Prinsip-Prinsip Desain Bahasa Pemrograman

Prinsip-Prinsip Desain Bahasa Pemrograman

  2019-01-10 15:44:01     Ulti Desi Arni     Dibaca 31 kali

Sebuah bahasa program yang di rancang untuk dapat memudahkan pembaca dan pemakai manusia serta pelaksanaan yang efesien pada perangkat yang telah tersedia.

  1. Prinsip kesederhanaan

Bahasa yang didasarkan pada yang paling sedikit.

  1. Prinsip orthogonal

Prinsip ini merupakan fungsi yang mandiri yang wajib dikendalikan oleh mekanisme itu sendiri.

  1. Prinsip keteraturan

Sebuah objek yang dapat disebut dengan reguler yang berkaitan dengan kondisi. Kondisi ini hanya bisa dipakai untuk masing-masing unsur.

  1. Prinsip sifat ekstensibilitas ( prinsip yang dapat di perpanjang )

Objek yang baru pada tiap kelas sintaktis mungkin digambarkan pada dasar dan untuk membangun dengan cara sistematis. Prinsip ekstensibilitas diperlukan konsep dasar pada bahasa pemrograman yang di terapkan secara konsisten dan bersifat universal.

Model komputasi

Teori komputasi ialah cabang untuk ilmu matematika dan komputer yang membahas apa ,dan bagaimana sebuah masalah itu diselesaikan dan dipecahkan pada model komputasi ini. Untuk dapat melakukan studi komputasi dengan ketat, ilmuan komputer bekerja dengan abstraksi matematika dari sebuah komputer yang disebut dengan model komputasi. Beberapa model yang digunakan, tapi yang paling sering digunakan yaitu mesin turing. Kenapa mesin turing digunakan pada komputer? Karena penyimpanan nya tidak terhingga dan juga mesin turing ini juga mudah untuk di pahami, dirumuskan dan dianalisis.

Model komputasi ada 3 yaitu:

  1. Mesin mealy

Pada teori komputasi untuk dasar sebuah komputer, mesin mealy yaitu otomasi fasa yang berhingga atau yang menghasilkan keluaran yang berdasarkan fasa dan pada bagian input atau masukan. Pada model ini diagram fasa pada model ini mempunyai sinyal keluaran dan sinyal masukan pada setiap transisi. Prinsip mesin mealy ini berbeda dari mesin moore yang dapat menghasilkan output atau pengeluaran pada setiap fasa nya.

  1. Mesin moore

Pada teori ini komputasi komputer menjadi prinsip dasar komputer, sebuah fasa yang berhinggga yang dimana output atau keluarannya di tentukan oleh fasa pada saat itu,dan tidak mempengaruhi oleh bagian input atau masukan dinamakan dengan mesin moore. Diagram fasa pada mesin moore ini mempunyai sinyal keluaran untuk masing-masing fasa nya, ini berbeda dengan mesin mealy yang mempunyai pengeluaran sesuai dengan transisi nya.

  1. Petri Net

Petri net ialah salah satu model yang digunakan untuk merepresentasikan sistem dan terdistribusi dekrit yang berperan sebagai sebuah model. Petri net ini mempunyai 3 arah grafik yang terdiri dati transition dan place dan keduanya dihubungkan dengan tanda panah. Untuk mempresentasikan keadaan sebuah sistem, token nya diletakan pada place yang di tentukan. Apabila sebuah transitions terpantik, maka toke yang diletakan bertransisi sesuai dengan tanda panah.  

Terdapat 3 model dasar pada komputasional yaitu logika, imperatif dan fungsional yaitu:

a. Model fungsional

Yaitu model yang terdiri dari fungsi, nilai, komposisi fungsi, dan operasi aplikasi. Fungsi ini bisa mengambil fungsi yang lain sebagai argumentasi setelah itu mengembalikan fungsi yang memberikan hasil. S

b. Model logika

Model logika ini terdiri dari sebuah set nilai nilai.

c. Model imperatif

Model imperatif ialah salah satu set nilai yang mencakup sebuah keadaan dan operasi dasar untuk memodifikasi sebuah pertanyaan. Pernyataan ini ialah sebuah set pasangan nama dan nilai dari variabel dan konstanta. Sebuah program terdiri suatu kumputasi dan urutan tugas pada sebuah pernyataan.

 

Penulis : Wini


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia