Tutorial Edmodo untuk Siswa

Apa sih itu Edmodo?

Edmodo adalah ‘Ruang Kelas’ Virtual yang dapat diakses oleh Komputer maupun Ponsel pintar, yang pada umumnya digunakan untuk kepentingan Pembelajaran bagi Pelajar, Edmodo menghubungkan Pelajar dengan Pengajar dan juga materi Pembelajaran yang dibutuhkan agar tercapainya tujuan Belajar.

Edmodo dan fiturnya

Edmodo memberikan kesempatan berdiskusi bagi Pelajar yang Pemalu dan Rasa kurang percaya diri sehingga masalah Komunikasi dengan orang sekitar. Dengan Edmodo, Pelajar diharapkan mampu berkomunikasi dengan Sesama Pelajar lainnya dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Designed by Teachers, for Teachers

Edmodo didirikan oleh Para Pendidik yang peduli mengenai Penting nya pendidikan bagi Anak dan Pelajar. Guru, Pelajar, dan Orang tua ialah Pokok  penting atas Berdirinya Edmodo.

Edmodo for Students

  1. Pertama-tama, Buka halaman Edmodo anda di link berikut https://www.edmodo.com . Anda akan melihat tampilan Log in or Sign up. Pilih link ‘Saya Siswa’ jika kamu masih belum memiliki Akun Edmodo.
  1. Isi kolom ‘First Name’ untuk nama depan, dan ‘Last Name’ untuk nama belakan. Isi kolom ‘Group Code’ dengan kode yang didapatkan dari guru kamu, lalu isi ‘Username’ untuk nama Panggilan Kamu, dan juga Email dan Password untuk Keamanan Akun. Jika sudah, tekan tombol ‘Sign Up’.
  1. Kamu akan Melihat tampilan Dashboard utama. Di sebelah sudut kanan atas, kamu akan melihat gambar Avatar kamu yang terlihat seperti bayangan putih. Untuk mengganti gambar tersebut, klik gambar lalu pilih ‘Profile’ dan Kamu akan berganti halaman ke halaman Profil kamu, lalu Letakkan kursor diatas Foto Profil Kamu dan klik ikon Pena, dan Kamu akan ditampilkan menu ‘Verify Password’ yang mana Kamu harus memasukkan ulang Password kamu. Jika sudah, Kamu akan melihat pilihan, ‘Upload Photo’ untuk mengimpor Foto atau ‘Personalize Avatar’ untuk Membuat Custom Avatar sendiri. Disini kita akan Memilih ‘Personalize Avatar’. Lalu Custom Avatar Kamu sendiri sesuai Selera Kamu, klik ‘Save’ jika sudah.
  1. Disini Kita akan mencoba membuat sebuah Post. Untuk membuatnya, pastikan Kamu berada pada halaman Dashboard Utama. Di bagian bawah daripada Navigation Bar, Kamu akan melihat Kolom input yang bertuliskan ‘Type your note here….’. Klik Kolom tersebut lalu isikan Post yang nanti nya Kamu bakal lihat di Timeline Kamu. Setelah Kamu mengisi Kolom input tersebut, Kamu akan melihat Kolom Input lain yang bertuliskan ‘Send to…’, disitu Kamu bisa menyetel siapa saja yang akan melihat Post Kamu ini.
  1. Di bagian ini Kita akan membahas tentang Edmodo Backpack. Edmodo Backpack merupakan Suatu Cloud Storage System, pada Edmodo Backpack inilah Kamu bisa menyisipkan beberapa file yang bisa Kamu akses dimanapun dengan Koneksi Internet. Dan juga Kamu bisa menghubungkannya dengan Google Drive jika Kamu memiliki Akun Gmail. Untuk memasukkan File kedalam Edmodo Backpack, Kamu bisa klik tombol biru yang bertuliskan Add to Backpack, dan Kamu hanya bisa meng-upload File atau Folder dengan Ukuran Maksimal 100Mb. Dan juga dengan Edmodo Backpack, Kamu bisa meng-upload link menuju sebuah Website.
  1. Pada Navigation Bar, Kamu akan melihat Sebuah ikon lonceng yang berada disebelah ikon Avatar. Disitu Kamu bisa melihat Notifikasi terbaru yang ada. Seperti Balasan Post, Invitation, dan lain-lain.

Diharapkan denga Penulisan Artikel ini, Para Pelajar di Indonesia lebih aktif belajar dengan Dunia Digital dan agar tidak Gagap Teknologi, dikarenakan Arus Globalisasi yang kian Cepat, terimakasih.

 

Penulis : Ilham

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...