Tips Jualan Online Lewat Instagram

Tips Jualan Online Lewat Instagram

  2019-01-30 16:26:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 54 kali

Saat ini marak sekali para pelaku bisnis online berdatangan. Setiapnya ada saja marketer-marketer yang bermunculan sehingga meningkatkan jumlah para pesaing yang berjualan di media online. Apalagi banyaknya hadir media sosial saat ini semakin meningkatkan peluang kerja untuk pelaku bisnis online dalam mengembangkan sayapnya.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di zaman sekarang ini adalah instagram. Bagi kita yang tidak awam teknologi tidak asing lagi dengan instagram ini. Bahkan saat membuka instagram, produk online yang kita lihat.

Selain jualan online itu mudah tanpa harus memiliki toko banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan pelaku bisnis online saat berjualan online. Salah satunya mungkin kamu yang juga ingin memulai atau sudah mulai berjualan online tapi belum bisa memanfaatkan media online seperti instagram dengan maksimal untuk memasarkan produknya.

Berikut ini beberapa tips buat Greader yang bisa dimanfaatkan jika ingin berjualan online di Instagram:

  1. Akun Super

Langkah pertama yang harus Greader lakukan adalah membuat akun super, maksudnya Greader harus merubah akun yang akan digunakan untuk berjualan menjadi akun bisnis, tujuannya untuk mengetahui insight dari akun jualan kita. Selain itu Greader harus memilih profile picture yang mencerminkan produk yang Greader jual, atau Greader juga bisa menggunakan logo toko/brand Greader. Jangan lupa Greader harus melengkapi bio profil Greader dengan kontak yang bisa dihubungi, cara pemesanan dan juga sertakan link wa/website/marketplace di profile Greader.

  1. Konten yang memancing Interaksi

Greader harus membuat konten yang bisa memancing interaksi para pengguna atau target market. Konten yang dibuat tidak hanya cukup yang menarik saja, tapi Greader harus membuat konten yang dibutuhkan oleh target market Greader. Greader harus paham bahwa yang Greader bilang bagus belum tentu bagus menurut mereka, Greader harus melihat cara pandang target market.

  1. Caption

Dalam membuat caption produk yang Greader jual haruslah sesuai dengan target market baik dari segi bahasa, cara memanggil follower dan usahakan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing follower untuk berinteraksi dengan konten yang kita buat. Greader harus berusaha bagaimana agar caption kita ada interaksi ketika posting hard selling, soft selling dan lainnya.

  1. Hastag

Saat mengupload conten dan caption jangan lupa menyertakan hastag. Greader gunakan hastag yang relate dengan jualan kita agar postingan bisa menjangkau orang banyak yang bukan follower kita. Untuk banyaknya hastag bisa 10-20 hastag, hindari menggunakan hashtag yang sama terus menerus, jangan spam, jangan abuse karena bisa "dibaca" oleh instagram.

Contoh hashtag jakarta tapi muncul jual baju dan dari olshop yang sama dan tiap hari post, akan berprioritas kena banned, kalau sudah kena banned biasanya ada yg bs posting tapi hanya foto, caption tidak keluar atau bahkan tidak bisa posting sama sekali selama 1-2 hari.

  1. Interaksi 

Pentingnya terjadi interaksi antara kita dengan follower, baik melalui like, comment, share ke orang lain, karena semua data-datanya akan "terbaca" oleh instagram dan itu akan berpengaruh ke seberapa banyak postingan kita akan terlihat di home orang lain/follower. Selain itu juga akan berpengaruh ke impression, nanti bisa dilihat di impression masing-masing dipostingan. Jangan lupa bales comment dari follower kita minimal kasih emotion. Itu juga membantu menaikan interaksi di akun kita.

  1. IG Story

IG Story juga faktor pendukung yang penting, harus post tiap hari jangan sampai kosong, bisa posting kegiatan sehari-hari, bisa juga posting testimoni, atau produk kita dan hal lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Greader pelajari jika ingin berjualan menggunakan akun jejaring sosial instagram. Semoga bermanfaat.

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia