WhatsApp-Button
Tips Sukses Bisnis Online Memanfaatkan Website Simple

Tips Sukses Bisnis Online Memanfaatkan Website Simple

  2019-02-11 16:49:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 21 kali

Teknologi dan internet kian memudahkan hampir seluruh kegiatan manusia. Tak hanya sebagai sarana komunikasi, internet juga memudahkan para pelaku usaha mengembangkan bisnisnya.

Salah satunya dengan membuka bisnis online atau online shop untuk menjajakan dagangannya. Kekinian, online shop menjadi strategi marketing yang mampu menghasilkan keuntungan menggiurkan.

Para pelaku usaha pun mulai menerapkan strategi pemasaran dengan membuka online shop di media sosial seperti Instagram atau Facebook. Namun saat ini, online shop mulai berkembang dengan memanfaatkan website.

Website memudahkan kamu membuka ‘toko’ sendiri, sehingga kamu bisa bebas berinovasi dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk yang kamu pasarkan. Lalu, bagaimana membuat bisnis online kamu sukses dengan memanfaatkan website yang simple?

  1. Daftarkan Nama Domain Bisnis Online

Agar toko online kamu mudah ditemukan di website, kamu harus memiliki alamat website yang mudah diingat. Untuk membuat website yang cocok untuk produk yang kamu jual, kamu dapat menggunakan layanan platform online. Apalagi, kini banyak tersedia pilihan platform online untuk membuat website gratis. Salah satunya, kamu dapat mencoba Sirclo untuk membuat toko online

Sebenarnya, membuat website setiap platform hampir sama. Caranya, buka platform online yang diinginkan, lalu daftarkan diri kamu. Kemudian, pilih template website yang sesuai. Terakhir, masukkan nama domain dan data lainnya untuk membuat website.

  1. Sediakan Space untuk Website Toko Online

Jika sudah mempunyai nama domain atau alamat website, kamu selanjutnya memerlukan layanan yang disebut web hosting. Sebab, kamu membutuhkan space atau tempat seperti hard disk di sebuah komputer atau server untuk meletakkan laman website kamu.

  1. Siapkan Bahan untuk Website Bisnis Online

Kemudian, kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang akan dimuat di website bisnis online kamu. Bahan-bahan yang digunakan untuk mendesain website bisnis online yang kamu butuhkan adalah gambar atau foto serta teks dan segala hal yang diperlukan untuk laman website bisnis online kamu.

Agar dapat dibaca program internet explore, sebaiknya gunakan gambar atau foto dengan format JPEG atau GIF. Kamu dapat mengubah format foto atau gambar menjadi JPEG atau GIF dengan menggunakan program seperti Paint yang telah banyak tersedia di Windows. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan software gratis dengan hasil lebih baik, seperti GIMP atau Photoshop, Corel Draw, dan lainnya.

Jika sudah, selanjutnya kamu harus mengisi konten website untuk bisnis online kamu. Namun, text yang digunakan harus diformat menjadi file HTML dahulu, sehingga dapat dibaca oleh program internet explorer atau Firefox.

Untuk kamu yang belum mempelajari bahasa HTML, kamu bisa membuatnya dengan memanfaatkan software HTML Editor gratis, misalnya HTML Kit, Komposer atau lain sebagainya. Atau kamu juga bisa menggunakan software Dreamweaver yang sudah komersil.

Mengapa sangat penting untuk memformat foto dan text terlebih dahulu, sebab keduanya akan diakses pengunjung website bisnis online kamu. Untuk selanjutnya, kamu hanya harus mengunggah file yang sudah dengan format ke server.

  1. Promosi dan Analisa Website Bisnis Online

Keberhasilan sebuah website bisnis online biasanya tergantung pada promosi yang dilakukan. Untuk mempromosikan atau memperkenalkan website bisnis online kamu agar dikunjungi sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan. Diantaranya, memanfaatkan iklan banner, media massa, brosur, platform atau media sosial, dan menginformasikan secara manual atau dari mulut ke mulut.

Selanjutnya, perbaharui atau update produk terbaru di website bisnis online kamu secara rutin  dan arahkan pembeli agar mengunjungi serta berbelanja di website bisnis online kamu. Selain itu, sangat penting untuk membuat website bisnis online kamu menjadi media yang nyaman untuk berinteraksi. Memadukan promosi antara media sosial dan website ini sudah banyak digunakan para pelaku usaha besar di dunia sehingga bisa menjadi trend.

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mempromosikan website bisnis online kamu, yakni dengan memasang iklan di internet. Misalnya, kamu dapat menggunakan iklan text atau banner, seperti Kaskus, Google AdWords, atau lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa memantau jumlah pengunjung website bisnis online kamu melalui statistik per hari, per minggu, bahkan per bulan. Ketika pengunjung website bisnis online kamu sudah memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, kamu bisa menerima pemasangan banner atau iklan di website.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia