Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas   

Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas  

  2019-02-11 16:49:38     Ulti Desi Arni     Dibaca 29 kali

 

Kehadiran teknologi telah banyak mengubah cara kerja manusia. Bahkan, hampir seluruh kegiatan dan pekerjaan manusia tidak terlepas dari bantuan teknologi. Sebelumnya segala sesuatunya dilakukan secara manual, dan kini segalanya telah dimudahkan oleh teknologi.

Salah satu teknologi yang memudahkan pekerjaan adalah komputer. Seiring perkembangannya, komputer pun hadir dalam bentuk praktis, yakni laptop yang bisa dibawa kemana saja. Laptop memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia terkait pengolahan serta pembuatan sebuah dokumen atau sekedar membantu anak dan mahasiswa mengerjakan tugasnya.

Namun, adakalanya pula laptop justru mengganggu atau memperlambat pekerjaan kamu. Masalah yang seringkali terjadi pada laptop yakni menjadi melambat atau lemot dan cepat panas. Untuk itu, tentu dibutuhkan perawatan agar laptop berfungsi dengan baik. Lantas, apa yang menyebabkan laptop menjadi lemot dan cepat panas?

  1. Virus (Malware)

Malware atau yang kita kenal sebagai virus, adalah masalah yang seringkali menyerang perangkat komputer dan laptop. Penyebaran virus dapat terjadi ketika membuka website atau situs yang justru tidak sehat. Terkadang, virus juga berasal dari file yang di download ataupun di transfer ke laptop. Virus yang telah menyebar akan menyebabkan laptop atau perangkat komputer bekerja ekstra. Alhasil, laptop jadi melambat atau lemot hingga cepat panas.

Sebab itu, sebaiknya lengkapi laptop atau perangkat komputer kamu dengan anti virus untuk melindungi laptop kamu. Selain itu, jangan mendownload file di website yang tidak jelas agar terhindar dari virus.

  1. Startup Programs

Penyebab laptop atau perangkap komputer lemot hingga cepat panas selanjutnya karena adanya program yang berjalan saat start atau startup programs. Program yang berjalan ketika laptop baru saja dinyalakan akan membuat laptop atau perangkat komputer kamu harus bekerja lebih keras. Artinya, semakin banyak program yang berjalan saat itu, semakin keras pula laptop kamu bekerja. Dengan begitu, suhu pada laptop pun akan meningkat dengan cepat. Laptop dan komputer kamu pun menjadi panas.

  1. RAM

Random Access Memory, yang disingkat RAM juga dapat mempengaruhi kinerja pada laptop atau komputer. Dengan kata lain, semakin besar kapasitas pada RAM, semakin cepat pula kinerja laptop atau komputer dan begitupun sebaliknya.

Namun, kapasitas RAM yang tidak memadai dengan program yang berat saat dijalankan justru akan membuat laptop atau komputer kamu jadi melambat dan lemot, terlebih lagi saat program dijalankan secara bersamaan.

  1. Kapasitas Memory

Untuk menghindari agar laptop atau komputer kamu tidak lemot dan tidak cepat panas, kamu juga perlu memperhatikan kapasitas memory pada laptop atau komputer kamu. Jika diibaratkan, memory pada laptop atau komputer merupakan otak yang menyimpan semua data agar terjaga dengan aman.

Namun, komputer akan melambat atau menjadi lemot saat memory yang digunakan semakin besar. Sehingga, laptop atau perangkat komputer kamu akan bekerja lebih keras saat menjalankan suatu program.

Jadi, sebaiknya perhatikan kapasitas memory pada laptop atau komputer kamu. Jika, data yang harus kamu simpan ternyata sangat banyak dan tidak mencukupi memory pada laptop atau komputer, tidak ada salahnya untuk menyimpannya di flash disk. Sehingga dengan begitu, laptop atau komputer kamu akan terlindungi dari lemot dan data penting kamu juga bisa tersimpan dengan aman.

  1. Debu di Laptop

Debu atau kotoran yang menempel di layar dan keyboard pada laptop atau perangkat komputer seringkali dianggap remeh. Memang, debu bukanlah masalah besar, namun seringkali kita peduli dan menunda untuk membersihkannya. Apalagi, saat intensitas pemakaian laptop atau komputer sangat tinggi dan digunakan hampir setiap hari.

Padahal, debu atau kotoran juga menjadi salah satu penyebab laptop atau komputer menjadi cepat panas. Sebab, debu atau kotoran yang menempel akan menghambat jalannya sirkulasi udara pada laptop atau komputer. Alhasil, suhu pada laptop atau komputer jadi meningkat.

Agar sirkulasi udara pada laptop atau komputer menjadi lancar, sebaiknya bersihkan laptop atau perangkat komputer kamu secara rutin menggunakan. Bersihkan layar pada laptop atau komputer kamu menggunakan cairan pembersih khusus atau screen cleaner dengan kain tipis dan lembut untuk menghindari lecet pada layar laptop.

Nah, itulah sederet penyebab laptop atau komputer menjadi lemot dan cepat panas. Tidak ada salahnya untuk melindungi laptop dan memperhatikan kapasitas memory serta RAM-nya. Sehingga, laptop atau komputer kamu bisa awet dan dapat digunakan setiap saat untuk mendukung dan memudahkan pekerjaan kamu.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia