Software untuk Membuat GIS, Nomor 1 Paling direkomnedasi

Software untuk Membuat GIS, Nomor 1 Paling direkomnedasi

  2018-12-05 17:08:06     Ulti Desi Arni     Dibaca 15 kali

Untuk membuat sebuah proyek GIS kita pasti memerlukan sebuah software atau aplikasi yang bisa membantu kita. Seperti yang sudah kita bahas pada sesi tentang GIS sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang 10 software atau aplikasi yang bisa membantu kita dalam membuat sebuah proyek GIS. Apa saja aplikasi tersebut ? mari kita simak bersama-sama pembahasan berikut ini.

1. QGIS

QGIS adalah singkatan dari Quantum GIS. QGIS sendiri adalah termasuk kedalam bagian dari FOSS. FOSS adalah singkatan dari Free and Open Source Software, atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan sebagai Perangkat Lunak Gratis dan Bebas Pakai. Pada software QGIS kita bisa membuat, mengedit, memvisualisasikan, menganalisis, dan mempublikasikan informasi geospasial tanpa biaya.

Ada 400 jumlah plugin yang ditawarkan oleh software QGIS. Kita bisa mendapatkan dan menguji semua plugin-plugin. QGIS juga dapat di integrasikan kedalam CAD, OpenStreetMap dan lapisan Bing dalam sekejap.

Plugin QGIS dapat memberikan kita kekuatan dalam memproses dan menganalisis data GIS. Dalam komunitas GIS, QGIS secara luas diyakini sebagai opsi open source terbaik karena kartografi dan pemrosesannya yang paling diunggulkan.

2. ArcGIS

ArcGIS merupakan software GIS yang diproduksi oleh perusahaan yang bernama Esri. Esri adalah perusahaan terbesar sebagai perusahaan perangkat lunak GIS terbesar. ArcGIS adalah software yang bisa dijalankan di sistem operasi Windows yang meliputi :

  • ArcReader, adalah salah satu bagian dari paket ArcGIS yang fungsinya adalah menampilkan peta yang dibuat oleh produk-produk ArcGIS lainnya.
  • ArcGIS Desktop, terdapat tiga fitur di dalamnya, yaitu:
  1. ArcView, disini pengguna bisa melakukan analisis spasial dasar, membuat peta berlapis, dan juga menampilkan data spasial.
  2. ArcEditor, dapat memanipulasi berkas shapefile dan geodatabase.
  3. ArcInfo, dengan kemampuan yang hampir sama dengan ArcEditor denga beberapa fungsi tambahan yaitu, analisis, penyuntingan, dan fungsi manipulasi data.
  • ArcGIS juga menyediakan produk yang berbasis server dan juga untuk PDA (Private Digital Assistence) yang dapat dibeli terpisah untuk meningkatkan kemampuan dari ArcGIS.

3. GRASS GIS (Geographic Resource Analysis Support System)

GRASS GIS dikembangkan oleh Korps Insinyur Angkatan Darat AS dan merupakan alternatif gratis untuk perangkat lunak GIS komersial. GRASS GIS menawarkan banyak modul untuk analisis SIG. Termasuk manajemen data, pengolahan gambar, produksi grafis, pemodelan spasial dan visualisasi. Tidak heran mengapa NOAA, NASA, dan USGS menggunakan GRASS GIS karena fungsi ini, dan GRASS GIS juga bisa digunakan di QGIS.

4. MapInfo

MapInfo Professional memungkinkan untuk membuat, mengelola, dan memvisualisasikan data GIS. MapInfo melakukan apa yang dapat dilakukan oleh semua perangkat lunak SIG yang baik. MapInfo menghubungkan geografi dengan data tetapi dengan label harga yang lebih kecil. Pemetaan terperinci, analisis data, identifikasi pola & tren, adalah alasan mengapa bisnis menerapkan "lokasi intelijen" MapInfo.

MapInfo GIS Suite memungkinkan kita untuk membuat, mengakses, dan mengelola aset geospasial, memvisualisasikan intelijen bisnis dan data pelanggan, dan berbagi peta interaktif berkualitas tinggi - dengan cepat dan mudah.

MapInfo (bersama Intergraph) adalah satu-satunya pesaing untuk Esri di pasar GIS komersial. Kegunaan adalah kunci filosofi GIS MapInfo. Pengguna tingkat pemula hingga mahir dapat melakukan lebih banyak dengan fungsionalitas tambahan.

5. Global Mapper

Global Mapper awalnya dikembangkan oleh USGS untuk menampilkan peta topografi (.DRG) dan model elevasi digital (.DEM). Perangkat lunak GIS ini telah berkembang menjadi produk komersial yang hemat biaya. Seperti kebanyakan opsi perangkat lunak GIS, ini memungkinkan pengguna untuk melihat, mengedit, menggabungkan, dan mengekspor ratusan format file yang didukung.

Global Mapper adalah aplikasi GIS yang terjangkau dan mudah digunakan yang menawarkan akses ke berbagai kumpulan data spasial yang tak tertandingi dan hanya menyediakan tingkat fungsionalitas yang tepat untuk memuaskan para profesional GIS yang berpengalaman dan pengguna awal. Aplikasi utamanya meliputi perhitungan area, analisis jarak pandang, delineasi DAS, garis kontur, tampilan 3D, alat rektifikasi dan dukungan GPS.

 

Penulis : Febri


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia