Fungsi Dan Manfaat Database Dalam Kehidupan Sehari Hari

Fungsi Dan Manfaat Database Dalam Kehidupan Sehari Hari

  2019-01-11 17:23:49     Ulti Desi Arni     Dibaca 30 kali

Basis data ialah bidang teknologi informasi yang mempelajari mengenai pengolahan data berbasis elektronik, penyuntingan, pengelompokan, pembuatan, dan melakukan manajemen data untuk dapat mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang di inginkan.

Basis data ini berisikan sekumpulan file yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lain nya agar membentuk sebuah informasi yang dinamakan dengan data. Basis data juga merupakan sistem yang mengatur basis data tersebut, yang berkemungkinan pengguna atau user bisa mengakses dan memanipulasi file-file yang ada.

Manfaat basis data secara umum:

  1. Kecepatan dan kemudahan ( speed )

Manfaat pertama basis data ialah dalam hal kemudahan dan kecepatan, artinya basis data ini di rancang bertujuan untuk mempercepat kita dalam mengolah dan mendapatkan informasi. Karena terdapat nya konsep primary key, searching, indexing, dan sorting.

  1. Kebersamaan pemakai

Data base yang baik untuk dipakai secara bersamaan. contoh nya itu MySQL, MySQL ini menyediakan akses data base dengan waktu yang bersamaan. Dan untuk pengolahan data industri dimudahkan dengan adanya shared data, karena aplikasi Enterprise ini dapat di akses oleh seluruh staf yang mempunyai kepentingan. Yang mana kepentingan tersebut membutuhkan data base yang dapat di akses secara bersamaan. Oleh karena itu sistem shared data base ini menyediakan fitur untuk access privilege dan fitur untuk user yang dapat mengatur dan menentukan fitur data dan batasan data apa yang akan diperlukan user atau pengguna.

  1. Pemutusan kontrol data

Pemutusan kontrol data ini ialah data yang bisa dilakukan oleh pengguna atau user yang menunjukan sebagai yang bertanggung jawab dalam pengolahan data base pada suatu sistem. Hal ini pengguna atau user bersangkutan dengan data base dinamakan dengan administrator data base. Administrator data base ini bertanggung jawab dalam membuat, menghapus, mengedit, mengelola serta maintenace data base. Manfaat dari pemusatan kontrol ini yaitu data yang masuk dari berbagai macam input dapat di olah melalui server pc yang bersifat dedicated.

  1. Efesien ruang penyimpanan

Basis data yang di tersimpan di PC bersifat dedicated, maka data tersebut akan menghemat space yang dimana semua proses penyimpanan data yang di lakukan pada semua PC client akan tetapi di simpan pada PC tunggal yang telah anda tentukan. Semua transaksi masuk dan keluar record pada sebuah data base harus melalui dedicated- PC pada server.

  1. Keakuratan

Segala sumber informasi dan hasil dari olahan data yang di simpan pada data base yang sama. Maka tingkat keakuratan nya lebih terjamin lagi. Semua informasi dan proses data di simpan pada sebuah tempat yang sama serta memudahkan dalam manajemen suatu data.

  1. Ketersediaan

Ketersediaan berarti semua data dan informasi hasil dari olahan tersedia kapan kita akan membutuhkan nya. Hal ini juga menjadikan semua basis data sebagai informasi yang siap pakai yang dapat menjamin informasi tersebut dapat di akses kapan pun tampa ada nya deley yang berarti.

  1. Kelengkapan

Basis data menjadi sebuah kelengkapan informasi yang di olah dan di simpan karena semua atribut data seperti primary key, relationship, index dan lain-lain menjadi properti yang menyertai data tersebut.

Dengan adanya properti tersebut basis data tidak hanya berisi barisan record yang menghasilkan informasi akan tetapi juga berkaitan dengan struktur data , dan lain-lain.

  1. Keamanan

Basis data menjamin informasi yang di simpan dipastikan aman, baik dengan metode password, enkripsi dan lain-lain.

 

Penulis: wini


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia