Cara Pintar Untuk Mengelola Sekolah

Diera digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi informasi sangat umum dijumpai. Namun untuk aspek pendidikan, implementasi teknologi informasi masih sangat minim dilakukan. Sebagai contoh implementasi teknologi informasi lebih dominan digunakan pada instansi kepemerintahan namun implementasi kesekolah-sekolah masih belum sepenuhnya diterapkan. Padahal sekolah yang berbasis teknologi akan meningkatkan kualitas sekolah dalam berbagai aspek. Sebagai contoh sebuah sekolah yang memiliki sistem informasi akan berbeda dengan sekolah yang masih menggunakan cara manual didalam mengelola informasi akademik maupun non akademik. Dapat dilihat bahwasanya daya saing antar sekolah akan sangat jauh dirasakan, dimana sekolah yang menggunakan cara manual akan jauh tertinggal.

Adapun beberapa manajemen yang dilakukan didalam lingkungan sekolah adalah :

1. Manajemen Layanan

Semua yang berhubungan dengan pelayanan sekolah seperti administrasi, dan pelayanan khusus lainnya seperti pelayanan perpustakaan, kesehatan dll. Semua yang berkaitan dengan pelayanan harus dikelola dengan baik. Seperti pelayanan perpustakaan harus dikelola dengan baik sehingga peserta didik dapat mengoptimalkan pengetahuan yang dipelajarinya selama dia bersekolah.

2. Manajemen Keuangan

Semua yang berhubungan dengan transaksi keuangan adalah hal yang vital, karena menyangkut dalam pengadaan sarana dan prasarana untuk peningkatan kualitas sekolah.

3. Manajemen Partisipasi/ Dukungan Stakeholder

Secara umum wadah untuk stakeholder memberikan dukungan sudah ada yaitu Komite Sekolah. Namun untuk meningkatkan partisipasi stakeholder di dalam kegiatan sekolah memerlukan media elektronik sebagai sarana publikasi.

Perkembangan teknologi harus dimaksimalkan dan di sama ratakan untuk peningkatan kualitas sekolah. Dimana sekolah yang mengimplementasikan teknologi informasi merupakan sebuah langkah maju untuk peningkatan kualitas. Teknologi informasi merupakan sebuah sistem di lingkungan sekolah yang digunakan sebagai pengelolaan berbagai informasi akademik maupun non akademik.

Berdasarkan pembahasan diataslah Garuda Cyber Indonesia menawarkan sebuah produk yang sangat bermanfaat untuk membantu sekolah dalam mengelola informasi akademik maupun non akademik. Produk yang ditawarkan adalah Smart School.

Smart School merupakan salah satu produk andalan Garuda Cyber Indonesia. Smart School merupakan aplikasi yang mengintegrasikan seluruh sistem yang ada di sekolah kesebuah sistem yang terstruktur. Smart School akan membantu pekerjaan Stakeholder.

Adapun fitur-fitur yang tersedia pada Smart School adalah :

  1. Sistem Akademik Sekolah
    Sistem yang membantu pengelolaan informasi akademik sekolah.
  1. Sistem Penerimaan Siswa Baru
    Sistem yang membantu menangani penerimaan siswa baru. Sistem yang menampung data-data calon siswa yang sudah mendaftar kedalam sistem.
  1. Sistem Beban Kerja Guru
    Sistem yang digunakan untuk evaluasi kerja-kerja Guru. Guru dapat mengupload point-point beban kerja yang diberikan dan terintegrasi dengan sistem penggajian
  1. Sistem Beban Kerja Pegawai
    Sama halnya dengan Guru, seluruh pegawai harus melaporkan kerja harian, mingguan dan bulanan. 
  1. Sistem e-Office
    Sistem yang bekerja pada aktifitas surat menyurat.
  1. Sistem Penjadwalan
    Sistem yang mengelola penjadwalan akademik maupun non akademik sekolah. 
  1. Sistem penggajian
    Sistem yang mengelola penggajian karyawan sekolah.
  1. Sistem Keuangan
    Sistem yang mengelola transaksi keuangan yang terjadi selama kegiatan akademik maupun non akademik sekolah.
  1. Sistem Perpustakaan
    Sistem yang mengelola semua yang berhubungan dengan perpustakaan. Seperti pengelolaan peminjaman buku, pengembalian buku, dll.
  1. Ujian Sekolah berbasis CAT
    Untuk ujian sekolah yang berbasis komputer.

Adapun kelebihan lainnya yang bida didapatkan dari produk Smart School ini adalah Smart School sudah diintegrasikan dan disinkronisasikan dengan Sistem Dapodik, Simpatika dan Emis.

Terima kasih untuk pembaca, semoga artikel dan produk yang ditawarkan Garuda Cyber adalah jalan keluar dari permasalahan anda. Untuk produk lainnya bisa langsung kunjungi website Garuda Cyber Indonesia https://garudacyber.co.id/ .

 

Penulis : Harbi Shani

#Garudacyber09

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...