WhatsApp-Button
12 Software Yang Digunakan Untuk Database Mysql   

12 Software Yang Digunakan Untuk Database Mysql  

  2019-01-10 16:12:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 40 kali

Dalam membuat dan pengembangan perangkat lunak, penggunaan database dalam pengembangan perangkat lunak sangatlah penting. Database ini berfungsi untuk menyimpan data-data yang diperlukan terkait dengan perangkat lunak yang sedang dikembangkan.

Agar mempermudah developer dalam memanajemen database, para developer memerlukan aplikasi management database yang bisa digunakan untuk melihat, mengubah, menghapus, dan membuat data baru ke dalam database.

1. PHPMyAdmin

Php Myadmin adalah sebuah aplikasi database manager berbasis web yang sangat popular dikalangan para developer web yang menggunakan database untuk menyimpan data-data dari developer tersebut. Tidak hanya mysql, php Myadmin juga mendukung database seperti: MariaDB, dan Drizzle. Php Myadmin ini sendiri bebas digunakan oleh siapa saja, dan jika kita ingin mendownload aplikasi ini tinggal mengunjungi website resminya yaitu www.phpmyadmin.net

2. MySQL WorkBench

Mysql WorkBench adalah aplikasi tools yang berbasis gui,digunakan untuk memanajemen database. Mysql WorkBench ini sangat support pada MySQL server versi 5.1 atau lebih tinggi.

3. DBVisualizer

Merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer ini bisa dijalankan pada Operating System windows, MacOS, dan juga Linux. DBVisualizer ini sangat banyak mendukung berbagai macam database seperti:Oracle,Sybase,SQL Server PostgreSQL,DB2,Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, SQLite, dan masih banyak lagi.

4.Squirrel SQL

Squirrel SQL merupakan database manager yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java.

5. HeidiSQL

Aplikasi yang satu ini merupakan tool management database yang diperuntukan untuk para developer web yang menggunakan MySQL server, Microsoft SQL, atau PostgreSQL sebagai databasenya.

6. Toad for MySQL

Perangkat lunak yang satu ini merupakan aplikasi database manager yang memiliki fitur utama dengan efesiensi dan kecepatan terhadap eksekusi query dan juga dalam management database tidak seperti aplikasi management database lainnya, seperti namanya, “Toad for Mysql” hanya mendukung database berupa MySQL saja.

7. SQL Power Architect

SQL Power architect ini adalah database manager yang mendukung berbagai macam database oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, MySQL, Informix, H2, dan SQLite.

8. PgAdmin

PgAdmin ialah aplikasi tools database manager untuk PstgreSQL yang berbasis gui. PgAdmin bebas digunakan oleh siapa saja, ini adalah aplikasi multiplatform  yaitu bekerja di berbagai macam system operasi seperti windows, Linux, MacOS, FreeSBD dan Solaris yang bersifat open source, dam jika kita ingin mendownloadnya bisa melalui web resminya yaitu  http://www.pgadmin.org/

9.Php PgAdmin

Jika PgAdmin pada nomor 8 tadi aplikasi tools, Php PgAdmin ini adalah aplikasi yang berbasis web, dalam artian aplikasi ini di akses menggunakan web browser seperti Google Chrome, Mozzila FireFox, internet Explorer, UC Browser, Opera, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini gratis dan bebas digunakan oleh siapa saja. Jika kita ingin mendownloadnya kita bisa mengunjungi situs resminya yaitu http://www.pgadmin.org/

10. Navicat

Navicat ini adalah aplikasi manajemen database yang berbasis Gui, aplikasi ini sangat mudah digunakan, aplikasi ini bisa memanipulasi database seperti melihat, membuat, mengubah, dan menghapus database.Untuk cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan menghubungkan Navicat kedalam database, setiap database berbeda beda pula caranya.

Navicat ini mendukung berbagai jenis database Seperti Mysql, MariaDB, MogoDB dan masih banyak lagi. Navicat sendiri bersifat multiplatform yang artinya bisa digunakan di berbagai system operasi seperti, Windows, MacOS, Linux.

11. Xampp

Xampp merupakan software bebas, yang mendukung banyak operating system, dan juga merupakan  penggabungan dari beberapa program. Yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database

Di xampp ini kita bisa membangun website berbasis offline(localhost) perangkat lunak yang satu ini sangat mudah untuk digunakan, selain berbasis GUI, aplikasi ini juga terdapat aplikasi lain seperti, PHP MyAdmin, Filezilla FTP,TOMCAT dan Mercury. Aplikasi ini sangat praktis dan jika ingin menyimpan database tidak perlu mendownload aplikasi database karena xampp sendiri sudah terdapat aplikasi database di dalamnya. Aplikasi ini gratis dian bebas digunakan oleh siapa saja. Wamp sendiri bisa beroperasi di berbagai system operasi seperti windows, linux, mac os, dan solaris. Untuk mendownload aplikasi yang satu ini tinggal mengunjungi situs resminya yaitu https://www.apachefriends.org/

12. Wamp

Sama seperti Xampp Wamp Server ini  Memungkinkan kita untuk membuat aplikasi web dengan Apache2, PHP, dan database MySQL. Bersamaan, Php MyAdmin dan memungkinkan kita untuk memanajemen database. Perbedaan antara xampp dan wamp yaitu jika xampp bisa dijalan kan di berbagai system operasi seperti windows, linux, macos, dan solaris. Wamp server hanya bisa beroperasi pada system operasi windows.

 

Penulis : Firdaus


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia