Pengertian Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Pada saat ini saya akan menjelaskan tentang materi mengenai pengertian teknik informatika dan sistem informasi. Untuk saat ini teknik informatika dan sistem informasi masih menjadi ilmu dan teknik yang sangat favorit di perguruan tinggi manapun. Dimana teknik informatika dan sistem informasi ini sama- sama memiliki ilmu dalam mengenai dasar konsep mengenai computer. Induk dari seluruh sub-sub yang dipelajari di bidang teknik informatika ini termasuklah sistem informasi.

Baiklah, untuk mengenai pengertian teknik informatika sangat penting. Jadi apa itu teknik informatika, dilihat dari sis pengertiannya, teknik informatika ini merupakan kumpulan ilmu dan teknik yang secara khusus dalam menangani masalah pergantian komputerisasi dengan memanfaatkan teknologi computer yang ada melalui proses logika-nya.

Pada bidang ini pun banyak yang diulang seperti bidang pemrograman, (software) dan dengan bidang aplikasi seperti bidang usaha dan juga teknologi jaringan computer. Lalu apa aja yang dipelajari di teknik informatika, di dalam teknik informatika tersebut yang dasar ilmunya adalah algoritma. Dimana, setiap mahasiswa itu dapat diarahkan dalam ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang telah dilandasi pada kemampuan dalam memahami, menganalisa, menilai, menerapkan dan menciptakan sebuah aplikasi dalam pengolahan dari computer tersebut.

Dengan itu materi itu dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu yaitu sistem informasi, software, pemrograman, serta arsitektur dan jaringan computer. Jadi bidang ilmu sistem informasi itu merupakan ilmu pengetahuan tentang dasar kerangka sistem informasi tersebut, metodologi dan perancangan, pengembangan, serta pemeliharaan sistem. Bidang ilmu rekayasa perangkat lunak/software yaitu ilmu yang mempelajari tentang analisa dan desain pada suatu objek, menyempurnakan proses rekayasa dan pemrograman.

Pada bidang ilmu pemrograman adalah pengetahuan dan melakukan analisa terhadap permasalahan dalam ruang lingkup komputerisasi, sistem terdistribusi dan teknologi jaringan. Dan selanjutnya adalah bidang arsitektur  dan jaringan computer adalah materi yang dipelajari arsitektur computer, organisasi computer, elektronika, jaringan computer dan lain-lain.

Apa saja prospek lulusan yang dihasilkan pada teknik informatika. Sebenarnya bidang aplikasi computer ruang lingkupnya luas, dan hampir tidak ada ruang yang tidak disentuh oleh teknologi computer. Jadi karena luasnya bidang aplikasi tersebut, maka terbataslah jumlah analisa sistem analisa, dan karena pesatnya perkembangan dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak  sehingga sangat cerah bagi lulusan teknik informatika. Jenis pekerjaan yang baik antara lain programmer, sistem analisa, web design, sistem infromasi, jaringan computer, instansi pemerintah dan lembaga penelitian, perusahaan seperti perbankan, konsultan, telekomunikasi dan lain-lain.

Dan selanjutnya, kita akan membahas tentang Sistem Informasi. Dimana sistem informasi bisa dikatakan bagian dari Teknik informatika. Jadi sistem informasi merupakan gabungan dari teknologi informasi serta aktivitas yang digunakan adalah teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemennya. Dalam arti yang lain, sistem informasi itu adalah interaksi antara orang, proses, data dan teknologi. Istilah ini biasanya digunakan yang tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi, tetapi cara dimana orang bisa berinteraksi dengan teknologi.

Dan perbedaan dari teknik informatika dan sistem infromasi itu. Yang pertama dibahas pada teknik informatika tersebut mengenai pengolahan data melalui proses-proses logika. Jadi jurusan ini Greader lebih condong ke implementasi dari pada teori. Maka, dari sini kita lebih focus kepada sebuah proses pembuatan, walaupun begitu teori juga tetap dibahas tapi tidak sedalam ilmu computer.  Sedangkan sistem informasi membahas tentang ilmu computer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Fokusnya tersebut lebih ke bidang software.

 

Penulis : Zulkifli

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...