WhatsApp-Button
Perbedaan Multimedia Interaktif dan Non Interaktif

Perbedaan Multimedia Interaktif dan Non Interaktif

  2019-01-30 16:20:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 593 kali

Perkembangan teknologi telah banyak mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia, termasuk berdampak pada cara manusia berkomunikasi, berinteraksi dan saling berbagi informasi. Jika dahulu menyampaikan informasi harus melalui tatap muka atau berkirim surat yang membutuhkan waktu lama, kini tidak lagi. Cukup melalui telepon atau berkirim pesan singkat melalui telepon seluler informasi dapat diterima dengan cepat, bahkan dapat langsung mendapatkan reaksi atau tanggapan dari informasi tersebut.

Saat ini, media sebagai sarana dalam proses penyampaian informasi pun kian berkembang. Sebelumnya, media penyampaian informasi hanya berbentuk sederhana misalnya hanya melalui tulisan atau suara saja. Namun, kini telah mengalami perkembangan dengan hadirnya multimedia yang semakin memudahkan manusia dalam menyampaikan informasi. 

Jika dilihat, multimedia adalah gabungan kata yang terdiri dari multi dan media. Multi berasal dari bahasa Latin, yang berarti banyak, sedangkan media diartikan sebagai sarana atau sesuatu yang dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi. Sehingga, multimedia merupakan sarana atau media penyampaian pesan yang menggabungkan berbagai bentuk atau elemen informasi, seperti teks, suara, grafik, animasi video dan interaktif.

Multimedia dibagi menjadi dua bentuk, yakni multimedia interaktif dan multimedia non-interaktif. Multimedia interaktif biasanya digunakan dalam. Multimedia interaktif menyampaikan informasi dengan menggabungkan seluruh media, mulai dari teks, audio, grafik dan interaktif untuk disinergikan. Sehingga, penggunanya bisa aktif memilih adegan yang diinginkan dan biasanya, multimedia interaktif dapat ditemukan pada game.

Sedangkan mulitimedia non-interaktif penggunanya justru bertindak secara pasif, sehingga hanya dapat menyaksikan adegan-adegan yang berurutan, seperti pada film atau tayangan di televisi.

Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan bentuk media yang menggabungkan dan mensinergikan banyak unsur atau elemen, serta dilengkapi alat sebagai kontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjutnya secara aktif.

Adapun unsur atau elemen yang digabungkan dalam multimedia interaktif antara lain, teks  sebagai media visual yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi secara tulisan dengan berbagai bentuk huruf agar terlihat menarik. Kemudian ada pula unsur grafik, yang juga berbentuk visual. Biasanya disajikan dalam bentuk gambar diam ataupun bergerak.

Selanjutnya, unsur audio atau suara atau segala hal dapat didengar. Biasanya digunakan untuk menyertakan media teks. Terakhir adalah interaktivitas. Interaktivitas bukanlah media, melainkan rancangan di balik program pada multimedia. Dengan adanya interaktivitas, seseorang dapat leluasa dalam mengakses berbagai bentuk media pada program multimedia. Penggunaan multimedia interaktif biasanya ditemukan pada game yang menyertakan alat sebagai kontrol, sehingga pemain dapat menentukan dalam permainan tersebut.

Multimedia Non Interaktif

Seperti multimedia interaktif, multimedia non interaktif juga menggabungkan unsur, mulai dari teks, audio, video dan grafik. Namun, multimedia non interaktif tidak disertai dengan alat sebagai kontrol atau kendali untuk memudahkan penggunanya.

Sehingga, multimedia non interaktif berjalan pasif dan penggunanya tidak bisa memilih atau menentukan media untuk proses atau selanjutnya. Sebab itu, multimedia non interaktif berjalan dalam bentuk sekuensial atau berurutan.

Biasanya, multimedia non interaktif digunakan pada tayangan televisi atau dalam film. Jadi, penggunanya tidak bisa memberikan kontrol atau tidak bisa mengendalikan dan menentukan proses selanjutnya.

Dengan demikian, penggunanya bertindak pasif. Seperti pada tayangan televisi dan film, penggunanya bertindak sebagai penonton yang tidak bisa menentukan adegan yang terjadi selanjutnya. Artinya, multimedia non interaktif tidak membebaskan penggunanya untuk mengendalikan media tersebut, namun hanya bisa menikmati hingga akhir.

Tidak heran, jika multimedia non interaktif kebanyakan digunakan untuk proses penyampaian informasi atau pesan satu arah yang tidak membutuhkan umpan balik (feedback), baik itu reaksi atau tanggapan tertentu, seperti televisi, radio, koran atau majalah.

Dengan demikian dapat disimpulkan, multimedia interaktif dan multimedia non interaktif memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Meski sama-sama menggabungkan banyak unsur sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi, ternyata multimedia interaktif dan non interaktif dibedakan pada kendali atau kontrol penggunanya.

Akan tetapi, multimedia interaktif dan multimedia non interaktif sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi. Terlebih lagi, masyarakat saat ini membutuhkan sesuatu yang menarik. Tak jarang pula, multimedia digunakan sebagai sarana untuk promosi produk atau jasa tertentu.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia