Cara Membuat Ebook Dengan Format Pdf

Ebook adalah buku digital yang banyak digunakan saat ini. Ebook ditemukan pertama kali oleh Michael S. Hart. Beliau adalah seorang Penulis di Amerika. Beliau juga dikenal sebagai pendiri proyek GuntenBerg. Ebook terdiri dari text dan gambar. Informasi yang disajikan di dalam Ebook beragam. Mulai dari tutorial, pembelajaran dan lain sebagainya. Ebook banyak digunakan pada perangkat Komputer, Smartphone dan Tablet. Alasan diciptakan ebook yaitu untuk mencegah pemakaian kertas dan untuk memudahkan pembaca karena dapat menggunakan perangkat Smartphone untuk mengaksesnya.

Keuntungan dari ebook diantaranya :

1 . Dapat Dibaca Kapanpun dan dimanapun

2 . Ebook tidak dapat dirusak karena data ebook disimpan melalui file

3 . Dapat Mengurangi biaya perawatan

4 . Ramah Lingkungan sehingga tidak memerlukan kertas

5 . Ukuran File yang Ringan

Kekurangan Ebook diantaranya :

1 . Tidak Dapat Di Pegang

2 . Terdapat Perangkat Lunak yang mendukung Ebook

3 . Ukuran Huruf yang terkadang terlalu kecil

Ebook mempunyai berbagai Macam format Diantara lain :

1 . EPUB

2 . AZW

3 . KF8

4 . MOBI

5 . PDB

6 . PDF

7 . PRC

8 . TPZ

9 . HTML

10 . CHM

11 . XHTML

12 . XML

Sebelum Anda membuat ebook anda harus menginstal aplikasi untuk membuka file PDF. Diantaranya Adobe Reader, Foxid Reader, Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, UC Browser dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin membuat ebook maka yang anda harus perhatikan format dari ebook nya tersebut. Saya akan memberi cara membuat ebook dengan format pdf. Sebelum anda membuat sebuah ebook yang harus anda lakukan pertama kali adalah membuat struktur ebook tersebut. Mulai dari Cover, Judul, Isi, dan Penutup.

Buat Cover Ebook menggunakan Photoshop, CorelDraw ataupun Software Multimedia yang lainnya. Usahakan Membuat Cover Ebook Disertai dengan warna yang enak dipandang oleh orang lain. Letakkan cover di awal page dan di akhir page. Setelah membuat cover ebook yang anda lakukan adalah membuat Judul Ebook. Judul sangat berpengaruh bagi Seorang Pembaca untuk membaca ebook yang anda buat. Buat lah Judul dengan menarik mungkin dan tidak meniru judul orang lain, itu dapat menyebabkan tidak ada orang yang mau melihat ebook anda. Setelah membuat judul, buat daftar isi. Buat daftar isi dengan rapi dan disertai dengan nomor pada setiap halaman. Oke setelah anda sudah membuat judul sekarang membuat isi dari ebook. Gunakan font yang bisa dibaca oleh orang lain dan ukuran font jangan terlalu kecil sehingga pembaca bisa membaca huruf dengan jelas. Untuk isi ebook gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Dan penutup, pada bagian penutup anda bisa melampirkan data diri anda.

Setelah anda telah mengikuti langkah-langkah diatas dan sudah membuat cover ebook maka langkah terakhir yaitu menyimpannya. Jika anda membuat di Microsoft Word 2013 maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

 

1 . Pilih File

2. Setelah Muncul Tampilan berikut, pilih Save As

3. Setelah Di Click, Pilihlah dimana document tersebut akan disimpan

4. Maka Akan Muncul tampilan seperti berikut.

5 . Pilih Save As Type, Pilih Format PDF Dan Save

Demikian cara membuat ebook dengan format Pdf menggunakan Microsoft Word 2013.

 

Penulis : Arnolis

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...