Sistem Informasi Perpustakaan Pada Produk G-Smart Campus GCI

Perpustakaan merupakan sebuah ruangan yang terdapat buku-buku yang tersusun rapi berdasarkan suatu sistem yang berguna untuk sebagai media pencarian ilmu dan wawasan. Pada perkembangan zaman yang sangat pesat sekarang, maka ilmu pengetahuan juga akan bertambah hingga banyak inventaris buku diperpustakaan juga anggota perpustakaan tersebut.

Dengan adanya hal seperti ini, maka akan sangat dibutuhkan sebuah sistem informasi yang bisa mengakses semua data-data perpustakaan dengan cepat dan juga tepat. Sebagai solusinya, Garuda Cyber indonesia menciptakan sebuah produk yang bernama g-smart campus yang mana didalamnya terdapat sebuah sistem informasi untuk perpustakaan.

Sistem informasi perpustakaan ini dirancang untuk memudahkan para petugas perpustakaan untuk melakukan tugasnya tanpa perlu mencatat satu persatu orang-orang yang meminjam buku maupun yang mengembalikannya. Dengan adanya sistem ini maka akan mempermudah pendataan koleksi perpustakaan, data anggota peminjaman, data buku masuk dan keluar. Tidak hanya itu,  sistem informasi perpustakaan ini juga akan memberi kemudahan kepada pengguna untuk bisa menikmati fasilitas dari perpustakaan tersebut karena memiliki prosedur-prosedur yang telah modern.

Berikut beberapa keuntungan atau manfaat sistem informasi perpustakaan garuda cyber indonesia :

  • Dapat mempermudah pekerjaan petugas-petugas suatu perpustakaan
  • Dapat meningkatkan citra perpustakaan tsb.
  • Membuat data-data tersimpan dengan teratur dan komplit
  • Tidak akan pernah mengalami kehilangan data atau dokumen tertentu karena sudah tersimpan dalam sistem.
  • Meningkatkan efektifitas dalam pencatatan peminjaman,perpanjangan dan juga pengembalian buku dari segi waktu.
  • Memudahkan dalam temu-balik data peminjaman dan juga pengembalian buku serta kehilangan ataupun kerusakan pada buku.
  • Pembuatan laporan perhitungan atau review transaksi yang cepat, karena kemudahan dalam pengumpulan data.
  • Adanya pengelompokkan data buku-buku sesuai dengan kegunaan buku itu sendiri.
  • Terdapat laporan-laporan mengenai informasi detail mengenai buku yang ada pada perpustakaan tersebut, seperti judul buku, penerbit, penulis, kategori atau kelompok buku, hingga data inventaris buku.
  • Meningkatkan kenyamanan pengunjung saat melakukan peminjaman dan pengembalian buku.
  • Meningkatkan daya tarik untuk membaca buku di perpustakaan.

Adapun keunggulan-keunggulan menggunakan sistem informasi perpustakaan milik garuda cyber indonesia yaitu sebagai berikut :

  • Desain produk ini dirancang sebagus dan seindah mungkin sehingga meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya.
  • Penggunaan sistem produk garuda cyber ini mudah untuk dipahami oleh orang-orang yang mungkin belum mengetahui cara kerja sebuah sistem dan juga mudah untuk digunakan.
  • Pada sistemnya kecil kemungkinan akan terjadinya error dan double entry sehingga meningkatkan kinerja pada pengelolaan sistem.
  • Keamanan data pada sistem terjamin.
  • adanya fitur booking sehingga akan memberikan prioritas memberikan pinjaman buku kepada anggota yang sudah melakukan booking sebelumnya

Itulah sekilas penjelasan mengenai sebuah sistem yang diciptakan garuda cyber dalam produk g-smart campus yang telah digunakan oleh kampus-kampus ternama.

Untuk more info dapat mengunjungi kami di :
Head Office : Jl. H.R. Soebrantas No. 188, Panam, Pekanbaru
Branch Office : Jl. By Pass KM. 7 No. 03 Padang, Sumatera Barat

Telp : 0761 6704399

Penulis : Wikhe Refila
#GarudaCyber14Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...