Manajemen Proyek Dalam Kegiatan Perusahaan

Manajemen Proyek Dalam Kegiatan Perusahaan

  2018-12-06 15:36:03     Ulti Desi Arni     Dibaca 3 kali

Yang kita ketahui proyek itu adalah suatu usaha  yang dilaksanakan untuk menghasilkan suatu barang atau produk dan jasa yang memungkinkan produk itu sangat unik, dan Manajemen proyek Adalah suatu kegiatan yang sifat nya tidak rutin dan insidental. Pada manajemen proyek kita melibatkan hal-hal yang membatasi proyek ini.

  1. Manajemen proyek dibatasi oleh dana yang sudah kita alokasikan,, dan dana di batasi oleh anggaran yang sudah diputuskan oleh perusahaan agar kita tidak melebihi apa yang sudah di putuskan oleh perusahaan.
  2. Manajemen proyek ditentukan waktu nya, dan harus selesai oleh jangka waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan, karena kita mempunyai time crime. Sehingga proyek harus selesai tepat waktunya.
  3. Manajemen proyek jug di batas oleh ruang lingkup pekerjaan yang harus dipenuhi perusahaan yang harus penuh persya

Disini seorang projek manajer harus bisa memanage atau mengelola ketiga batasan – batasan tersebut ( mulai dari dana, waktu, dan ruang lingkup ) sehingga proyek yang dihasilkan sesuai dengan proyek yang kita harapkan.

Kegiatan proyek tidak hanya merupakan suatu kegiatan yang sifat nya teoritis, namun juga ada seni yang harus dikembangkan oleh sorang projek manajer, dimana seorang manajer proyek harus bisa memimpin pemangku kepentingan ( stake holder )   yang mendukung dari proyek ini, dan manajer proyek juga harus bisa bernegosiasi dengan orang – orang yang terlibat, dan berkomunikasi dengan baik sehingga proyek kita berjalan dengan lancar.

Disini manajer proyek harus bisa mengatur pemangku kepentingan, bernegosiasi, dan berkomunikasi yang baik, sehingga dicapai kualitas yang memenuhi syarat, dalam hal ini seorang proyek manajer juga bertindak sebagai konduktor, seperti insinyur yang bekerja di lapangan harus bisa memberikan keahlian teknisnya. Dalam proyek manajemen ini didukung oleh faktor – faktor yang terlibat yaitu yang paling utama adalah People , proyek kita harus didukung oleh orang – orang yang tepat.

Yang kedua adalah proses yang mendukung jadi bagaimana semuanya sudah kita siapkan dan bukan suatu prose yang sifat nya sebagai kejadian yang tidak sengaja tetapi suatu proses yang sudah didukung oleh dokumentasi, dan yang pasti bahwa kita dibantu oleh teknologi yang tepat, dan pada akhirnya keberhasilan sebuah proyek   adalah keberhasilan sebuah team yang sukses, bukan keberhasilan hanya manajer proyek.

Jadi disini dibuat suatu keadaan bahwa kolaborasi, dan integrasi dari suatu kegiatan harus terstruktur atau tersusun dan sesuai dengan aturan – aturan yang telah ditentukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan dari manajer proyek, dan disinilah manajer proyek harus berperan dan memilih semua tiga hal yang telah ditentukan tadi ( seperti dana, waktu, dan ruang lingkup) menjadi suatu kesatuan namun standar kualitas dan hal – hal yang lainnya diatur oleh dokumen manajer proyek.

Dan pada manajemen proyek ini kita juga harus mengetahui 10 Knowladge dalam proyek manajemen ini, yaitu :

  1. Project Scope management (ruang lingkup pekerjaan )
  2. Project time management (waktu yang tepat )
  3. Project cost management ( biaya )
  4. Project human resource management ( me-manage team)
  5. Project risk management ( resiko )
  6. Project communication management
  7. Project quality management ( kualitas )
  8. Project procurement management ( pengadaan barang)
  9. Project integration management ( aktivitas yang diperlukan untuk mengidentifikasi suatu manajemen proyek )
  10. Project stake holder management ( orang yang terlibat)

  

NURUL ADITA PUTRI


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia