Deretan Fitur Facebook 15 Tahun Terakhir

Deretan Fitur Facebook 15 Tahun Terakhir

  2019-02-08 16:41:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 43 kali

Tahukah kamu? Pada Senin, 4 Februari 2019 lalu, media sosial Facebook genap memasuki usia 15 tahun sejak diluncurkan dan diperkenalkan pada 4 Februari 2004 lalu. Kini, media sosial yang lahir di kamar asrama kampus Harvard oleh Mark Zuckerberg itu telah berkembang menjadi salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya.

Dalam perkembangannya, Facebook hadir dengan fitur yang tidak banyak, sebab awalnya diciptakan sebagai penghubung komunikasi untuk mahasiswa di Harvard. Namun, saat ini Facebook telah banyak mengalami perubahan dengan berbagai fitur yang mendukung. Apa saja? Berikut rangkuman sederet fitur Facebook yang dirangkum Garuda Cyber:

Awalnya saat dihadirkan pada 2004, Facebook muncul dengan laman Thefacebook.com, yang berfungsi sebagai penghubung antara mahasiswa. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 2005, Facebook menghadirkan fitur The Wall. The Wall memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan melalui dinding milik temannya. Di tahun yang sama, kemudian Facebook memberikan akses bagi penggunanya untuk dapat berbagai foto di platform dan menandai orang menggunakan tag. 

Pada tahun 2006, Facebook mulai digunakan untuk semua orang seiring kepopulerannya di kalangan mahasiswa. Sehingga tak hanya mahasiswa Harvard, semua orang dapat mendaftar dan bergabung di media sosial ini. Masih di tahun yang sama, Facebook kembali merilis fitur baru yakni News Feed. News Feed fitur yang memudahkan penggunanya melihat kabar terbaru yang di unggah penggunanya lainnya.

Setahun kemudian, Facebook menghadirkan fitur Page untuk memudahkan pengguna yang memiliki ketertarikan, hobi, atau minat yang sama akan sesuatu saling berkomunikasi dengan bergabung di Page Facebook.  Pada 2008, Facebook pun merilis fitur Chat untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi atau melakukan obrolan.

Di tahun 2009, Facebook menyediakan fitur Like sehingga penggunanya dapat menunjukkan rasa sukanya pada sebuah status atau foto. Lalu pada 2010, fitur Group dirilis, sehingga penggunanya dapat saling bergabung dan membentuk grup atau komunitas tertentu. Facebook pun kian diperbarui dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya berkomunikasi dan berekspresi.

Facebook, pada 2011 kembali disempurnakan dengan dirilisnya Timeline. Dengan fitur Timeline, cerita yang dibagikan dapat dilihat sesuai urutan waktunya. Selanjutnya, di tahun 2012 Facebook dilengkapi dengan hadirnya fitur Messenger yang menghubungkan penggunanya dalam berkomunikasi.

Di tahun 2012 pula, media sosial yang juga kian diminati, Instagram diakuisisi oleh Facebook. Platform ini kian eksis dengan memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam berbagi aktivitas baik berbentuk foto maupun video.

Facebook lantas menjadi media sosial yang makin diminati, penggunanya sangat banyak dari berbagai belahan dunia, sehingga pada tahun itu Facebook memiliki pengguna atau user sebanyak 1 miliar yang aktif setiap bulan.

Pada tahun berikutnya, tepatnya 2013, internet.org dirilis Facebook. Internet.org dapat membuat dua per tiga populasi di dunia terhubung, padahal ketika itu belum terhubung dengan akses internet. Di tahun yang sama pula, Facebook semakin berkembang dengan adanya akuisisi dari berbagai perusahaan startup. Di antaranya, akuisisi pembesut perangkat VR Oculas dan aplikasi WhatsApp.

Kemudian hadir fitur Safety Check. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi dan memberi kabar kepada keluarga atau teman di Facebook, bahwa mereka berada dalam kondisi baik-baik saja atau selamat dari suatu peristiwa ataupun bencana alam.

Facebook pada 2015 lantas merilis fitur Facebook Live di tengah demam siaran langsung di internet. fitur Facebook Live memberikan kemudahan untuk penggunanya saat melakukan siaran langsung sehingga dapat ditonton pengguna lainnya dari seluruh belahan dunia.

Setahun selanjutnya, yakni pada 2016, Facebook memudahkan penggunanya untuk memperlihatkan ekspresi dengan dirilisnya fitur emoji yang ditempatkan di samping Likes. Dengan emoji-emoji reaction ini, penggunanya dapat menunjukkan atau mengungkapkan perasaan terhadap suatu hal yang di unggah di Facebook.

Di tahun yang sama, Facebook juga merilis fitur Marketplace atau toko yang kini memudahkan para pelaku usaha dalam memperkenalkan dan menawarkan dagangannya. Lalu, Facebook juga menghadirkan fitur Fundraisers untuk memudahkan penggunanya mengumpulkan donasi bagi yang membutuhkannya.

Pada 2017, Facebook menjadi media sosial yang fokus untuk membangun komunitas dan mendekatkan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Di tahun ini, Facebook tercatat memiliki pengguna yang mencapai 2 miliar per bulan.

Kemudian, Facebook menghadirkan fitur video dengan nama Watch, sehingga penggunanya dapat lebih mudah untuk menonton video. Tahun 2018, Facebook meluncurkan Portal, yakni fitur yang menjadi tempat untuk memudahkan dalam melakukan panggilan video.

Sayangnya, 2018 menjadi tahun yang tidak mudah untuk media sosial ini setelah mengalami perkembangan sangat pesat. Facebook mendapat banyak cercaan seiring munculnya masalah terkait keamanan data, terlebih lagi setelah adanya serangkaian kasus penyalahgunaan data oleh konsultan politik Cambridge Analytica.

Alhasil, Marc Zuckerberg sang CEO Facebook harus memenuhi pemanggilan oleh senat dan Congress di Amerika Serikat dan Inggris. Dengan begitu, Facebook berupaya untuk memberikan dan memastikan keamanan untuk setiap data penggunanya.

Tak tanggung-tanggung, Facebook berupaya meningkatkan tim keamanan hingga 3 kali lipat. Facebook juga semakin meneguhkan komitmen untuk memerangi akun palsu serta kabar mis-informasi.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia