Aplikasi Pengelolaan Tagihan Mudahkan Pengusaha Muda Kelola Cash Flow   

Aplikasi Pengelolaan Tagihan Mudahkan Pengusaha Muda Kelola Cash Flow  

  2019-01-10 16:32:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 61 kali

Omzet dan angka penjualan berkembang, tapi keuntungan yang diperoleh tidak meningkat dan bisnis terasa berjalan di tempat? Masalah ini seringkali dihadapi pelaku usaha, terutama bagi pengusaha muda. Kebanyakan pengusaha hanya memperhatikan pertumbuhan omzet dan peningkatan pada angka penjualan, namun tidak fokus untuk mengatur cash flow (arus kas), padahal penting untuk dilakukan.

Cash flow merupakan laporan keuangan yang mempengaruhi kas dari kegiatan operasi, transaksi pembiayaan atau pendanaan bersih selama satu periode pada kas suatu perusahaan. Cash flow sangat penting dalam sebuah perusahaan. Memang cash flow cukup sulit dalam pengelolaannya, sehingga harus dikelola dengan baik  agar bisnis Anda dapat berkembang dan bisa meminimalisir kerugian.

Pengelolaan cash flow yang salah akan berdampak besar bagi perusahaan, bahkan yang paling parah dapat menyebabkan kebangkrutan. Pengelolaan cash flow dilakukan pada sirkulasi uang masuk yang biasanya diperoleh dari hasil penjualan dan uang keluar untuk operasional pada bisnis. Jika uang masuk tidak mengalami kendala serta uang keluar tidak melebihi pemasukan yang diperoleh maka cash flow dapat dinyatakan dalam keadaan baik.

Sulitnya mengatur cash flow kerap dialami pengusaha yang baru memulai bisnis. Sebab, pengeluaran yang harus dibayarkan seringkali tidak sesuai dengan pendapatan atau uang masuk yang didapat. Namun kebanyakan bisnis tidak selalu memperoleh pemasukan yang lancar. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh sedikitnya angka penjualan, tapi malah sebaliknya. Selain itu, indikasi cash flow yang tidak baik ketika jumlah pengeluaran melebihi jumlah pendapatan penjualan.

Di sejumlah kasus, angka penjualan besar namun sirkulasi cash flow terganggu akibat proses penagihannya yang terhambat. Hal ini akan berdampak pada pengelolaan cash flow perusahaan. Jika terus berlanjut maka akan berakibat fatal.

Penagihan dilakukan berdasarkan invoice yang dibuat perusahaan. Invoice merupakan dokumen tagihan penjual ke pembeli. Invoice biasanya memuat keterangan terkait rincian barang yang dibeli, tanggal pembelian, harga satuan serta total yang harus dibayarkan. Pada perusahaan besar, invoice yang dikeluarkan dan dikirim tentu dalam jumlah banyak. Sehingga sangat penting untuk mencantumkan batas pembayaran tagihan agar penagihan lancar.

Umumnya, sistem manajemen yang rumit belum dibutuhkan pada bisnis yang baru dibangun, demikian pula pada proses penagihannya, karena sistem penagihan yang khusus belum diterapkan. Bahkan prosesnya masih sangat sederhana, yakni dengan alur yang dimulai dengan pembuatan dan pengiriman invoice, untuk kemudian pihak yang bersangkutan membayar tagihan. Namun penagihan yang tidak lancar akan memicu risiko besar.

Beberapa perusahaan masih menerapkan sistem manual pada proses penagihan, yakni dengan pengiriman invoice kepada konsumen untuk dikonfirmasi hingga memastikan pembayaran tagihan oleh konsumen dilakukan sesuai invoice tersebut. Sayangnya, penagihan seringkali tidak lancar, seperti mengalami keterlambatan hingga terjadinya penunggakan.

Untuk itu, dibutuhkan mekanisme khusus dalam mengatasi tagihan yang tidak lancar. Selain itu, pengusaha harus mengetahui penyebab terkendalanya proses penagihan tersebut. Sebab itu, sangat penting untuk memantau pembuatan invoice hingga pembayaran tagihan.

Namun, akan sulit jika masih dilakukan dengan konvensional, yakni tool khusus untuk memudahkan pengusaha mengelola tagihan. Salah satunya menggunakan aplikasi pengelola tagihan. Bagi pengusaha muda, aplikasi pengelolaan tagihan akan sangat membantu dan memudahkan dalam mengelola tagihan.

Aplikasi pengelolaan tagihan juga mempermudah pengusaha untuk melacak invoice  dan menghindari terjadi keterlambatan pembayaran. Terlebih lagi, aplikasi pengelolaan tagihan yang juga dikenali sudah dilengkapi fitur pengingat dalam bentuk pesan singkat dan email.

Dengan menggunakan aplikasi pengelolaan tagihan, pengusaha muda dapat dengan mudah membuat dan mengirim invoice hingga mengelola pembayaran tagihan dari pelanggan. Selain itu cara ini lebih efisien, hemat waktu dan biaya. Pada beberapa aplikasi pengelolaan tagihan dapat memudahkan bagian keuangan pada perusahaan hanya perlu melakukan pemantauan proses penagihan dan pembayaran.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pengelola penagihan untuk memudahkan dalam proses penagihan. Selain itu, pengusaha muda dapat dengan muda mengatur cash flow dengan mudah sehingga dapat meminimalisir dampak buruk pada keuangan perusahaan bahkan kebangkrutan pada perusahaan atau bisnis yang baru dibangun.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia