Cara Install QGIS untuk Sistem Operasi Linux (Ubuntu)

Cara Install QGIS untuk Sistem Operasi Linux (Ubuntu)

  2018-12-05 17:09:57     Ulti Desi Arni     Dibaca 14 kali

Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba menginstall salah satu software atau aplikasi untuk membuat GIS di komputer kita, dan sistem operasi yang digunakan kali ini adalah sistem operasi berbasis linux, dan dalam hal ini bisa dengan menggunakan sistem operasi linux ubuntu. Baiklah, langsung saja kita mulai.

Menginstall QGIS secara online Software Manager

  1. Kita bisa menginstall aplikasi QGIS tersebut di linux kita tanpa menggunakan terminal, yaitu dengan menggunakan Software Manager yang ada di linux. Pertama buka Software Manager yang ada di linux anda.

  1. Pergi ke bilah pencarian dan ketikkan “QGIS” (tanpa tanda kutip) kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini, dan klik yang bacaannya “Qgis”

  1. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, kemudian tekan install, setelah berhasil akan muncul 2 tombol yaitu remove (hapus) dan launch (buka) (tergantung bahasa yang digunakan di dalam sistem operasi tersebut).

 

  1. Setelah selesai, kemudian cari di komputer kita apakah Qgis-nya sudah benar-benar terinstall.
  2. Untuk menghapus aplikasi QGis dari komputer kita, kita hanya perlu melakukan hal yang sama seperti menginstall tadi, tetapi setelah di install akan ada tombol “remove” tekan tombol tersebut untuk melakukan penghapusan aplikasi QGis pada komputer kita.

Menginstall QGIS dan GRASS Menggunakan Terminal

Jika kita menginstal QGIS dengan Software Manager bawaan, kemungkinan besar kita akan mendapatkan versi QGIS yang ketinggalan jaman. Untuk menginstall QGIS yang lebih barus mengikuti cara-cara berikut ini dengan menggunakan terminal. QGIS harus bekerja dengan baik dengan turunan Linux selain dari Ubuntu.

  1. Buka jendela terminal. Pertama-tama, pastikan untuk menghapus paket QGIS yang mungkin telah Anda pasang sebelumnya dari repositori lain dengan cara mengetikkan kode-kode berikut ini :

 

  1. Selanjutnya tambahkan repositori yang pada file etc di apt dengan nama sources.list.

QGIS 2.18.x untuk Ubuntu 18.04

 

QGIS 2.18.x untuk Ubuntu 16.04

Karena xenial tidak memiliki instalasi gdal2 asli, kami akan menggunakan repositori “ubuntugis” termasuk repositori “ubuntugis-unstable” (untuk gdal2) untuk menginstal QGIS.

Untuk rilis Ubuntu lainnya, cukup ganti ‘xenial’ dengan nama rilis masing-masing.

  1. Sekarang kita perlu menambahkan kunci GPG sehingga kita tidak menghadapi kesalahan kunci:

 

Setelah itu, kita dapat menginstal QGIS dan GRASS dengan cara sebagai berikut:

SAGA (System for Automated Geoscientific Analyzes)

SAGA adalah perangkat lunak GIS lintas-platform gratis, hibrida. SAGA menyediakan banyak metode geoscientific yang dipaketkan dalam apa yang disebut perpustakaan modul.

Anda dapat menginstal versi SAGA LTS 2.3.1 dari repositori ubuntugis / unstable. Jika Anda belum melakukannya, tambahkan repositori dan kemudian kita bisa melakukan penginstallan SAGA melalui kode apt-get:

 

Penulis : Febri


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia