Cara Membuat Ebook interaktif

Apa itu Ebook?

Ebook merupakan singkatan dari Electronic Book / Buku Digital. Berdasarkan namanya, ebook merupakan sebuah buku yang berbentuk file yang bisa dibuka dengan PC, laptop, smartphone maupun Ebook reader seperti Kindle.

Ebook sendiri mempunyai macam-macam format seperti ePUB, DJVU, CHM, PDF dan PRC. Masing-masing format hanya dapat dibuka melalui aplikasinya tersendiri, jadi apabila anda ingin membaca sebuah Ebook maka anda putuskan terlebih dahulu format Ebook apa yang anda inginkan. Tetapi, kebanyakan orang lebih banyak menggunakan Ebook berformat PDF karena lebih mudah dalam mengakses dan membuatnya.

Apa saja aplikasi untuk membuat Ebook?

Sangat banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah Ebook dalam berbagai format bahkan aplikasi tersebut GRATIS! Berikut daftar aplikasinya :

1. Calibre

Aplikasi ini termasuk aplikasi recommended, kenapa? Karena aplikasi ini cocok untuk segala platform seperti Windows, Linux maupun iOS. Pada aplikasi ini anda bisa membuat Ebook dengan banyak format seperti AZW3, EPUB, DOCX, FB2 dan masih banyak lagi. Jadi anda hanya perlu menulis Ebook anda dalam bentuk DOCX atau PDF lalu convert melalui aplikasi ini.

2. ePUBee Maker

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbentuk add-on MS. Word, yang berarti aplikasi ini langsung terhubung dengan MS. Word sehingga menjadi sangat efisien. Anda hanya perlu membuat Ebok anda dalam MS. Word lalu anda publish, maka akan terbitlah Ebook buatan anda.

Ada 3 opsi yang bisa kita manfaatkan di aplikasi ePUBee Maker ini seperti :

  1. Quick Publish

Digunakan untuk mengkonversi file MS. Word DOCX ke format ePUB tanpa menambahkan info tambahan seperti author, title, description, dll.

  1. Publish

Berfungsi untuk agar Ebook anda langsung di publish dan akan diberi cover penambahan nama author, title, description, dll.

  1. Save as PDF

Berfungsi untuk menyimpan file Ebook anda dalam bentuk PDF secara cepat. Jadi sangat disarankann agar MS. Word 2003 memasang ad-on ini, agar tidak perlu lagi melakukan Convert to PDF di luar MS. Word.

3. Sigil

Aplikasi ini digunakan untuk membuat Ebook dalam format HTML dan ePUB. Dimana anda bisa menambahkan cover, daftar isi, metadata dan index ke dalam Ebook anda. Pada aplikasi Sigil terdapat fitur Spell Checker, dimana fungsinya adalah untuk mendeteksi kesalahan penulisan pada Ebook anda, dan juga anda bisa menambahkan audio, video dan juga gambar pada Ebook anda agar lebih menarik dan Interaktif. Ada fitur lain yang menarik pada Sigil ini, yaitu terdapat menu edit styling seperti :

  1. Normal, Heading, Subheading

     Berfungsi untuk mengatur dan mengedit text pada Ebook anda untuk dijadikan judul utama, sub judul dan text biasa.

  1. Superscript, Subscript, Strike-through

     Berfungsi untuk menambah styling berupa huruf kecil diatas maupun huruf kecil dibawah dan juga coretan di tengah teks. Sehingga cocok untuk Ebook Pendidikan, khususnya Matematika dan Fisika.

  1. Tabel dan Daftar List

     Berfungsi untuk membuat file table dan juga list-data. Sehingga sangat cocok untuk Ebook berbau Ekonomi dan Akuntansi.

  1. Text Align dan Hyperlink

     Berfungsi untuk melakukan kostumisasi perataan text pada Ebook dan menyisipkan link diluar Ebook.

4. MS. Word To EPUB Converter

Aplikasi MS. Word To EPUB Converter sangat cocok untuk konversi draft Ebook dalam format DOC/DOCX ke dalam format ePUB, aplikasi ini cukup ringan dan mudah digunakan. Untuk membuat Ebook ePUB anda hanya perlu membuat Ebook anda pada MS. Word lalu tekan Start Converting maka anda akan mendapatkan Ebook ePUB anda segera.

5. Microsoft Word (Tahun 2007 ke atas)

            Mungkin anda sudah mengetahui bahwa anda bisa membuat Ebook berformat PDF pada Microsoft Word, perlu anda ketahui, bahwa fitur Converter Word To PDF hanya ada pada MS. Word 2007 ke-atas, berikut langkah-langkah membuat Ebook interaktif anda melalui MS. Word anda.

  1. Buatlah tulisan yang anda inginkan pada MS. Word anda, tentu saja anda pasti sudah paham sekali dalam menggunakan aplikasi ini.
  2. Tambahkan gambar yang sudah anda siapkan sebagai Cover dan juga pelengkap tulisan Ebook anda, agar orang lain tidak mudah bosan dengan Ebook yang anda buat.
  3. Atur layout konten anda semenarik mungkin seperti memberi Bab atau Chapter agar pembaca bisa mengikuti isi Ebook anda.
  4. Apabila anda sudah membuat isi Ebook anda, simpan file Word anda menjadi file berformat PDF dengan klik File --> Save as --> PDF or XPS.
  5. Lalu atur nama Ebook anda…, SELAMAT! Anda sudah berhasil membuat Ebook perdana anda.

Sangat mudah bukan ?. Itulah beberapa aplikasi dan tutorial untuk membuat sebuah Ebook, baik dalam format PDF maupun format yang lainnya. Semoga Bermanfaat!.

 

Penulis : Dary

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...