Pengertian Hirarki Basis Data

Pengertian Hirarki Basis Data

  2018-12-07 16:53:52     Ulti Desi Arni     Dibaca 11 kali

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang masalah Basis Data. Basis data ini sama dengan DataBase yaitu pelajaran yang Anda memiliki jurusan RPL. RPL ini merupakan jurusan yang dapat Anda temui di sekolah menengah kejuruan (SMK). Basis data biasanya digunakan di suatu program.

Basis data sangat memiliki banyak arti yaitu Basis artinya markas atau gudang ataupun tempat berkumpul, sedangkan Data yaitu representasi nyata dan sebuah fakta dari semua objek. Secara garis besarnya Basis Data adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan dengan data yang lainnya dan di simpan di sebuah komputer secara bersama semirip mungkin tampa adanya sebuah pengulangan yang mungkin tidak di gunakan dengan berbagai metode yang ada.

Pengertian Basis Data menurut para ahli, yaitu:

  1. Database yaitu sekumpulan suatu informasi penting yang di simpan di sebuah komputer sehingga dapat di lihat untuk mendapatkan petunjuk dari data base tersebut.
  2. Database yaitu pencerminan semua kenyataan yang berkaitan di simpan secara bersama sedemikian mirip dan tampa pengulangan yang tidak berguna, untuk melengkapi semua kebutuhan tersebut.
  3. Database yaitu sekumpulan informasi yang saling berhubung pada suatu benda atau permasalahan tertentu pada tujuan tertentu juga.

Ternyata ini mempunyai sebuah struktur hirarki yang saling berkaitan dengan data base tersebut. Struktur hirarki basis data merupakan model data yang mana data tersebut di atur dengan struktur tree, yaitu: character, field atau data, record, file, tabel dari basis data tersebut. Character yaitu suatu data yang paling kecil yang membuat sebuah data.

  1. Field atau data yaitu sangat mencerminkan pada suatu atribut dari record sebuah data.
  2. Record yaitu suatu kumpulan dari beberapa data.
  3. File yaitu suatu bagian yang terdiri dari record yang sama.
  4. Tabel yaitu suatu pokok di penyimpanan sebuah data.

Selain yang di atas ada juga yang namanya ERD. ERD yaitu sebuah model data yang terdiri dari entitas dan relasi antara objek.

ERD terbagi atas menjadi 3 yaitu:

  1. Entitas (Entity)

Entitas yaitu suatu benda yang bisa di bedakan dengan objek lain. Entitas di lambangkan dengan simbol persegi panjang. Entitas dapat di bedakan menjadi entitas kuat dengan entitas lemah. Yang membedakan keduanya tersebut yaitu kalau entitas kuat sering memiliki atribut kunci atau key atribut, sedangkan kalau entitas lemah sama sekali tidak memiliki atribut kunci tersebut. Entitas berdasarkan konsep yaitu gaji, pekerjaan, dan lain sebagiannya. Sedangkan entitas berdasarkan fisikal yaitu: rumah, mobil, dan lain sebagiannya.

  1. Atribut (Attribute)

Atribut adalah karakter dari suatu entitas, yang menjelaskan sebuah karakter dari entitas tersebut. Atribut di lambangkan dengan simbol oval. Attribute ini Greader terbagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari Key attribute, Composite attribute, Single-valued attribute, Multi-valued attribute, Derived attribute, dan Simple attribute. Berikut

  • Key attribute yaitu atribut kunci yang dapat membedakan dengan atribut lain.
  • Composite attribute adalah atribut yang bisa di pisah menjadi atribut lainnya.
  • Single value attribute merupakan suatu atribut yang cuman mempunyai satu nilai tidak lebih pada atribut itu.
  • Multi value attribute merupakan atribut yang memiliki beberapa nilai atau lebih satu nilai atribut tersebuut.
  • Derived attribut merupakan sebuah turunan dari sebuah atribut.
  • Simple attribute adalah atribut yang sudah tidak bisa untuk di pisah pisahkan menjadi bagian yang lebih kecil lagi.
  • Hubungan (Relationship) adalah sesuatu hal yang menjadi hubungan antara entitas yang satu dengan entitas yang lainnya. Relasi ini di lambangkan dengan sebuah simbol belah ketupat.

Di dalam ERD ini ada juga sebuah kardinalitas yang berfungsi sebagai batasan dalam relasi. Kardinalitas adalah penjelasan terhadap jumlah maksimum dan minimum antara sesama entitas.

 

Penulis : Kelvin


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia