Whatsapp VS Bbm

WhatsApp dan BBM merupakan dua Aplikasi yang umumnya digunakan oleh para pengguna Android. Kedua-duanya merupakan aplikasi yang digunakan untuk proses pengiriman dan penerimaan pesan atau biasa juga disebut dengan aplikasi chatting.

WhatsApp merupakan nama aplikasi yang berasal dari plesetan frasa yaitu What’s Up yang berarti “Apa Kabar”. WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak dekat maupun jarak jauh. selain untuk menerima dan mengirim pesan dalam bentuk teks, WhattsApp juga mendukung dalam bentuk video, foto, lokasi, dokumen dan juga panggilan suara serta panggilan video(Video Call).

Sama dengan WhatsApp, BBM singkatan dari BlackBerry Messenger juga merupakan aplikasi instan yang dapat digunakan oleh orang-orang yang dirancang khusus untuk penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dari jarak jauh maupun jarak dekat.

Lalu, apa sih perbedaan dan keunggulannya masing-masing?

Mari kita bahas satu per satu

  1. Proses pengiriman Pesan

Pada BBM memiliki notifikasi berbentuk centang satu menandakan bahwa pesan telah sampai ke Server namun belum diterima oleh penerima, huruf “D” yang berarti bahwa pesan yang di kirim sudah sampai ke penerima namun belum dibaca. Jika pesan sudah dibaca maka notifikasi tersebut berubah menjadi “R”.

Pada WhatsApp juga memiliki hal yang serupa. Centang satu juga menandakan pesan sudah terkirim ke server namun belum diterima oleh penerima. Selanjutnya centang dua biasanya berwarna abu-abu berarti menandakan bahwa pesan sudah diterima oleh penerima namun belum dibaca. Jika pesan sudah dibaca, maka centang dua tersebut berubah warna bisanya menjadi warna biru.

  1. Privasi dan Cara Mengundang

Pada BBM menggunakan mekanisme berbasi PIN dan disana kita membutuhkan pengiriman undangan dan jika sudah diterima maka kita bisa melakukan pengiriman dan penerimaan pesan. Hal ini mungkin bisa menjaga privasi namun sayangnya cukup merepotkan karena pengguna tidak bisa langsung saling berkirim pesan jika belum menerima undangan.

Berbeda dengan WhatsApp, WA menggunakan mekanisme undangan menggunakan nomor telepon. Ini sangat mudah dilakukan karena pengguna bisa langsung bisa mengirim pesan ke yang lain apabila nomor telepon pengguna lain tersebut sudah disimpan di daftar kontaknya sehingga tidak perlu mengirim undangan terlebih dahulu, namun cara ini tidak melindungi privasi karena nomor pengguna bisa dengan mudah tersebar kemana-mana dan siapa saja bisa mengirim pesan meski tanpa persetujuan sekalipun.

  1. Grup Chat

Keduanya sama-sama memiliki fitur untuk membuat grup. Namun WhatsApp bisa menampung lebih banyak anggota di dalam grup dibandingkan dengan BBM

Dan masih banyak lagi perbedaan serta keunggulan dari masing-masing Aplikasi Chat tersebut. Kita belum bisa memastikan mana yang terbaik diantara keduanya. Namun kita tidak harus memilih karena kedua aplikasi tersebut bisa digunakan beriringan dalam satu Ponsel.

 

Penulis : Cindy C. Pitaloka

#Garudacyber08januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...