Diagram Hirarki Basis Data

Diagram Hirarki Basis Data

  2018-12-06 15:31:55     Ulti Desi Arni     Dibaca 9 kali

Struktur hirarki, hirarki ialah tingkatan atau urutan yang abstraksi menjadi struktur pohon. Hirarki ini membentuk bebrapa aturan yang berdasarkan peringkat atau khusus. Jadi struktur hirarki ialah level atau tingkatan untuk melihat data dalam sistem data base dan di wujud kan dalam pemodelan data dengan sejumlah konsep yang dapat di gunakan n untuk membuat deskripsi dalam sebuah basis data. Diagram hirarki ini memisahkan antara program pemakai dengan fisik basis data.

Hiraraki terbagi atas beberapa bagian yaitu:

  • Hirarki organiasi ialah proses penyusun elemen-elemen yang meliputi kelompok-kelompok elemen yang bersifat homogen.
  • Hirarki manajemen yaitu hirarki struktur yang menguraikan sebuah masalah menjadi bagian bagian yang menurut besar dan ciri nya mempunyai jumlah, bentuk, ukuran , warna dan lain lain.
  • Hirarki sosial ialah hirarki yang berpatokan pada tataan, peringkat, otoritas, prestise dan lain-lain.

Sebuah data harus di susun secara baik dan teratur agar pada saat pengolahan data dapat di lakukan dengan efesien dan baik. Organisasi data ada 6 di yaitu:

  1. Bit ialah sistem yang angka biner nya terdiri dari dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem pada angka biner juga bisa di gunakan untuk berkomunikasi antara mesin komputer dengan manusia. Yang kumpulan elektronik nya hanya bisa membedakan dua keadaaan saja yaitu off dan on . maka dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa bit adalah unit terkecil dalam pembentukan data.
  2. Byte yaitu bagian yang terkecil yang bisa dialamatkan dalam sebuah memori. Byte ini merupakan sekumpulan bit yang manual dan terdiri dari 8 kombinasi bit. Satu dari byte tersebut di gunakan untuk kode salah satu karakter pada memori. Contoh nya kode Ascii untuk J yaitu 10101010. Jadi byte merupakan kumpulan dari beberapa bit yang membentuk sebuah karakter tanda, angka dan huruf.
  3. Field atau di sebut juga dengan kolom yaitu unit yang terkecil dalam sebuah data. Field juga sekumpulan byte yang memiliki makna. Field itu juga bisa di katakan dengan kumpulan karakter yang dan membentuk satu kata.
  4. Record ialah baris atau kumpulan item yang berhubungan. Record hanya dapat di kenali oleh sesuatu yang bisa di kenali nya. Setiap record dapat di kenali dengan field kunci. Record di ibrat kan kumpulan kata yang membentuk sebuah kalimat
  5. File ialah kumpulan dari beberapa record yang saing berhubungan dan sejenis. File ialah faktor yang sangat penting dalam sebuah sistem informasi yang memakai komputer. Jadi tabel ialah kumpulan record atau baris dan membentuk sebuah tabel.
  6. Data base yaitu kumpulan file file yang saling berhubungan dan di gunakan secara rutin dan logis pada sistem operasi sistem. Data base pada umum nya mempunyai elemen-elemen data yang di sususn berdasarkan struktur dan skema tertentu yang di simpan pada hardware atau perangkat keras dan software pada komputer untuk mengubah data sesuai kegunaan tertentu. Jadi data base merupakan kumpulan tabel yang di gunakan untuk lingkup sebuah perusahaan atau instansi dengan tujuan tertentu. Contoh sebuah data base yaitu database mahasiswa akademik yang isi nya dosen, mahasiswa, judul yang di butuhkan, dan kurikulum untuk mendukung sistem operasi sebuah akademik.

 

Penulis : Wini


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia