang harus dilakukan agar bisnis online berkembang.

  1. Menentukan Media yang Tepat untuk Promosi

Sosial media bisa dijadikan salah satu wadah yang tepat untuk kita memulai dalam mempromosikan produk yang dimiliki. Apalagi kehadiran media sosial saat ini sudah banyak, dan rata-rata pengguna teknologi juga menggunakan yang namanya media sosial. Misalnya sosial media yang bisa digunakan adalah instagram, facebook, twitter dan media lainnya.

Selain media sosial mudah dalam melakukan promosi, media sosial seperti instagram, facebook dan twitter adalah paling banyak penggunanya khususnya di Indonesia. Selain menggunakan media sosial, kita juga bisa menggunakan website atau blog untuk mempromosikan produk yang kita jual.

  1. Respon yang Cepat

Dalam bisnis online keaktifan atau pelayanan yang diberikan oleh pemilik toko online juga memiliki pengaruh dalam menentukan perkembangan bisnis online. Apabila pemilik bisnis online tidak  aktif dalam menggunakan media sosial yang dimanfaatkan sebagai tempat promosi tentu saja itu adalah hal yang sangat sia-sia.

Kita contohkan kasus sederhananya ketika calon pelanggan bertanya melalui kolom komentar namun selaku pemilik kamu tidak aktif membalasnya. Slow respon tentu saja akan membuat orang atau calon konsumen enggan untuk mengontak kamu untuk info lebih lanjut, karena kamu akan dicap lama dalam memberikan respon.

  1. Harga yang Kompetitif

Dalam setiap bisnis baik itu bisnis online tentulah tujuan kita untuk mendapatkan keuntungan. Namun harus kamu ingat bahwa jangan kamu jadikan keuntungan adalah patokan utama dalam memulai bisnis dengan cara memberikan harga yang tinggi terhadap produk yang kamu jual.

Kamu harus mengecek dan memastikan harga yang sesuai dengan evaluasi pasar (target pasar) dan tentunya harus sesuai dengan kualitas yang ada pada produk kamu. kamu harus menetapkan harga yang relevan atau sesuai dan penting memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia