WhatsApp-Button
Pengertian dan Fitur-fitur Pada Edmodo

Pengertian dan Fitur-fitur Pada Edmodo

  2019-01-10 16:18:49     Ulti Desi Arni     Dibaca 1087 kali

Edmodo itu apa sih , dan gimana aja settingan pembuatan akunnya?

Terus  bagaimana  cara membuat Edmodo untuk murid sekolah? Untuk siswa yang belum terbiasa menjalani proses pendaftaran atau “Register” suatu akun online?

Jawabannya mudah sekali , Edmodo adalah sistem pemelajaran antara guru dan siswa yang bisa di lakukan di mana saja(tidak mengharuskan harus di sini atau di dana) edmodo juga mewajibkan kamu untuk terhubung ke internet. Dengan adanya edmodo ini dapat memudahkan kamu melakukan metode pembelajaran yang selalu terjalin komunikasi yang baik dan tidak ribet

Pendaftaran edmodo ini juga menggunakan kode dan aturan bahasa inggris.  Untuk  melakukan pendaftaran edmodo ada baiknya di ikut sertakan  dengan dampingan oleh guru maupun orang tua kamu.  Alasannya  karena proses registrasi Edmodo menggunakan aturan bahasa Inggris. Untuk  siswa yang masih kurang  memahami bahasa Inggris . haruslah berhati hati karena proses ini dapat membingungkan anda .

Tahap-tahap  membuat akun Edmodo yakni sebagai berikut :

  1. Mendaftar di situs resmi Edmodo

    Cara mudah untuk membuat akun Edmodo untuk materi di kelas dimulai dengan melakukan pendaftaran di situs edmodo.com. Kamu dapat  melakukan pendaftaran dengan menggunakan browser Mozilla, Chrome, Opera dan bisa  melalui komputer, laptop maupun smartphone. Sebelum melakukan pendaftaran atau register akun, pastikan bahwa Kamu terkoneksi internet yang sangat  lancar serta memiliki email pribadi yang akan dibutuhkan dalam proses pendaftaran akun edmodo

  1. Memilih tipe akun edmodo sesuai dengan profesi

Di dalam aplikasi pembelajaran edmodo ini, Kamu bisa melihat bahwa aplikasi Edmodo memiliki 3 pilihan user yakni I’m a Teacher (akun untuk guru) , I’m a Student (akun untuk murid) dan I’m a Parent (akun untuk orang tua). Dalam proses pembelajaran ini  yang kamu pilih iyalah I ‘m a student.

Di dalam aplikasi edmodo ini juga ,Orang tua bisa ikut  memantau sistem perkembangan belajar siswa dengan memasukkan kode dari akun edmodo masing-masing murid dengan cara mendaftar menjadi anggota Edmodo, dan disini juga bisa berperan aktif dalam perkembangan proses belajar anak. Di sini orang tua di bebaskan untuk mengetahui pengetahuan anak , pelajaran anak dari tahun ketahun.

  1. Mendaftar sebagai Teacher (Guru) di edmodo

Untuk  guru yang sedang membuat akun Edmodo, langkah yang harus kamu lakukan adalah  mencari sekolah untuk tempat pemberian ilmu . Setelah menemukannya pilihlah sesuai keinginan hati, kemudian kamu diharuskan memasukkan profil terlengkap kamu. Berikutnya kamu tinggal memverifikasi akun kamu. Nantinya kamu akan mendapatkan sebuah code group yang akan kita share ke siswa untuk memulai suatu materi pembelajaran.

  1. Mendaftar sebagai Student (siswa) di edmodo

Tahap-tahap untuk  membuat Edmodo seterusnya iyalah yakni mendaftar sebagai siswa dengan memilih opsi “I’m a Student”. Kamu akan ditunjukan menuju halaman registrasi untuk mengisi formulir pendaftaran.Pada halaman pendaftaran tersebut, Kamu diharuskan memasukkan data diri nama lengkap  kamu(nama depan dan belakang), group code, username, email dan password.  Untuk kode group code, Kamu bisa bertanya langsung kepada guru Kamu. Keamanan group code dibutuhkan untuk menghindari adanya orang lain yang masuk ke dalam group , untuk itu  Edmodo menyediakan kode khusus yang bisa dipakai oleh guru dan murid.

  1. Pendaftaran edmodo finish

cara membuat akun Edmodo untuk materi pembelajaran antara guru dan siswa sudah selesai. Yang harus kamu lakukan  terakhir ialah  setelah mengisi semua data dengan lengkap selanjutnya tekan tombol “Sign Up For Free”. Dan now kamu sudah siap (stand bye untuk melakukan proses pembelajaran di group kamu.

Fitur Apa Saja yang Ada di Dalam Edmodo?

Jika ingin memahami cara membuat Edmodo, Kita juga perlu memahami fitur-fitur yang terdapat di dalam Edmodo. Fitur-fitur yang ada di dalam Edmodo bisa Kita manfaatkan secara optimal untuk bisa menunjang proses penyampaian materi pelajaran dan proses pembelajaran murid-murid. Beberapa fitur di dalam Edmodo yang Kita perlukan dalam proses penyampaian materi dan pembelajaran misalnya :

  • LIBRARY

Fitur ini dapat memudahkan guru untuk mengunggah materi pembelajaran bisa berbentuk gambar, prestasi, video, sumber referensi dan lainnya. Apabila kamu (bisa guru/siswa) mempunyai link  referensi kamu bisa menyimpannya di fitur library ini dan kamu bisa bebas memakainya.

  • ASSIGMENT

Fitur assigment ini berguna untuk memberikan work(tugas) kepada siswa

Secara online dan tambahan deadline , file attachment, dan juga tombol turn in yang memudahkan siswa untuk menyelesaikan tugas itu.

  • GRADE BOOK

Fitur grade book ini berguna untuk memudahkan guru untuk memberi nilai otomatis kepada siswa secara otomatis dan manual serta berhak untuk memantau memantau hasil pembelajaran kinerja semua siswanya. Di dalam grade book ini guru dapat mengakses total tentang grade book sedangkan sisa hanya bisa melihat hasil kinerjanya baik dalam penilaian langsung maupun grafik.

  • PARENT CODE EDMODO

Fitur parent code edmodo ini di tujukan bagi orang tua siswa . Fitur code edmodo ini mampu memudahkan orang tua untuk lebih memantau kinerja anaknya dan hasil nilai pembelajaran anaknya. Untuk bisa mengakses code ini orang tua harus meminta code group dari guru dan mengklik nama, kelas anak dan ikutilah langkah-langkah membuat akun edmodo. 

Cara membuat folder kamu di edmodo

Pembuatan, Penyimpan Konten, dan Penghapus Folder dengan tujuan  menjaga folder backpack dan folder   tersusun dengan rapi , dapat kamu lakukan  dengan cara teliti dan benar dengan  mengikuti tahap-tahap di bawah ini

tahap :

  • Pilihlah ikon Backpack di toolbar atas, kemudian pilih menu Folder. Setelah itu
  • Pilih/klik  tombol  NewFolder di sebelah kanan  atas layar edmodo. kemudian
  • Ketikan nama Folder yang akan kamu dibuat kemudian  pilihlah tombol Create dan  lihatlah hasilnya bahwa Folder kamu sudah bisa di gunakan.

Selanjutnya cara untuk  menambahkan konten /materi  kamu ke Folder yang sudah kamu buat , ikutilah tahap-tahap dibawah ini:

  • Pilih file yang akan dipindah. Kemudian tunggu sampai file tersebut  muncul checkbox tepatnya terletak di pojok kiri ikon file kamu. Selanjutnya
  • pilih ikon Addto Folder, (ikon toolbar atas Backpack). kemudian
  • Ceklis Folder yang kamu mau , kemudian klik tombol Apply maka file akan otomatis terpindahkan ke folder kamu.

Cara menghapus Folder dan konten di dalam folder kamu , dapat di lakukan dengan cara dibawah ini. Tapi sebelum kamu menghapus konten ini ada baiknya jika  kamu mengingat bahwa konten /materi yang kamu hapus akan terhapus untuk selamanya. Jadi jangan sampai kamu menyesal. Oke tahap yang harus kamu lakukan untuk menghapus folder di edmodo adalah:

  • Pilih ikon Backpack yang terletak  di toolbar bagian atas layar edmodo kamu. Setelah itu
  • Pilih Folder yang ingin dihapus dan klik thumbnail di atas sebelah kiri. kemudian
  • Pilih ikon Trash untuk untuk menghapus Folder. Dan
  • Untuk menghapus resource dari backpack dapat terhapus dengan cara klik yes.

 

Penulis : Rani


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia