WhatsApp-Button
Cara Memanfaatkan Video Sebagai Strategi Marketing Untuk Memperoleh Konversi

Cara Memanfaatkan Video Sebagai Strategi Marketing Untuk Memperoleh Konversi

  2019-02-08 16:41:40     Ulti Desi Arni     Dibaca 75 kali

Bagai sebagian besar para marketing, tahun baru adalah tanda untuk sebuah awal yang baru. Tapi sepanjang tahun ini menemukan inspirasi merek dan strategi marketing serta berupaya mencari cara untuk terlihat berbeda dan menonjol bagi konsumen agar bisa diperhatikan dalam waktu jangka panjang.

Saat ini banyak sekali beragam brand bersaing dengan menwarkan free ongkir, diskon besar, dan penawaran beli satu free satu dan strategi lainnya. 

Ada tiga tujuan utama dalam memasarkan produk / layanan yaitu bagaimana caranya lebih banyak transaksi, menyakinkan konsusmen untuk membeli lebih banyak produk dan membuat pelanggan untuk membeli lebih sering.

Saat ini para marketing bisa mencapai ketiga tujuan tersebut bahkan lebih dengan memanfaatkan video marketing. Para marketing bisa memanfaatkan video dimana di dalamnya terdapat konten yang bisa menarik konsumen dan bisa membuat para konsumen bisa bertindak lebih cepat.

Bisa kita katakan Video menjadi pembeda dalam strategi marketing saat ini, karena orang lebih suka melihat benda visual bergerak secara langsung dibandingkan hanya dengan membaca atau mendengar.

Sebagian besar penelitian memperkirakan bahwa sepertiga dari aktivitas manusia yang berselancar secara online adalah menonton video. Saat ini pun sudah banyak perusahaan yang menggunakan video namun hanya sebagian yang membuat video marketing yang baik dan tepat sasaran.

Kenapa customer lebih suka melihat video atau interaksi langsung?

  1. Dengan menggunakan video dapat meningkatkan relevansi situs web anda dan menarik lebih banyak interaksi.
  2. Video bisa membantu mengedukasi pelanggan tentang perusahaan anda dan produk anda.
  3. Penayangan video dikonversi menjadi penjualan.

Berikut adalah beberapa cara brand /produk Anda dapat memanfaatkan video untuk menjangkau customer Anda:

Menyertakan Video di dalam Situs Web Anda

Animoto menemukan bahwa satu dari empat konsumen cenderung kehilangan minat saat berinteraksi  pada perusahaan jika tidak menampilkan video di situs web mereka. Studi yang sama menemukan bahwa hampir dua pertiga konsumen mengatakan brand/produk yang menggunakan video tahu cara menjangkau pelanggan mereka. Dengan kata lain, konsumen lebih tertarik pada produk / layanan Anda ketika Anda memiliki konten video dan mereka menemukan perusahaan Anda lebih menarik karena adanya video. 

Tampilkan Produk / Service in Action

Memanfaatkan Google "marketing video" dan Anda akan melihat bahwa video akan meningkatkan jumlah pembelian. Disana anda juga akan belajar bahwa konsumen lebih suka video sebagai metode komunikasi mereka dengan bisnis daripada format konten lainnya.Ada banyak cara untuk membuat video yang informatif dan penuh aksi. Banyak merek menggunakan influencer atau model untuk memamerkan cara produk bekerja atau terlihat. Kuncinya adalah pastikan videonya jelas tentang apa yang Anda ingin para penonton ketahui dan menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana produk / layanan Anda digunakan dalam aksi. Posting di situs web Anda, gunakan dalam iklan digital, tunjukkan di media sosial, dll. 

Gunakan Video Analytic                                                 

Saat menggunakan video, Anda dapat memperoleh wawasan penuh data yang dapat digunakan untuk promosi dan penargetan di masa mendatang. Saat ini, ada banyak cara untuk mengukur kinerja video menggunakan analitik data.Berdasarkan perilaku penelusuran masa lalu atau saat ini dari konsumen, pemasar dapat melihat jenis produk apa yang diminati konsumen, jenis video yang telah mereka tonton, panjang video yang mereka tonton, konten video mana yang mereka klik, dan bahkan hasil yang dilihat mana yang dihasilkan dalam pembelian berdasarkan dari ajakan untuk bertindak tertentu.Semua data ini menginfokan kepada perusahaan sekilas apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Mengambil temuan ini membantu perusahaan mempelajari tentang apa yang kemungkinan akan dikonversi menjadi penjualan. 

Orang Menggunakan Video untuk Mempelajari Produk dan Mengkonversinya 

Ternyata, video memiliki dampak besar dalam proses keputusan pembelian. Mayoritas konsumen merasa terbantu untuk menonton video produk lebih dari satu kali sebelum melakukan pembelian. Selain itu, MultiVision Media menemukan 64 persen konsumen lebih mungkin membeli produk secara online setelah menonton video.Karena inspirasi dapat terjadi kapan saja secara online, yang memungkinkan konsumen akses lebih cepat ke produk yang mereka nikmati meningkatkan penjualan dan tingkat konversi.

Jadi, membuat tautan video ke keranjang belanja Anda atau membuatnya super mudah untuk membeli produk adalah kuncinya.  Mengizinkan pelanggan untuk beralih dari inspirasi ke kepuasan instan tidak lagi opsional dalam hal belanja online, karena semakin sedikit waktu yang dihabiskan pelanggan untuk mencari layanan / produk, semakin banyak waktu mereka harus menemukan produk / layanan baru untuk dibeli.Saat ini sangat besar sekali tingkat bersaing di pasar dimana video hadir dan terus melibatkan pelanggan daring, penting sekali agar video dibuat dalam setiap penelusuran konsumen untuk memengaruhi minat para konsumen.    

 

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia